alexa-tracking
Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cae1d5e337f932860218112/guru-pakde-dari-alam-ghaib
Lapor Hansip
10-04-2019 23:44
Guru Pakde, Dari Alam Ghaib
Past Hot Thread
Episode 1


Guru Pakde, Dari Alam Ghaib
sumber gambar


Pakde, kakak tertuaku. Terpisah dengan kami semua 30 tahun lamanya. Semua orang memanggilnya begitu. Ketika kecil, pakde ikut dengan kakak ibuku.

Pada suatu malam, seluruh keluarga berkumpul dalam acara selamatan haul tahunan mbah Sairah --Mbokde yang membesarkan kakak tertuaku --pakde. Selesai acara, semua tamu sudah pulang.

"Jangan pulang dulu ya. Kita ada acara spesial malam ini. Buk, buatkan kopi ya!" perintahnya pada isterinya. Rimah, isteri Pakde tercinta. Dua orang anak mereka ada di pulau jawa. Kami di kalimantan.

Sambail mengisap rokok merahnya Pakde bercerita, "Dulu guruku itu dari Banten. Punya anak tunggal lagi rebutan. Saat itu ada acara membuka tutup guci untuk meminta ilmu."

Berhenti sebentar menarik napas dalam, kemudian melanjutkan, "Saat itu aku hanya menemani dia di depan pintu masjid. Malu. Mereka semua memakai sarung dan baju koko. Sementara aku hanya celana jeans dan kaos oblong."

Tiba-tiba! Gublak.... pakde roboh ke belakang. Rimah, isteri Pakde sudah paham ternyata. Segera mendekat dan mengangkat pelan tubuh Pakde didudukkan. Meski terlihat wajah ketakutan.

Kami yang hadir di hadapan Pakde seperti terhipnotis. Dadaku berdegup kencang. Tak sempat toleh kiri kanan. Sebenarnnya ingin membantu membangunkan. Kami semua diam seribu bahasa. Tak tahu apa yang harus dilakukan.

"Sudah biasa Pakde begini. Sejak di Jawa dulu." Rimah menenangkan.

Tak tahu apa yang akan dilakukan. Kami semua diam mematung. Mencekam. Tak ada suara. Tak ada gerakan. Menanti apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Hmmm.... Assalamu'alaikum. Cucuku sekalian," tiba-tiba suara pelan keluar dari mulut Pakde.

Jelas bukan suara Pakde yang biasanya. Suaranya berat. Serak. Berwibawa. Dengan beberapa kali mengecap sebelum seluruh kalimat disampaikan semua.

Masing-masing kami kaget. Hanya bergumam menjawab salam. Saling lihat sesama kami. Seperti memberikan kode. Mengerti tidak mengerti harus tetap dihadapi.

"Aku gurunya, mau ngasih wejangan. Tolong disimak ya...," berkecap beberapa kali.

"Mulai malam ini, kalian semua sudah kuangkat jadi cucuku semuanya. Jangan ceritakan dengan orang lain...," lanjutnya.

Tak ada sahutan. Semua khusyuk menyimak wejangan. Sambil manggut-manggut tanda mengerti yang disampaikan. Walau menahan ketakutan.

Betapa tidak. Seumur hidup baru kali ini mendengar ada mahluk ghaib yang mengajak berbicara secara langsung. Biasanya hanya berhadapan dengan orang yang kerasukan. Dengan ucapan yang ngawur tak tentu arahnya.

Pernah juga menghadapi anak-anak yang kerasukan. Lama diajak ngobrol juga. Akhirnya macam-macam permintaan diutarakan. Dasar bangsa lelembut. Di luar logika sama sekali.

"Mbah, njenengan datang ada perlu apa?" Rimah memecah kesunyian.

"Itu...," Kakek anggaplah begitu namanya. Menunjuk ke arahku. Kaget aku.

"Awas. Jangan terlalu baik sama orang-orang. Suatu saat pasti merepotkan dirimu sendiri." melanjutkan ucapannya perlahan.

"Ingat-ingat ya...," lirih suara kakek hampir tak terdengar.

"Nduk. Sampaikan suamimu. Ajari mereka semua mengenal Tuhannya lagi ya...," terbata-bata sambil kecap-kecap berkali-kali.

"Nggih, Mbah." Manggut-manggut Rimah.

"Assalamu 'alaikum," suara perlahan hilang.

Kemudian lemes badan Pakde.

"Minum-minum. Haus-haus," suara Pakde lantang. Seperti orang yang sangat kehausan.

Disuguhkan gelas besar berisi air putih penuh. Sekali tenggak. Habis. Mustahil, minum air segelas besar habis dalam sekali tenggak.

Kami semua tertawa. Takut hilang. Melihat Pakde sadar seperti biasa.

(Bersambung)


Guru Pakde, Dari Alam Ghaib

Episode 1 Klik di sini
Episode 2 Klik di sini
Episode 3 Klik di sini
Episode 4 Klik di sini
Episode 5 Klik di sini
Episode 6 Klik di sini
Episode 7 Klik di sini
Episode 8 Klik di sini
Episode 9 klik di sini
Episode 10 klik di sini
Episode 11 klik di sini
Episode 12 klik di sini
Episode 13 klik di sini
Episode 14 klik di sini
Episode 15 klik di sini
Episode 16 klik di sini
Episode 17 klik di sini
Episode 18 klik di sini
Episode 19 klik di sini
Episode 20 klik di sini
Episode 21 klik di sini
Episode 22 klik di sini
Episode 23 klik di sini
Epidose 24 klik di sini
Episode 25 klik di sini
Episode 26 klik di sini
Episode 27 klik di sini
Episode 28 Klik di sini
Episode 29 Klik di sini

Bersambung
Diubah oleh Surobledhek746
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 38 dari 50
14-05-2019 00:09
kok jadi ngobrol ts nya 😂😂😂
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
17-05-2019 08:19
lanjut om, udah 3 hari ga ada yang posting
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
17-05-2019 08:39
lanjuuut mas ekooo
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
18-05-2019 18:17
Quote:Original Posted By redani
lanjut om, udah 3 hari ga ada yang posting

Quote:Original Posted By eni050885
lanjut pak dhe...



Udah dilanjut sama eko tuh episode panjang
Diubah oleh Surobledhek746
profile-picture
eni050885 memberi reputasi
1
19-05-2019 09:13
biasa gan semua manusia menganggap dirinya lebih baik daripada manusia lainnya kalau tidak ia melebih lebih kan keburukan lainnya
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
24-05-2019 12:58
masih menunggu kelanjutannya, semangat gan ngetiknya.
Diubah oleh blestz
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
24-05-2019 19:37
Quote:Original Posted By cendolpait
biasa gan semua manusia menganggap dirinya lebih baik daripada manusia lainnya kalau tidak ia melebih lebih kan keburukan lainnya


Begitulah selalu ada.
0
24-05-2019 19:37
Quote:Original Posted By blestz
masih menunggu kelanjutannya, semangat gan ngetiknya.


Terimakasih gan. Ntar dilanjut kok
0
28-05-2019 13:25
libur karna Bulan puasa 😁
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
29-05-2019 17:36
Quote:Original Posted By walktru
libur karna Bulan puasa 😁


ntar selesai ramadan slanjutnya ngebut
profile-picture
Atlantik Thaher memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
04-06-2019 02:39
Guru Pakde, Dari Alam Ghaib
MAWON...
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
06-06-2019 07:18
Balasan post Surobledhek746
Ga usah ngebut gan di bikin asik aja ceritanya
Selamat Idul Fitri gan
Mohon maaf lahir dan batin emoticon-Maaf Agan
emoticon-Bedug
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
06-06-2019 19:41
Quote:Original Posted By cendolpait
Ga usah ngebut gan di bikin asik aja ceritanya
Selamat Idul Fitri gan
Mohon maaf lahir dan batin emoticon-Maaf Agan
emoticon-Bedug


Terimakasih sudah sabar membaca dan menikmati
0
06-06-2019 19:42
Quote:Original Posted By cos44
Guru Pakde, Dari Alam Ghaib
MAWON...


Terimakasih. Semoga bermanfaat
0
07-06-2019 00:12
ayo pakde thrnya turunkan emoticon-Hammer2
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
07-06-2019 00:56
menarik neh kayaknya ceritanya...

profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
-1
Lapor Hansip
09-06-2019 00:25
Balasan post Surobledhek746
Ninggal jejak
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
09-06-2019 03:57
Thanks gan udah di update 😂
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1
09-06-2019 06:25
Quote:Original Posted By wahyujayasagita
ayo pakde thrnya turunkan emoticon-Hammer2


Iya nih. Baru mau mulai lagi. Terimakasih sdh setia menanti
profile-picture
wahyujayasagita memberi reputasi
1
09-06-2019 06:26
Quote:Original Posted By jon.lenong
menarik neh kayaknya ceritanya...


Udah sekian puluh episode gan. Ntar kita genapi seratus. Smg tak bosan bacanya
0
Halaman 38 dari 50
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
halte
Stories from the Heart
santri-be-happy
Stories from the Heart
sepenggal-kisah-tentang-menuk
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.