albetbengal
TS
albetbengal
Pascakerusuhan, Tanah Abang kian Semrawut
MELONJAKNYA pengunjung Pasar Tanah Abang pascakerusuhan 22-23 Mei lalu membuat pasar grosir terbesar di Asia Tenggara itu menjadi semrawut. Banyaknya pengunjung membuat tempat parkir tidak mampu menampung kendaraan hingga meluber ke jalan.

Seperti yang terlihat di bawah jembatan penyeberangan multiguna Tanah Abang dan di depan pasar Blok G Tanah Abang, kemarin. Trotoar menjadi padat dan sempit karena sepeda motor. Hal ini disesalkan pejalan kaki bernama Rini.
“Sempit banget jadinya mau lewat,” ujar Rini yang hendak menuju Stasiun Tanah Abang.    

Rini sempat memarahi salah seorang penjaga parkir di bawah jembatan serbaguna tersebut karena merasa terganggu.
“Tidak berkah rezeki kamu kalau mengganggu orang berjalan,” katanya.

Sementara itu, pengunjung Pasar Tanah Abang, Sholeh, mengaku memarkir motornya dengan bayaran Rp5.000.
Pengunjung yang berasal dari Jalan Kosambi itu memarkir motornya di trotoar karena lahan parkir Tanah Abang sudah penuh.

“Sudah penuh tadi, makanya pindah ke sini,” ujar Sholeh yang membeli gamis dan baju koko untuk mertuanya.   

Selain digunakan untuk parkiran, trotoar juga diokupasi puluhan pedagang kaki lima. Bahkan, mereka juga memakan badan jalan untuk menggelar dagangannya sehingga membuat macet arus lalu lintas.

Mengantisipasi hal tersebut, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan pihaknya akan terus menata pedagang yang berdagang di trotoar dan badan jalan supaya tidak mengganggu pengguna jalan dan arus lalu lintas.

“Untuk di trotoar, karena banyaknya pedagang, kemudian kami atur dan tata sedemikian rupa. Prinsipnya ialah mereka kami halau supaya tidak boleh lagi dagang di trotoar,” kata Arifin saat dihubungi, Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan jika sekiranya para pedagang tidak dapat dihalau untuk tidak berdagang di trotoar, pihaknya akan terus menggeser mundur para pedagang.

“Kami akan meminta para pedagang untuk mundur, mundur sekitar 1 meter sampai 2 meter lebih sehingga space pejalan kaki di trotoar terbuka dan pengunjung dapat berjalan,” ungkapnya­.

Dia menegaskan akan mengusir para pedagang yang berdagang hingga badan jalan. Namun, dia juga meminta dimaklumi dengan kondisi Tanah Abang saat ini karena pedagang dan pengunjung yang membeludak.


Ratusan personel

Demi membantu keamanan, kelancaran, dan kenyamanan para pengunjung­, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menerjunkan sedikitnya 300 personel di kawasan tersebut.

“Untuk Tanah Abang sendiri kami menempatkan personel untuk membantu kelancaran dan kenyamanan para pengunjung ke Tanah Abang. Lebih dari 300 personel kami siagakan di sana,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, kemarin.

Ia mengatakan 300 personel tersebut disiagakan di berbagai titik di kawasan Pasar Tanah Abang.

“Kami menempatkan dari Stasiun Tanah Abang, di Jalan Jati Baru, kemudian di bawah Jembatan Multiguna, agar sebisa mungkin pengunjung dapat berjalan di trotoar jangan sampai tertutup oleh pedagang kaki lima,” ungkapnya. (Ant/J-

https://m.mediaindonesia.com/read/de...-kian-semrawut

Sungguh barokah di pimpin si aniesemoticon-Ultahemoticon-Ultah

levyrtrowlusilverstalkertien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.2K
100
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.