Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ceb5d1882d49507303cb29f/ruang-khusus-wanita-di-transportasi-umum-aman-atau-nyaman
Berawal dari saya mencari tahu bagaimana kondisi sistem transportasi yang ada di India karena sebelumnya saya sempat menulis sedikit tentang Kota Delhi di sini. Saya rasa menarik jika bisa menemukan informasi terkait dengan sistem transportasi di India. Setelah saya telusuri berbagai sumber, saya menemukan satu video yang beredar beberapa tahun yang lalu, yang mana dalam video tersebut memperlihat
Lapor Hansip
27-05-2019 10:44

Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?

icon-verified-thread
Berawal dari saya mencari tahu bagaimana kondisi sistem transportasi yang ada di India karena sebelumnya saya sempat menulis sedikit tentang Kota Delhidi sini. Saya rasa menarik jika bisa menemukan informasi terkait dengan sistem transportasi di India. Setelah saya telusuri berbagai sumber, saya menemukan satu video yang beredar beberapa tahun yang lalu, yang mana dalam video tersebut memperlihatkan betapa mirisnya kondisi transportasi masal (kereta di India). Memang sebelumnya saya sudah sedikit mengetahui bagaimana gambaran kereta di India, tapi kali ini saya terkejut melihat kondisi kereta khusus wanita di India. Begini videonya:







Ini gambaran kereta disana juga



Kabarnya setelah kasus pemerkosaan di India terkuak, pihak pemerintah India langsung mengambil langkah tegas untuk mengantisipasi hal yang serupa terjadi dengan memberikan fasilitas ruang khusus wanita atau kereta khusus wanita. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang perempuan. Namun sayangnya hanya ada dua kereta api khusus yang beroperasi setiap harinya (data 2018). Keadaan tersebut membuat tumpukan penumpang semakin tak terkendali seperti pada video di atas.

Faktanya hal tersebut pun bukan hanya terjadi di India saja, tapi beberapa negara pun sudah menerapkan langkah preventif guna mencegah tindakan pelecehan seksual bagi perempuan. Beberapa Negara berikut adalah contoh yang sudah menyediakan Ruang Khusus Wanita pada layanan transportasi umum.


Bogota, Kolombia

Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?


Dari hasil survey yang telah dilakukan, Bogota menjadi kota di urutan pertama yang dinobatkan sebagai kota dengan sistem transportasi umum yang sangat tidak layak atau berbahaya bagi peremuan. Berbagai macam kejahatan sangat umum terjadi di kota ini mulai dari pencurian, penjambretan, dan bahkan pelecehan seksual menjadi ancaman serius bagi perempuan yang menggunakan transportasi umum di kota ini terlebih jika malam hari.


New Delhi, India
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?


New Delhi saat ini tercatat sebagai negara yang menduduki peringkat kedua sebagai ibu kota dengan jumlah populasi terbanyak di dunia, yakni sekirat 25 juta jiwa. Kepadatan penduduk juga menjadi faktor penentu terjadinya masalah pada kota ini salah satunya adalah permasalahan transportasi umum. Penumpang yang selalu membludak dan tidak mengerti aturan menjadi masalah utama, terlebih beberapa tahun lalu telah terjadi pemerkosaan di kereta secara beramai-ramai pada seorang gadis berusia 23 tahun.


Jakarta, Indonesia
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?


Saat ini Jakarta memang tengah memperbaiki sarana dan prasarana transportasi umumnya baik itu dari segi pelayanan hingga pendidikan etika dalam menggunakan transportasi umum. Namun sebelum hal ini dilakukan tentunya Jakarta menjadi kota dengan sistem transportasi yang buruk bahkan hingga saat ini masih bisa ditemukan kasus-kasus yang mengakibatkan wanita sebagai korbannya. Pelecehan seksual, jelas banyak sekali kasusnya, baik itu terjadi di angkot seperti bus kota atau transjakarta mau pun di kereta. dan tak jarang kasus lainnya pun marak terjadi seperti pencopetan sampai penodongan secara halus atau pun paksa yang dilakukan oleh para preman di bus kota. Hal inilah yang akhirnya membuat pemerintah memfasilitasi perempuan dengan ruang khusus baik itu di transjakarta mau pun di commuter line.

--------------------------

Dara beberapa fakta yang ada di atas, kita akui bahwa adanya ruang khusus wanita memang diperlukan bagi para kaum hawa guna memberikan keamanan yang lebih. Namun apakah dengan adanya fasilitas tersebut wanita akan merasa aman dan nyaman? Saya rasa tidak.

Sejatinya, solusi dari adanya tindak kejahatan itu adalah bukan bagaimana para wanita seharusnya ditempatkan atau dipindahkan ke ruang khusus, tetapi semua pihak harus memberikan pembelajaran yang dapat menghilangkan perilaku buruk yang bisa merugikan orang lain khususnya wanita.

Kita lihat bahwa jumlah ruang khusus yang ada jelas tidak sepadan dengan jumlah penumpang wanita yang ada, hal ini membuat para wanita harus berdesak-desakan di ruang tersebut. Bagi mereka yang tidak kuat dengan situasi tersebut, maka ia akan merelakan ruang tersebut dan bercampur dengan laki-laki di ruang lain. Itu artinya bagi mereka yang tidak mendapat tempat akan dibayangi oleh tindak kejahatan yang mengintainya suatu saat nanti karena bercampur dengan laki-laki.

Selain itu, adanya ruang khusus wanita seolah men-genaralisir para laki-laki sebagai otak dari kejahatan itu, mungkin banyak yang tidak setuju dengan pernyataan ini, tapi secara tidak langsung, mengapa tidak ada ruang khusus laki-laki?

Pada prakteknya, ketika saya tanya beberapa teman saya yang menggunakan fasilitas umum yang ada ruang khusus, mereka menolak dan tidak memilih untuk masuk ke ruang tersebut sebab menurutnya ada ketidaknyamanan jika berada disana, mungkin karena lebih penuh atau yang lainnya. Hal ini pun diperkuat dengan apa yang sering saya lihat ketika naik transjakarta, ada wanita yang masuk dari pintu belakang dan langsung mengarah ke barisan belakang tempat laki-laki, apa yang dia cari? kenyamanan? keamanan atau belas kasihan tempat duduk dari para laki-laki? Yang jelas hadirnya ruang khusus memang sedikit memberikan keamanan namun tidak memberikan kenyamanan.

--------

Sekian dari ane, semoga transportasi umum di Indonesia akan semakin baik ke depannya.
Baca thread ane yang lain di mari gan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
51.8K Anggota • 911.3K Threads
Halaman 3 dari 5
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:15
klo penuh kaya gitu mana bisa nyaman
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:16
Wanita itu makhluk suci yg perlu dilindungi dan dijaga, karna itulah pria diciptakan punya kekuatan fisik lebih kuat karna untuk menjadi pelindung hehe
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:19
Sampe ane zoom gan poto terakhir.
Batal gk ya emoticon-Matabelo
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:21
kdang pas ruang wanita kosong, ada aje wanita yg ga duduk disitu, hadeeh kadang uda dikasi tempat masi aja, balik lagi ke konsep syariah, kalo bisa emang gebrong wanita dan pria dipisah sekalian noh hahaha
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:34
ane sih setujuh banget, ada ruang khusus untuk wanita..
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:38
Quote:Original Posted By PinggiranBakwan
Perempuan anker (anak kereta). Sengaja ke gerbong umum biar dikasih duduk ama lakik. Soalnya kalo tetep digerbong perempuan nggak bakalan dikasih, karna isinya sesama penuntut hak prioritas duduk di bangku kereta. emoticon-Leh Uga


kalp ada cewe datengin gerbong umum, terus minta tempat duduk. ceramahin tentang kesetaraan gender aja emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
PinggiranBakwan dan kecebaday memberi reputasi
2 0
2
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:47
Quote:Original Posted By k1iler
Masalahnya, cewek udah dikasih gerbong khusus di KRL, wilayah khusus di Transjakarta, tp malah milihnya campuran sama laki, heran ane


Kadang disitu ane yang agak gondok bree... udah jelas di KRL ada gerbong khusus sendiri masih aj pilih yang gerbong campur alesanya biasanya ada aj yng ngasih tempat duduk ke cwe. Tapi giliran penuh sampe sumpek trs tiba tiba kereta ngerem keras and Kesenggol kepegang keraba koar koar Pelecehan Seksual. Harusnya nyadar kalau masuk gebong umum tau resiko apalagi penuh sumpek gt...
profile-picture
profile-picture
k1iler dan PinggiranBakwan memberi reputasi
2 0
2
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:47
Quote:Original Posted By kamuhujat21
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
njir kedempet sampe rata.
depok baru ke pocin penuh. ui udah ga muat.


Itu kek cewe jadi2an bray emoticon-Takut
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:49


Quote:Original Posted By pasukanmalam11
Duh busett emoticon-Leh Uga kirakira sakit ga tuh gan


Engga lah gan itu udh termasuk fungsi air bag tersebut
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:55
Perempuan nyenggol pantat cowok di bis gpp, laki2 nyenggol pantat cewek, dibilang pelecehan
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 08:58
kalo ada ruang khusus laki2...jangan2 tar pada hombreng2an juga saking adanya cm lakik
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 09:26
Quote:Original Posted By kamuhujat21
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
njir kedempet sampe rata.
depok baru ke pocin penuh. ui udah ga muat.


hmm, sudah ada yg mmperjelas
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 09:55
ane setuju sama solusi ente gan emoticon-Cool
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:06
gak usah jauh2 di india, di indonesia juga rame parah, di india mah emg populasi orangny gila2an
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:19
ane bayangin klo ada di tengah2 kerumunan di sono emoticon-Big Grin
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:23
harusnya sih menjadi aman dan nyaman yah..
tapi pada kenyataannya berbeda.. hehehe
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:32
Quote:Original Posted By kartipus
aduuuh gan..tiap kerja ane begitu..tp gerbong wanita luar biasa lebih kejam..hahahaha


Awas ya kamu kegencet kaya yang digambar, nanti difoto sama orang muncul di thread lain emoticon-Ngakak
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:41
Quote:Original Posted By kamuhujat21
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
njir kedempet sampe rata.
depok baru ke pocin penuh. ui udah ga muat.



Sungguh pemandangan yang . . . . . . . . .
a.buruk
b.jelek
c.indah
d.isi sendiri


emoticon-Hammer2
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:44
Mulai darurat aurat di negara ini..
0 0
0
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
28-05-2019 10:45
Quote:Original Posted By redrockz90
Kadang disitu ane yang agak gondok bree... udah jelas di KRL ada gerbong khusus sendiri masih aj pilih yang gerbong campur alesanya biasanya ada aj yng ngasih tempat duduk ke cwe. Tapi giliran penuh sampe sumpek trs tiba tiba kereta ngerem keras and Kesenggol kepegang keraba koar koar Pelecehan Seksual. Harusnya nyadar kalau masuk gebong umum tau resiko apalagi penuh sumpek gt...


Ga bisa baca tulis mungkin emoticon-nulisah
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia