tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Saring Sebelum Sharing, Apa Susahnya?
Tak dapat dipungkiri bahwa dalam menerima informasi di masa kini begitu cepatnya, hadirnya internet tentunya untuk mendapat informasi di masa kini tak harus menunggu surat kabar lagi karena cukup berselancar di internet saja kini sudah mudah dalam menerima berita. Kemudahan mendapat informasi di masa kini tentu di satu sisi harus kita apresiasi keberadaannya namun di sisi lain tentu harus ada sikap waspada karena kabar yang beredar tak selamanya selalu benar dan dapat dipercaya.

Credit : fool.com.au

Kabar hoax dan kabar yang simpang siur seringkali mengintai setiap orang dan tak sedikit terhasut dan terprovokasi oleh kabar yang ada, ditambah lagi dengan adanya media sosial tentu membuat kabar hoax dan palsu mudah sekali beredar. Di setiap waktunya terutama setiap ada peristiwa tertentu pasti kabar seperti ini akan selalu ada dan ironisnya banyak orang yang share ulang kabar hoax atau kabar simpang siur kebenarannya tersebut.

Saring Sebelum Sharing, itulah hal yang seringkali banyak orang dengungkan, tapi nyatanya masih saja banyak orang yang termakan oleh kabar hoax dan palsu. Hingga saat ini masih saja banyak orang yang menjadi korban hoax dan kabar palsu. Sosialisasi tentang bahaya kabar hoax tidaklah efektif sepenuhnya jika setiap orang di dunia maya tidak bijak saat berselancar di internet. Disinilah pentingnya kesadaran diri untuk bisa membedakan mana yang benar dan juga mana yang salah.

Kabar hoax bukan hanya membuat resah banyak orang dan membuat banyak orang tertipu, bagi penyebar kabar hoax tanpa dia sadari pun bisa membuat dirinya terjerat oleh hukum dan ujungnya dipenjara. Saring sebelum sharing, apa susahnya? andai setiap orang bisa bijak saat berselancar di internet tentu penyebaran kabar hoax bisa terminimalisir dan tidak menimbulkan keresahan dan  kegaduhan pada masyarakat akibat kabar hoax yang beredar.

Jadilah orang yang bijak saat bermain internet, waspada dan cermati pada kabar-kabar yang terlihat janggal dengan mengkroscek terlebih dahulu pada kabar tersebut.  Saring sebelum sharing itu tidaklah susah karena cukup beberapa menit saja kiat bisa memastikan kabar yang ada itu benar atau tidak. Kabar yang ada memang terkadang membuat hati dan perasaan bereaksi, akan tetapi libatkan pikiran agar bisa waspada pada kabar-kabar yang beredar. Jangan sampai kabar yang menguntungkan pihak kelompoknya dianggap benar adanya padahal aslinya adalah kabar hoax. Jangan buat diri malu karena terlanjut menebar kabar hoax terlebih saat kabar hoax itu merupakan troll dari orang lain.

Credit : marketingland.com

Waspada dan cermati setiap arus informasi yang ada, bersikaplah dewasa dan bijak dalam menaggapi setiap kabar yang ada dengan saring berita sebelum sharing kepada yang lain. Jangan jadi orang yang reaktif, akan tapi cobalah jadi orang yang kritis dengan menempatkan diri pada setiap sudut pandang dalam menyikapi setiap peristiwa yang terjadi. Maka saringlah informasi sebelum sharing kepada banyak orang agar kabar hoax atau palsu bisa terminimalisir peredarannya karena saring informasi itu tidaklah susah. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via google)
Sumber gambar via google images
misstumbler
danQe
eja2112
eja2112 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.