alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ceb792882d495434b6ea48c/tito-menuju-2024
Lapor Hansip
27-05-2019 12:44
Tito Menuju 2024?
Tito Menuju 2024?

Demo Pilpres 2019 di depan Bawaslu berbuntut kericuhan, polisi bertindak sigap, dan berhasil memadamkan kericuhan semenjak tengah malam di pagi hari, dari keriuhan menjadi kericuhan. Perkantoran yang sebelumnya ditutup bisa beroperasi kembali di sekitar lokasi meski belum maksimal, jalanan bersih kembali.

Polisi mendulang apresiasi dari masyarakat yang mampu menangani ini semua dengan baik, Kapolri Tito Karnavian adalah sosok yang paling mendapatkan sorot tersebut. Tito cukup cerdik dalam bermain strategi, sehingga ricuh demo pasca pemilu bisa dihadapi dengan mulus, semenjak seruan ‘people power’ begitu menggema dan kericuhan itu menjadi nyata. Pujian semacam ini dilakukan misalnya oleh situs berita asal Hong Kong, South China Morning Post.

Langkah-langkah mula sudah dilakukan Tito dengan melarang pasukan menggunakan peluru tajam, dan hanya peluru karet saja. Taktik ini digunakan agar polisi tidak menjadi sasaran amuk dari masyarakat. Keputusan ini adalah langkah mitigasi jika terjadi apa-apa, agar selaras dengan upaya penegakan HAM pasca reformasi.

Intelijen di belakang Tito mempersembahkan data yang valid sehingga Kapolri bisa membuat keputusan tepat, sebab diduga kuat akan ada permainan martir, skenario di mana beberapa warga sipil akan ditembak, dan benar 8 orang korban demo dikabarkan meninggal dengan luka tembak.

Keunggulan Tito terletak pada pemahaman dia soal strategi, sang jagoan lapangan, sehingga mampu mengkoordinasikan pos-pos yang ada. Koordinasi ini yang menjadikan dia unggul dibandingkan dengan demo by design tersebut.

Di Kamis pagi kondisi sudah terkendali, 200 orang luka-luka. Polisi mengatakan korban meninggal tidak disebabkan oleh aparat. Segala tindakan aparat sudah proporsional menangani kerusuhan. Tantangan pihak aparat saat itu adalah tetap bisa memberikan ruang gerak bagi massa demo yang murni mengemukakan pendapatnya, di sisi lain mencegah kericuhan bertambah.

Jika ruang berdemo sipil ditekan, dipastikan akan menjadi bumerang bagi pihak berwajib sendiri, dengan demikian tidak akan menuai simpati dari massa demo. Bahkan kabarnya polisi bekerja sama dengan FPI untuk menghalau datangnya beberapa rombongan provokator.

Negosisasi nampak ditekankan sebagai ujung tombak kerja polisi malam itu, berkali-kali massa dijajaki agar suasana tetap sejuk, polisi berhasil kendalikan amarah massa sehingga aparat tidak bertindak brutal seperti yang dibayangkan. Sebab bisa saja massa yang awalnya berdemo secara tulus berubah brutal dan tersulut oleh provokator sebab penangan yang tidak tepat.

Kebakaran dan kericuhan akhirnya tidak melebar, hanya di 3 titik berdekatan saja, yaitu Petamburan, Slipi dan Tanah Abang. Ritel-ritel yang ada di sekitar juga aman, hanya ada satu toko kelontong yang dijarah oleh para peserta demo yang disinyalir bayaran.

Media sosial pun ramai dengan beragam potret yang memuji langkah-langkah kepolisian. Secara tidak langsung, potret-potret itu ikut melambungkan nama Tito sebagai orang nomor satu di korps tersebut. Selengkapnya dalam tulisan berjudul "Tito Berpeluang di Pilpres 2024?" di Pinterpolitik.com


Sumber: Pinterpolitik.com
Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
Instagram: @coretanpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
YouTube: Pinter Politik
profile-picture
entop memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
27-05-2019 12:55
tantangan berat bagi prabowok kalau ia mau maju lagi di tahun 2024. dari segi taktik dan strategi, tito jauh lebih di atas prabowo.
0
27-05-2019 13:02
y udah gak apa2 lah , biar mpret pada kejang2 semua emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
27-05-2019 13:03
Jendral Tito sepertinya cocok di tahun 2024 dicalonkan jadi capres atau cawapres
0
27-05-2019 13:05
boljug nih
0
27-05-2019 13:10
justru gw dukung bapak satu ini kalo sampe beneran maju.
Si anak papa aja bisa diciduk emoticon-Leh Uga
0
27-05-2019 13:15
RK-Tito ok juga sih

profile-picture
wahgila memberi reputasi
1
27-05-2019 13:15
tidak akan dukung mantan polkis, secara walo tetangga pas nilang dilempar ke temennya, apalagi kalo bermasalah pasti ada sesuatu atau jadi ATM
0
27-05-2019 13:17
bibit unggul, harus d asah dan di poles lagi agar makin sip
0
27-05-2019 13:19
RK - TITTO
Buljog jugaemoticon-Leh Uga
0
27-05-2019 13:31
tito,ahy,rk,dan kawan-kawan. Banyak pilihannya. wowo gombal mending jadi jordania ngaciro aja lagi
profile-picture
wanbillion memberi reputasi
1
27-05-2019 13:40
mantan polisi jadi capres/cawapres???
Sentimen masyarakat ama profesi satu ini sepertinya masih kuat di Indo.
masih butuh waktu panjang buat Polri untuk mereformasi diri agar mendapat citra yg lebih baik dimata masyarakat.
0
27-05-2019 13:45
masih lebih sreg ama TNI drpd polisi jika menduduki jabatan elit politik.
profile-picture
corobikang memberi reputasi
1
27-05-2019 15:17
Kyknya sih 2024 tahunnya Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Risma, yah sama Uno lah
Diubah oleh prince.cerberus
0
27-05-2019 15:46
Quote:Original Posted By prince.cerberus
Kyknya sih 2024 tahunnya Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Risma, yah sama Uno lah


Mahfud MD ,ahy dan NA emoticon-Jempol
0
27-05-2019 15:49
Muldoko
0
27-05-2019 16:00
Terimakasih juga buat KPU yg mempercepat pengumuman pilpres bikin strategi pipel powel kocar kacir..
0
27-05-2019 19:11
Secara logika susah buat tito maju
0
27-05-2019 20:00
mantap tah ya
0
28-05-2019 00:32
Kalo saya tetep pilih orang jawa buat jadi presiden, makanya kemarin pilih Pak Jokowi, jelas jawanya
0
28-05-2019 03:09
Quote:Original Posted By samudra6969
masih lebih sreg ama TNI drpd polisi jika menduduki jabatan elit politik.


Justru lebih pas ex polisi kalo mau maju pilkada/pilpres,krn polisi lebih sering interaksi ke masyarakat sipil ketimbang tentara

Selain tito,ada rk,risma,ganjar,demul,moeldoko,bu susi,erick thohir

Yg umur 60an,70an,apalagi 80an, legowo lah kasi kesempatan yg muda2 berprestasi utk mimpin
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.