alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cead64e337f937db674502d/menakar-peluang-kemenangan-kubu-prabowo-dalam-sengketa-pilpres
Lapor Hansip
27-05-2019 01:09
Menakar Peluang Kemenangan Kubu Prabowo dalam Sengketa Pilpres
Past Hot Thread
Menakar Peluang Kemenangan Kubu Prabowo dalam Sengketa Pilpres

Pasangan calon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno akhirnya resmi menggugat hasil rekapitulasi suara Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi pada Jumat, 24 Mei 2019.

Direktur Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, tim kuasa hukum rutin membahas dan menyiapkan segala keperluan menyongsong persidangan yang akan dimulai pada 14 Juni 2019.

"Itu kan jalur konstitusional yang kami ambil sehingga harus dipersiapkan dengan matang," kata Dasco di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 25 Mei 2019.

Gugatan BPN didaftarkan oleh adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo dan sejumlah tim kuasa hukum. Prabowo - Sandiaga mendapuk Hashim sebagai penanggung jawab urusan gugatan ke MK.

Mereka juga telah menunjuk delapan kuasa hukum. Diketuai mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojoanto, tujuh nama lainnya ialah Denny Indrayana, Indrayana, Teuku Nasrullah, Luthfi Yazid, Iwan Satriawan, Iskandar Sonhadji, Dorel Almir, dan Zulfadli.

Menurut Dasco , tim kuasa hukum menyiapkan bukti-bukti gabungan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Untuk bukti kualitatif, tim Prabowo akan mengajukan narasi kecurangan terstruktur, sistematis,dan masif di Pemilu 2019.

Adapun bukti kuantitatif diajukan menyangkut selisih perolehan suara Prabowo-Sandiaga dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang sebesar 16.957.123 suara.

"Pokoknya gabungan antara TSM (terstruktur, sistematis, dan masif) dan perhitungan-perhitungan yang kiranya bisa kemudian membuat angka-angka tersebut berubah menjadi signifikan," ucap Dasco.

Sejumlah pihak meragukan gugatan sengketa hasil pilpres ke MK ini akan membuahkan hasil signifikan. Pakar hukum tata negara Refly Harun mengatakan, pembuktian klaim kecurangan, baik berdasarkan aspek kuantitatif maupun kualitatif tidaklah mudah.

Secara kuantitatif, selisih suara sebesar 16,9 juta itu tergolong besar. Tim Prabowo harus membuktikan suara mereka hilang atau terjadi penggelembungan yang menguntungkan pihak lawan minimal sebesar 50 persen dari angka selisih itu.

Refly pun menduga aspek kuantitatif ini tak akan terlalu dipersoalkan oleh kubu Prabowo. Adapun untuk aspek kualitatif, kata dia, tak mudah juga untuk membuktikan klaim bahwa terjadi kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

Tim Prabowo, kata dia, harus mengungkap data dan fakta keterlibatan langsung pasangan calon Jokowi-Ma'ruf atau tim kampanye nasionalnya. "Jadi tidak hanya serpihan-serpihan kasus yang berserakan di sana sini tanpa ada kaitannya dengan paslon," kata Refly kepada Tempo, Sabtu, 25 Mei 2019.

Selain merujuk penjelasan di atas, Refly berkaca pada fakta bahwa gugatan sengketa hasil pilpres di MK sejak 2004 selalu ditolak. "Sejak 2004, pemohon selalu gagal membuktikan adanya kecurangan TSM," kata Refly sebelumnya melalui cuitan di Twitternya.

Kendati banyak pihak yang meragukan, Dasco menilai masih ada celah bagi kubunya untuk menang. Dia optimistis hakim-hakim konstitusi dapat obyektif. Dasco juga meyakini apa yang mereka ajukan dapat meyakinkan hakim dan memenuhi syarat untuk dikabulkan.

"Bagi kami hal ini patut dicoba, karena celah hukum sekecil apa pun kami harus manfaatkan apalagi peluangnya ada kalau menurut kami," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Menurut Dasco, tim kuasa hukum menyiapkan sejumlah saksi fakta dan saksi ahli untuk persidangan nanti. Anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat ini berujar saksi fakta sudah siap, sedangkan saksi ahli masih disiapkan.

"Saksi ahli sementara ada beberapa yang dihubungi, karena baru kemarin pengajuan sehingga masih memerlukan waktu untuk approach dan memaparkan data-data yang ada," katanya.

Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengatakan ia dan Prabowo menaruh perhatian besar terhadap gugatan di MK ini. Dia mengatakan gugatan itu sekaligus bentuk kekecewaan dan tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilihan Umun 2019.

Sementara itu, Prabowo belum pernah secara terbuka menyatakan harapannya ihwal proses ke MK ini. Dalam sejumlah kesempatan, ia bahkan menyatakan ragu untuk membawa sengketa hasil pilpres ke MK. Sejumlah anak buahnya juga sempat menyebut proses di MK bakal sia-sia, berkaca dari sengketa yang sama tahun 2014.

"Tergantung kepada pendukung. Kalau pendukungnya enggak mau ngalah, enggak nerima keputusan itu, enggak mau tahu, ya apa daya Pak Prabowo, dia harus ikutin kemauan," kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Maher Algadri, saat ditanya ihwal suasana hati Prabowo terkait gugatan ke MK ini. Maher adalah karib Prabowo sedari lama.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menilai gugatan ke MK ini lebih merupakan upaya kubu Prabowo - Sandiaga agar tak dituding inkonstitusional. Sebab selama ini, kubu Prabowo dengan narasi people power-nya yang belakangan berubah nama menjadi kedaulatan rakyat.

"Jalur MK adalah upaya positioning 02 biar tak selalu dituding inkonstitusional, potensi makar, dan lain-lain karena cukup merugikan citra 02. Jalur ke MK karena ingin buktikan bahwa perjuangan mereka konstitusional prosedural," kata Adi.

tempo.co : Menakar Peluang Kemenangan Kubu Prabowo dalam Sengketa Pilpres

Komentar TS:

Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bear_brand dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
27-05-2019 13:57
Dengan selisih kurleb 16 juta suara...? Ane rasa mission impossible klo berkaca pada tahun 2014
0
27-05-2019 13:58


Quote:Original Posted By keripiksettan
Pengen banget bisa over PD kyk wowok dan gerombolannya, biar bisa ga peduli omongan org



Jangan gan. Rasa rendah diri dan tidak over PD itu kadang2 bagus sbagai alarm diri agar kita tidak bertindak kebablasan, dan berakhir dgn dipermalukan oleh org lain. Kalo ga bs over PD kyk si wowo, itu bagus krn artinya agan masih waras dan punya rasa malu.
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh gojira48
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greybat dan 4 lainnya memberi reputasi
5
27-05-2019 13:58
Quote:Original Posted By yesknow
kalo ane sih percaya banget ama rumus yg ini :


pinter ----> masuk kubu 02 ----> blo'on

emoticon-Ngakak


lha terus gimana kalau

Bodoh ----> masuk 02 -----> ???

emoticon-Ngakak

profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
27-05-2019 14:00
serius itu bilang memanfaatkan celah hukum sekecil apapun?
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
27-05-2019 14:01
Quote:"Jalur MK adalah upaya positioning 02 biar tak selalu dituding inkonstitusional, potensi makar, dan lain-lain karena cukup merugikan citra 02. Jalur ke MK karena ingin buktikan bahwa perjuangan mereka konstitusional prosedural," kata Adi.


Kebetulan saya juga berpikiran demikian, masuk akal sekali ini mengingat jalur makar oleh 02 via demo kemarin bisa dibilang gagal total, banyak yg tertangkap basah, media mencekam, fans di daerah lain jg pasti kecewa. Juga para petinggi2 termasuk prabowo hingga amien rais sendiri bermanuver U-Turn di pernyataan2nya dia pasca demo. Sangat aneh sekali sebelum2nya anti sekali pada MK tiba2 berubah haluan emoticon-Big Grin
Lebih tepatnya ini manuver cuci tangan emoticon-Big Grin
Diubah oleh renofizaldy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greybat dan 5 lainnya memberi reputasi
6
27-05-2019 14:02
Quote:Original Posted By masgembus
lha terus gimana kalau

Bodoh ----> masuk 02 -----> ???

emoticon-Ngakak


Nyungsep
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
knoopy dan kaiharis memberi reputasi
2
27-05-2019 14:03


Quote:Original Posted By masgembus
lha terus gimana kalau

Bodoh ----> masuk 02 -----> ???

emoticon-Ngakak


Berakhir jadi zombie gan. Kayak perusuh2 d tanah abang itu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
27-05-2019 14:09
pendukung Prabowo yg ingin mendiskualifikasi Jokowi sama GOBLOK nya dengan pendukung Ahok yg minta Anis dicopot cuma modal petisi online

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3
27-05-2019 14:10
Semoga tercerahkan bagi BPN, link berita tidak bisa jadi alat bukti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuroinsignia dan 2 lainnya memberi reputasi
3
27-05-2019 14:12
Quote:Original Posted By angopmaksimal
bisa menunjukkan hasil hitungannya sendiri aja blm tentu kok.....

Jelas2 tkn punya "war room" di pampang gedhe2 hasil rekapitulasi mereka real time.

Ini ditanya alamat tempat ngitungnya aja ngeles....


TKN itu rapih banget. Semua dah disiapin sama tohir dan team. Dari kampanye, pasca nyoblos sampai gugatan. Penghitungan suara dibikin rapih. Pengacara dah siap.

BPN amburadul dari hitungan sampai pengacara baru ditunjuk dilast minutes. Salah milih ketua team kampanye sih BPN.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
27-05-2019 14:13
Quote:Original Posted By privasibaik
pendukung Prabowo yg ingin mendiskualifikasi Jokowi sama GOBLOK nya dengan pendukung Ahok yg minta Anis dicopot cuma modal petisi online

emoticon-Ngakak


Wkwkwkwkwk


Bener banget itu. Tuh pendukung ahok sakit hati sampe bikin petisi ga guna. Kocak bener ampe sakit perut gw.



emoticon-Ngakak
0
27-05-2019 14:15
BPN juga bukan kumpulan orang yang goblok-goblog amat,
Sebenarnya mereka juga udah tau ini misi yang mustahil dan mengada-ada.

Tapi karena udah terlanjur framing menang dan adanya kecurangan tsm, ya udah nyebur sekalian.

Kalo Wowo bisa berbesar hati konpers menerima hasil pilpres seperti jaman nya Mega di 2009, berapa banyak anggaran dan tenaga yang bisa dihemat dan bisa digunakan untuk membangun negara.



Tapi, ah sudahlah...
Mega aja terbukti lebih gentle dari seorang (pecatan) jendral.
profile-picture
profile-picture
knoopy dan eja2112 memberi reputasi
2
27-05-2019 14:15
Menakar Peluang Kemenangan Kubu Prabowo dalam Sengketa Pilpres

Kata BMKG bowo menang kok

GIF
profile-picture
pertamaxhabisga memberi reputasi
1
Lapor Hansip
27-05-2019 14:15
Balasan post 7rhapsody
ane juga kadang bingung gan .. sistemnya gimana, H+1 Pemilu uda ada claim 62% , kemudian turun ke 54% .. trus sekarang selisih suara timpang 16juta-an suara .. mau claim gimana juga ane rasa susah gan emoticon-Big Grin
profile-picture
eja2112 memberi reputasi
1
27-05-2019 14:17
"Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengatakan ia dan Prabowo menaruh perhatian besar terhadap gugatan di MK ini. Dia mengatakan gugatan itu sekaligus bentuk kekecewaan dan tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilihan Umun 2019."

Yang antum maksud tuntutan masyarakat itu siapa? perasaan ane gapernah ngerasa nuntut apa apa ama antum, kecuali realisasi ok oc yg dulu digembor gemborin, sekarang kok gembos programnya
profile-picture
profile-picture
knoopy dan eja2112 memberi reputasi
2
27-05-2019 14:19
selamat datang di Korut 2.0 series emoticon-Ngakak
profile-picture
mr.RDz memberi reputasi
1
27-05-2019 14:21
Quote:Original Posted By kaiserwalzer
emoticon-Traveller


netral gan, sesuai pelantikan yang sah sesuai undang undang yg berlaku aja gan
0
27-05-2019 14:22
Quote:Original Posted By masgembus


lha terus gimana kalau

Bodoh ----> masuk 02 -----> ???

emoticon-Ngakak


JADI PEKOK


sebernya saya senang agama saya diijadikan alat pemersatu, tapi kok kalo udah buat urusan politik begini saya jijik liatnya ya, dari pilgub dki sampe sekarang bumbunya sama. duh Indonesiaku...
profile-picture
eja2112 memberi reputasi
1
27-05-2019 14:22
suruh ngitungin dr strange peluangnya gimana
0
27-05-2019 14:24
Yang penting ngegas ajah dulu. urusan dongok atau goblok belakangan. selisih 16juta sekian2 itu gede KTL emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh adriol43
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.