bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Polri Mulai Periksa Tersangka Rusuh 22 Mei yang Khusus Terafiliasi dengan ISIS


MINEWS, JAKARTA – Pasca kerusuhan 21 hingga 22 Mei lalu, Polisi saat ini tengah fokus memeriksa sekitar 41 orang pelaku ricuh yang diduga terafiliasi dengan kelompok teroris internasional, ISIS.


Kuat dugaan, ISIS telah menunggangi aksi massa tersebut, sehingga dari yang awalnya berlangsung damai, lalu menjadi kericuhan besar di sekitar Kantor Bawaslu RI.


“Sampai saat ini mereka masih dimintai keterangan aparat,” kaa Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, baru-baru ini.


Sebelumnya, Polri sampai menerjunkan Densus 88 untuk upaya pencegahan agar pelaku teror tidak memanfaatkan momentum aksi damai menjadi kerusuhan yang besar.


Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal sebelumnya berkata telah mendaat informasi adanya dugaan terorisme dari hasil penangkapan terhadap dua tersangka warga luar Jakarta.


Kedua orang itu diketahui adalah anggota Gerakan Reformis Islam (Garis) yang pernah menyatakan sebagai pendukung ISIS. Bahkan, dari keterangan yang berhasil digali kepolisian, kedua tersangka itu mengaku berniat melakukan gerakan jihad dalam aksi tersebut.


Polri juga menemukan dan menyita sebuah ambulans milik kelompok Garis yang ditemukan terparkir di belakang Kantor Bawaslu RI, Jakarta, pada Rabu, 22 Mei 2019.


Ambulans itu diketahui berisi uang dan sejumlah busur panah dan bambu runcing. Namun, pihaknya tidak menyebut nominal uang yang disita dari ambulans tersebut. Sebelumnya, Polri melalui Densus 88 menangkap 31 terduga teroris selama bulan Mei 2019.


Total keseluruhan terduga teroris yang ditangkap sejak Januari 2019 sebanyak 70 tersangka. Teroris tersebut berasal dari jaringan yang berbeda, di antaranya yaitu Mujahidin Indonesia Timur, Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung, JAD Bekasi, JAD Jawa Tengah, JAD Sibolga, dan jaringan Fikih Abu Hamzah.


Semua jaringan itu memiliki satu target yang sama, yaitu meledakkan bom di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019.



Sumber


balineseryuu
balineseryuu memberi reputasi
1
2.6K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.