alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdeb637018e0d04233ddba3/paradoks-hantu-dan-cahaya
Lapor Hansip
17-05-2019 20:25
Paradoks Hantu dan Cahaya
Past Hot Thread
Assalaamua'laikum
original by rigpc


Melihat

Orang takut dengan hantu mungkin karena penampakannya yang mengerikan, karena apa yang mungkin bisa dilakukan hantu, atau karena sugesti.
Sebelum takut mari kita menyadari, jika melihat itu butuh cahaya, artinya, anda butuh cahaya untuk melihat hantu?

Sebelum ke inti pembahasan, kita lihat bagaimana mata melihat objek:

Gambar 1
GIF

Gambar 2
Paradoks Hantu dan Cahaya

Gambar 3
Paradoks Hantu dan Cahaya
HINT: Gambar gambar yang anda lihat ini juga diproses terbalik di mata anda


Jadi, kalau anda melihat hantu, mengapa harus takut menimbang hantu juga butuh cahaya untuk terlihat?

Pertanyaannya dan paradoksnya adalah:
1. Kenapa ketakutan visual terjadi pada jumlah kadar cahaya yang cukup?

2. Menurut anggapan umum, hantu tidak muncul di siang hari atau, hantu takut cahaya.
Jika kita memahami kembali bagaimana kita melihat yaitu bahwa hantu hanya butuh cukup cahaya (artinya bukan kegelapan total) untuk bisa terlihat sehingga kita takut, maka, berapa besar kadar cahaya supaya hantu takut?
Jadi, bisa dikatakan, rumus kadar cahaya yang cukup aman bagi hantu adalah sebagai berikut.hahaha
Chantu = Jumlah kadar cahaya yang cukup aman untuk hantu


3. Seberapa kadar terang suatu tempat sampai bisa dikatakan kita tidak takut lagi melihat hantu?
Artinya, apakah kita masih akan takut bila melihat hantu di siang hari?

4. Karena hantu tidak dapat melukai kita, maka jika cahaya yang identik dengan kebaikan, kejelasan, atau informasi, bukankah kita seharusnya tidak takut melihat hantu?

5. Jadi, kembali ke kadar cahaya suatu tempat.
Bukankah seharusnya tidak ada kadar cahaya sedikit pun lah (kegelapan total) yang membuat rasa takut visual?
Tapi akhirnya muncul paradoks berikut:


Kegelapan

Kenapa kita takut kegelapan total?

Dari poin nomer 4 diatas muncul paradoks ini. Katakan tidak akan ada sesuatu yang akan muncul dari kegelapan tersebut untuk melukai atau menghantui kita, akankah kita tidak takut dengan kegelapan (total)?
Seharusnya kita tidak takut dengan kegelapan (total) jika dimisalkan tidak ada sesuatu yang membahayakan di kegelapan total tersebut.

Pertanyaan dan paradoksnya:
Katakan ada orang yang tidak pernah melihat hantu, tidak pernah menerima informasi tentang hantu, ketika dia berada di tempat dengan kegelapan total akankah dia masih merasa takut dengan kegelapan total? (pengecualian untuk takut tersandung, takut menabrak sesuatu, takut menginjak benda berbahaya, dan lain-lain yang bukan hantu).
Jika ya, apa yang ditakutkan dengan kegelapan total?
Jika tidak, kenapa kita takut dengan hantu (objek tak dikenal) yang butuh cahaya untuk terlihat? (hantu disini dianggap tidak melukai kita)


Saya mencoba memberi sebuah jawaban:
Seharusnya kita tidak takut apapun yang terlihat (butuh cahaya) karena cahaya kesannya baik, sebagai petunjuk dan informatif.
Semoga setelah ini anda tidak takut lagi melihat sesuatu yang tidak dikenal atau menakutkan, hehehe.



pertamax


MASUK HOT THREAD GAN
hot thread
Diubah oleh RigPC
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valsigriuz dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 9
25-05-2019 20:23
Quote:Original Posted By kumaniaks
Iya betul, manusia takut akan ketidak tahuannya. Tergantung ke persepektif si manusianya itu sendiri. Contohnya beberapa yang tidak takut hantu, malah lebih takut akan keberadaan makhluk buas jika dihadapkan dengan kegelapan hutan, takut manusia jahat apabila di kegelapan malam. Balik lagi ke pov manusia itu sendiri. Gak oot kan ya? emoticon-Ngakak

Tidak oot gan hehe.

Nah kalau manusia tidak takut dengan penjahat (punya peluang untuk nimpuk penjahat), dan kesamaan penjahat dengan hantu adalah sama-sama memantulkan cahaya, kenapa tidak kita timpuk juga hantu itu?
Padahal jelas lebih berbahaya penjahat daripada hantu.

Kita jadinya membahas keanehan manusia ya gan, hahaha
profile-picture
GroupTercela memberi reputasi
1
25-05-2019 20:25
Quote:Original Posted By kirit07
Kalau hantu bisa dipegang, itu tiap liat mbak Kunti langsung ane tangkep bawa ke rumahnya gan.. lumayan lah emoticon-Wakaka

Sekalian cari tahu dia pake shampoo apa ya gan, hahaha
profile-picture
kirit07 memberi reputasi
1
25-05-2019 20:26
Quote:Original Posted By cikalsastra
Kalo masalah keaslian, Malam hari juga dipertanyakan gan, itu asli atau palsuemoticon-Ngakak

Nah malah bisa bohong semua ya gan, hahaha
0
25-05-2019 20:28
Quote:Original Posted By RigPC
Tidak oot gan hehe.

Nah kalau manusia tidak takut dengan penjahat (punya peluang untuk nimpuk penjahat), dan kesamaan penjahat dengan hantu adalah sama-sama memantulkan cahaya, kenapa tidak kita timpuk juga hantu itu?
Padahal jelas lebih berbahaya penjahat daripada hantu.

Kita jadinya membahas keanehan manusia ya gan, hahaha


Memang gan, manusia itu gudang keanehan. Manusia takut hantu karena asing gan. Bukan karena berbahaya atau tidak. Tapi ketika sudah terdesak tidak sedikit yang nimpuk hantu. emoticon-Ngakak
profile-picture
RigPC memberi reputasi
1
25-05-2019 20:30
Quote:Original Posted By bentar.nr
Yang perlu dipahami pertama adalah bahwa hantu bukanlah zat fisik gan, tapi metafisik. Jadi bukan masalah kebal/tidak kebal, tapi memang sudah nature-nya seperti itu. Sama seperti udara, selama zatnya tidak diubah, apakah kita bisa melihat udara? Tidak kan? Padahal kita tau bahwa udara itu ada, tp kita ttp tidak bisa melihatnya dgn mata telanjang begitu saja. Nah, begitu jg hantu, selama zat mereka tidak berubah karena sesuatu hal, wujud mereka ttp seperti udara yang tak terlihat tapi terasa ada. Wujud mereka bisa terlihat ketika karena kesengajaan atau ketidaksengajaan yg mengubah zat mereka sehingga terlihat. Blm lagi pengecualian lain tadi di mana mereka hanya memperlihatkan diri melalui bagian otak visual kita saja, tanpa muncul secara fisik.

Kalau saat penampakan itu tidak sedang fisik itu diragukan ya gan, soalnya kan cahaya memantul (sains optik) hehe

Nah kalau udara yang ga bisa dilihat aja kita tidak merasa ngeri, kenapa hantu yang bisa memantulkan cahaya membuat kita ngeri? Padahal jelas belum ada kasus dilukai hantu, hehe.

Iya, soal hantu itu apakah hanya kreasi di otak atau ada di situ beneran setuju gan, bisa salah satunya ya
profile-picture
bentar.nr memberi reputasi
1
25-05-2019 20:31
Quote:Original Posted By app.developer
sutradara2 film horror psikologis berhasil membuat adegan hantu yang seram, bahkan di siang hari yang terang sekalipun.


Kalau itu sains fisiologi ya gan (cara membuat jantung kaget), jadi bukan sains optik. Dan itu cuma film, hehe
0
25-05-2019 20:31
Quote:Original Posted By RigPC
Aneh kan ya manusia itu, ketakutan tak berdasar padahal walaupun banyak tahu pengalaman orang lain atau video tetap saja tidak yang dilukai hantu, tapi kenapa masih takut hantu, hahaha


Pertanyaan bukan kenapa manusia ragu, kalau bukan Tuhan kenapa manusia takut? Padahal jelas hantu butuh cahaya untuk terlihat, hehehe,


kenapa manusia takut hantu? menurut ane sih ya karna mindset kita, sedari kecil kita sudah disodori berbagai hal horror yg di cap menakutkan. dan manusia itu kompleks gan, yg ditakutin manusia itu ga semuanya karna hal tsb bakal nyakitin mereka. saya ada temen.. yg ngalamin phobia kacing baju semua baju dia dibuat pake resleting, kalo main ama teman yg pake kemeja berkancing pasti dia gaberani ngeliat kancing tsb.
profile-picture
RigPC memberi reputasi
1
25-05-2019 20:33
Quote:Original Posted By RigPC
Nah malah bisa bohong semua ya gan, hahaha


Betul betul betulemoticon-Jempol
profile-picture
RigPC memberi reputasi
1
25-05-2019 20:35
Quote:Original Posted By RigPC
Kegelapan total artinya tidak ada cahaya gan. Berarti hantu pun tidak kita lihat ya gan hehe. Seperti kasus orang tuna netra.


Saya sendiri tidak percaya hantu itu nyata gan, maksud nya yaitu kuntilanak, pocong itu sendiri tidak ada. Jadi kalau dalam agama saya, hantu-hantu itu adalah jin yang mengkasarkan tubuhnya sehingga cahaya bisa memantul dari tubuh hantu tersebut. Logis kan? Hehehe


Diajak senam sekalian gan, hahaha


Trims semuanya.
Lalu video-video itu apakah semuanya bohong gan?hehe


Bagus sekali gan kalau saya memang setuju begitu. Pertanyaannya adalah sudah jelas-jelas kita beriman, kenapa kita masih takut?
Alasan untuk tidak takut adalah:
1. Agama kita. Sudah jelas kalau bagi kita.
2. Kalau bisa dilihat saat itu, berarti cahaya memantul dari hantu, berarti hantu saat itu cukup kasar (materiil) untuk bisa ditimpuk. Kenapa tidak menimpuk?hahaha
3. Belum ada kasus dilukai hantu, kalaupun ada itu adalah kasus kesurupan yang melukai diri sendiri (dari dalam, bukan dari luar).

Aneh kan, manusia alasannya malah ketakutan itu sendiri, bukan hantu tersebut. Haha


Trims.
Bagus lah kalau artikel ini bisa memotivasi orang biar malas lihat film hantu yang gak berkualitas.


Nah malah paradoks kan? Hantu yang kesannya buruk, jahat, malah bisa memancarkan cahaya. Hehe
Hayo, harus kita pecahin ya gan hahaha


Iya setuju juga.


Mana ada gan dilukai hantu?hehe


Tapi kenapa tidak ada dari kita yang langsung timpuk aja hantu itu, kan kuat iman? Apakah meragukan imannya? Hahaha, berarti belum kuat ya gan kalau belum nimpuk hantu, hahaha


Melihat kan sains gan. Kalau bisa dilihat berarti sains optik berlaku, apalagi kalau sampe bisa dilukai berarti hukum gaya berlaku, hahaha. Walau belum ada sih kasus dilukai hantu.

Bukan tdk ada. Yg berusaha bgtu ada, mungkin krn refleks/kesal, tp hantu tsb sudah hilang krn 'seperti ikan', tdk kuat jika bukan alamnya.
Ya kl lari/takut, memang tdk kuat imannya.
profile-picture
RigPC memberi reputasi
1
25-05-2019 20:36
Quote:Original Posted By mr.company
kenapa manusia takut hantu? menurut ane sih ya karna mindset kita, sedari kecil kita sudah disodori berbagai hal horror yg di cap menakutkan. dan manusia itu kompleks gan, yg ditakutin manusia itu ga semuanya karna hal tsb bakal nyakitin mereka. saya ada temen.. yg ngalamin phobia kacing baju semua baju dia dibuat pake resleting, kalo main ama teman yg pake kemeja berkancing pasti dia gaberani ngeliat kancing tsb.

Kebalik gan. Malah kita bahasnya belum ada kasus dilukai hantu. Nah, kalau tidak bisa melukai seharusnya kita tidak takut hantu ya gan, hehe.

Kalau phobia tertentu sepertinya tidak masuk bahasan paradoks optik ini ya gan.
0
25-05-2019 21:04
Quote:Original Posted By RigPC
Kalau saat penampakan itu tidak sedang fisik itu diragukan ya gan, soalnya kan cahaya memantul (sains optik) hehe

Nah kalau udara yang ga bisa dilihat aja kita tidak merasa ngeri, kenapa hantu yang bisa memantulkan cahaya membuat kita ngeri? Padahal jelas belum ada kasus dilukai hantu, hehe.

Iya, soal hantu itu apakah hanya kreasi di otak atau ada di situ beneran setuju gan, bisa salah satunya ya


Nah, agan dah dpt logikanya. Artinya klo mang penampakan muncul, itu cuma dua: mang zatnya si hantu sudah berubah menjadi zat fisik, atau itu hanya penampakan di otak.

Klo zatnya si hantu sudah termaterialisasi (menjadi fisik), hukum fisika dunia fisik berlaku. Timpuk aja tuh hantu, dia pasti sakit (fakta ini berdasarkan literatur yg pernah ane baca).

Klo cuma muncul di otak, berarti otak kita yang mesti diperbaiki. Itulah kenapa, anak Indigo, bukan setannya yg di Ruqyah, tp justru anaknya yg di Ruqyah krn mang otaknya ada yang dikendalikan sama mereka. Kasus seperti ini mungkin klo dunia medis sering blg dgn schizophrenia atau halusinasi. Tp klo mang asli gangguan hantu, kasusnya lebih pelik, biasanya spt makin lama makin ajaib kaya bisa meramal dll.

Pengelihatan di otak ini jugalah yg menyebabkan penampakan hantu di seluruh dunia berbeda2. Gak akan ada pocong di seluruh dunia, dan gak akan ada bloody Mary di Indonesia. Karena persepsi otak yang mengolah data "penampakan" akan berdasarkan database dalam otak itu sendiri, yang tentunya tiap org dengan tiap kebudayaan dan pengalamannya berbeda satu sama lain gan.

NB: ttg manusia dilukai hantu*, itu bukanlah hal yang mustahil. Kasusnya ada, tapi gak terekspos gan. Bgm caranya? Sebagaimana udara yang dgn mudahnya masuk ke dalam tubuh manusia, maka semudah itu pula mereka masuk ke dalam tubuh kita. Klo sudah masuk, apapun bisa dilakukan. Ingat, manusia kekurangan oksigen saja bisa pingsan hingga mati.

*) hantu dalam anggapan ane di sini adalah Jin. Karena semua penampakan itu pada hakikatnya adalah perbuatan jin.
Diubah oleh bentar.nr
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan RigPC memberi reputasi
2
25-05-2019 21:42
Quote:Original Posted By RigPC
Saya sendiri tidak percaya hantu itu nyata gan, maksud nya yaitu kuntilanak, pocong itu sendiri tidak ada. Jadi kalau dalam agama saya, hantu-hantu itu adalah jin yang mengkasarkan tubuhnya sehingga cahaya bisa memantul dari tubuh hantu tersebut. Logis kan? Hehehe

Lu bawa makhluk yang cuma ada dalam iman lu, dan lu mau bilang itu logis? emoticon-Bingung (S)
0
25-05-2019 22:22
pengalaman ane liat hantu sih doi bodinya tipis kek selembar kertas gan.. tapi makin dipelototin makin tipis,transparan,lama2 ilang
0
25-05-2019 22:33
sejak kapan hantu ada? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
RigPC memberi reputasi
1
25-05-2019 23:34
Thread bagus, pemilihan tema nya unik.
Saya suka
profile-picture
RigPC memberi reputasi
1
25-05-2019 23:58
ane sih kaga takut,cuman kaget aja kalo tau2 nonggol,coba klo hantu itu dari jauh2 waktu kasih info atau minimal jarak 300meter lah nonggolnya...pasti ane kaga kaget
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
1
26-05-2019 00:13
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Lu bawa makhluk yang cuma ada dalam iman lu, dan lu mau bilang itu logis? emoticon-Bingung (S)

Itu sains optik berlaku loh hehehe, no offense.
Posisi anda sendiri bagaimana, percaya hantu atau tidak hehe

Quote:Original Posted By zedtyoo
pengalaman ane liat hantu sih doi bodinya tipis kek selembar kertas gan.. tapi makin dipelototin makin tipis,transparan,lama2 ilang

Keren kali ya, hahaha

Quote:Original Posted By SainteElme
sejak kapan hantu ada? emoticon-Bingung (S)

Saya juga gak percaya hantu, hahah
0
26-05-2019 00:15
Quote:Original Posted By bamzway
Thread bagus, pemilihan tema nya unik.
Saya suka

Makasih ya

Quote:Original Posted By daenk17
ane sih kaga takut,cuman kaget aja kalo tau2 nonggol,coba klo hantu itu dari jauh2 waktu kasih info atau minimal jarak 300meter lah nonggolnya...pasti ane kaga kaget

Hebat anda gan, hahaha
0
26-05-2019 00:22
Quote:Original Posted By bentar.nr
Nah, agan dah dpt logikanya. Artinya klo mang penampakan muncul, itu cuma dua: mang zatnya si hantu sudah berubah menjadi zat fisik, atau itu hanya penampakan di otak.

Setuju gan. Dua dugaan itu bisa kemungkinan benar dua-duanya ya. Hehe

Quote:
Klo zatnya si hantu sudah termaterialisasi (menjadi fisik), hukum fisika dunia fisik berlaku. Timpuk aja tuh hantu, dia pasti sakit (fakta ini berdasarkan literatur yg pernah ane baca).

Tinggal berani aja kalo gitu

Quote:
Klo cuma muncul di otak, berarti otak kita yang mesti diperbaiki. Itulah kenapa, anak Indigo, bukan setannya yg di Ruqyah, tp justru anaknya yg di Ruqyah krn mang otaknya ada yang dikendalikan sama mereka. Kasus seperti ini mungkin klo dunia medis sering blg dgn schizophrenia atau halusinasi. Tp klo mang asli gangguan hantu, kasusnya lebih pelik, biasanya spt makin lama makin ajaib kaya bisa meramal dll.

Pengelihatan di otak ini jugalah yg menyebabkan penampakan hantu di seluruh dunia berbeda2. Gak akan ada pocong di seluruh dunia, dan gak akan ada bloody Mary di Indonesia. Karena persepsi otak yang mengolah data "penampakan" akan berdasarkan database dalam otak itu sendiri, yang tentunya tiap org dengan tiap kebudayaan dan pengalamannya berbeda satu sama lain gan.

Menarik. Saya baru tahu, jadi semua video orang lihat hantu itu ada kemungkinan mereka punya bakat indigo walau sedikit?

Benar sekali gan, budaya mempengaruhi pengalaman ya (kalau menduga hantu itu cuma di otak).
Dan kalau dugaan hantu itu beneran dan bisa berfisik, berarti pocong bisa menghantui di luar negeri, gitu ya. Hahaha

Quote:
NB: ttg manusia dilukai hantu*, itu bukanlah hal yang mustahil. Kasusnya ada, tapi gak terekspos gan. Bgm caranya? Sebagaimana udara yang dgn mudahnya masuk ke dalam tubuh manusia, maka semudah itu pula mereka masuk ke dalam tubuh kita. Klo sudah masuk, apapun bisa dilakukan. Ingat, manusia kekurangan oksigen saja bisa pingsan hingga mati.

*) hantu dalam anggapan ane di sini adalah Jin. Karena semua penampakan itu pada hakikatnya adalah perbuatan jin.

Iya setuju gitu gan. Kalau di agama gitu.

Tapi soal masuk tubuh berarti hantu tetap tidak bisa melukai kita dari luar kan? Misalnya hantu malah yang nimpuk.
0
26-05-2019 01:34
bacaan yg menebalkan iman emoticon-Ketupat
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan RigPC memberi reputasi
2
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.