the21indonesiaAvatar border
TS
the21indonesia
SALAH JURUSAN KULIAH ? RESIGN / LANJUT
 Saya tau yg baca thread ini karna dia mempunyai masalah kuliah sama seperti judul diatas,
kali ini ane mau berbagi pengalaman ane. saya masuk kuliah pada 2017. pada saat itu saya diterima di universitas telkom jurusan d3 teknik komputer. sebelumnya saya mendaftar di jurusan yg sesuai sama kemampuan gua yaitu matkul yg dibidang ips karna gua dulu sma jurusan ips. saya medaftar di jurusan Management BIsnis dan Telekomunikasi, Administrasi Bisnis, dan Ilmu Komunikasi nah di pilihan ke 4 ane pilih d3 teknik komouter karna untuk jaga2 ( pada saat itu ane benar2 belum tau sulitnya jurusan d3 teknik omputer ) lalu keluarlah hasil pengumuman dan ane diterima di d3 teknik komputer ini. pada saat itu ane bingung pilih ini atau daftar ulang lagi, kalo daftar ulang lagi ane belum tentu dapat tapi kalo menerima ini ane udh dapat ptn, kondisinya pada saat itu udh bulan july...sebelumnya ane udh daftar sana sini sbmptn, jalur mandiri, stan, dan hasilnya tidak ad yg lulus. Terus ane tanya ke kakak ane yg udh kuliah semester 6 di jurusan teknik telekomunikasi. ane tanya jurusan teknik itu susah nggk , lalu jawaban kakak ane itu bisa kok nggk susah susah amat. karna kakak gua udh kuliah ya ane percaya percaya aja walaupun banyak teman ane yg dari ips nggk mau ambil teknik katanya susah banget. alhasil gua ambil aja jurusan d3 teknik komputer itu dengan perasaan nggk nyaman.
 Lalu pada bulan depannya ane mulailah berangkat ke bandung nyiapin barang2 utk tinggal di asrama yg isinya 4 orang di kamar yg kecil cuma 3 x 4 ( sumpah itu kamar benar benar sempit dan sumpek ) wlaupun ane beruntung dapat roomate yg bersih, karna banyak teman ane yg kamarnya kotor karna roomatenya nggk menjaga kebersihan. di hari pertama asrama ane merasakan hidup yg sangat berubah, ane harus tinggal di kamar 3x4 dgn 3 orang dimana harus berbagi di kamar kecil trsbt dan tinggal jauh dari orang tua yaitu dari padang. jujur ane sebelum kuliah benar benar belum mempersiapkan segalanyan, ane cuma pasrah waktu itu, nggk kayak teman ane yg udh sangat siap, sebelum memulai kelas ane tinggal dulu di asrama selama 2 minggu utk kegiatan Ospek, UKM fair dan kegitaan asrama. sleama 2 minggu itu ane cukup merasa senang karna cuma main2 dgn lingkungan baru, teman2 baru dengan tidak merasakan sulotnya pelajaran teknik komputer yg sisinya koding, mtk, rangkaian elektrik, dll.
 Setelah 2 minggu mulailah ane mulai kelas, di hari pertama anu sudah terasa pelajarannya nggk nyangkut ke ane itu cuma pelajaran dasar tapi otk benar benar dikuras. terus lanjut ke minggu ke 2 dan udah mulai praktikum, ujia, tugas yg segudang. ane udh lamgsung terasa selam hidup ini pelajaran tersulit yg pernah gua hadapi jauh lebih sulit dari semua materi sma. ane benar2 100% tidak merasa cocok. alhasil ane selama kuliah benar benar merasa tersiksa, sanagt berbeda dengan roomate gua yg perkuliahannya sangat senang, 2 orang romate gua dia jurusan ilmu komunikasi... dan gua benar benar merasa iri, perkuliahannya gampang, fakultas dia bangunanya jauh lebih bagus, kalo ke kklas pakaian bebas, dan cewek2 di jurusan/fakultas dia cantik2. Dan itu semua sangat2 berbeda dengan jurusan/fakultas gua. Setiap hari ane benar benar berfikir menyesal, iri, susah ama pelajaran ane yang benar2 tidak cocok dgn bidang ane dan benar2 sangat berbeda dengan ekspetasi gua pada saat sebelum kuliah. Teman2 kelas ane udh ada yang nyerah lalu pindah jurursan tahun depan, di kelas ane banyak kakak2 kelas yang ngulang, dan yg tinggal cuma anak2 yg benar bidangnya teknik komputer ini yg backgroundnya smk jurusan komputer. 
 Dari awal karna kejadian tersebut gua udah berencana untuk pindah jurusan tapi, tapi karna gua mengingat orant tua ane biaya yang udh dikeluarin untuk kuliah dijurusan ini ane jadi takut, bagaiaman reaklsi orang tua ane dan sedihnya orang tua ane. jadi ane paksa deh diri ane lanjutin kuliah, setiap ada tugas ane terpaksa mencomplak ounya teman ane , setiap ada ujian ane selalu nyontek , pokoknya ane pakai ounya teman ane. kalo sya pakai oak saya sendiri ane jauh ketinggalan. ane udah perhqatikan dosen terangin, minta tolong dijekaskan ama teman, lohat youtube, tapi pelajaran tersebut snagat sulit karna ane baru pertama kali memplajarinya dan waktu untuk mempelajarinya tersebut sangat sedikit karna materi yg diikuti snagat cepat, sleesai bab ini langsung lanjut ke bab selanjutaya, yang bisa mengikuti tersebut cuma anak yg memang bidang dan kemampuannya disana. lambat laut semster 1 sudah selesai dan ane mendapatkan nilai ipk 2,6 dengan dan alhamdulillah tidak ada matkul yang ngulang. smester 2 ane jalanin dengan cara yang sma dan di semster 2 ane ada 1 matkul yang ngulang dan ipk ane dapat 2,8, sma smester 3 juga ane jalanin dengan jalan yang sama dan ane dapat ipk 2,7 dengan tidak ada matkul yang ngulang. PS selama 3 semester trsbt ane benar2 tidak bahagia dgn materi trsbt, dan utuk minta tunjuk ke teman ane butuh usha yang tidak gampang. 
 Lanjut di tahun 2019 ketika semester 4 dimulai, di tahun ini ane merasakan tahun terburuk dlaam hiduo guam tahun dimana ane tidak bahagia, "the worst pasrt of my life", di semster tersebut ane benar benar udh sangat berat menjalani kuliah, ane udh benar benar snaagt menderita selama 3 smester dan tidak ada progres, ane udh sanagt lelah menanggung smeu beban. pikiran ane udah nggk kaayk semster dulu lagi karna udah benar benar letih, di tambah semster 4 ini udah sangat beda dengan semester sebelumnya diamna pelajaran udh udh sangat sulit jadi ane tidak bisa lagi mintak tunjuk ama teman, pokoknya benar2 ilmu sendiri yg ditanya di semster ini kalo tidak dapat ilmu dasarnya maka lu nggk bisa negrti. di saat itu ane benar2 udah lelah dengans semuaa beban itu dan ane udh nggk bisa minta tunjuk lagi  ke teman2. niali ane pun jelek, bnyak yang 0, ane udh pasrah banget. bahkan ada temans sekelas ane yg dri angkatan 2 thaun di atas ane dan temen sekelas ane yg idh nggk masuk2 lagi , lalu ada juga teman ane dari yg ngulang ikut sbm lagi ( gila kan udah kuliah di smester 4 daftar lagi sbm ) di saat itu untuk mebuatkan ane, ane sering nonton video motivational spech di youtube, lihat quote2, kisah kisah sukses orang yg dropout dari kuliah lalu sukses kayak mark zuckerberg, steve jobs, dan masih banyak lagi. Dengan keadaan tersebut ane putuskan untuk tidak masuk kelas, dan tidak memberi tahu orang tua ane .stelah 2 bulan ane nggk masuk kelas ane akhirnya tell the truth ke orang tua ane kejadian sebenarnya. kata bongkap dan nyongkap gua pindah jurusan aaj tapi sayang kan udh 2 tahun tinggal 1 tahun lagi buat wisuda, sbeenarnya gua juga ingin wisuda tapi kemampuan ane emg nggk bisa , dan ini mungkin udah takdir gua. 
 Dan sekarang di saat ane menulis threat ini ane harus pilih kalau daftar kuliah lagi umur ane udah 20 thn, kalo lanjut ane nggk bakalan lulus tepat waktu. tapi ane sadar ijazah kuliah tidak akan menjaminmu diterima menjadi karyawan do perusahaan. karna zaman sekarang bukan rahasia lagi bahwa susahnya diterima kerja di perusahaan & pns. karna cita cita dan passion ane menjadi pengusaha ane sekarang benar benar lega dan bisa fokus untuk emngembangkan passion ane, menikmati perjalanan untuk menjadi pengusaha suskes dari nol, menikmati jatuh bangunnya buka usaha, dan ane yakin aklo ane focus dan belajar dari kegagalan dan terus kerja leras ane pasti akanmenjadi pengusaha sukses.
 Pengalamann yang ane dapat kejadian ini buat kalian ialah 
1. Kalo anda salah jurusan dan menyadarinya di tahun 1 ( semester 1&2 ) maka sebaiknya anda daftar kuliah lagi di jurusan yg cocok dengan anda
2. Kalo anda udah terlanjur menyadarinya disemester akhir dan udh mau merasa nyerah dan udah ngelakuin berbagai cara tapi tidak bisa juga maka saran ane ialah ambil cuti 1 tahun dulu, selama cuti berfikir tenang dulu, dan sibukan cuti anda dengan passion anda dan saran ane buka usaha,
kalo anda bisa ,elihat peluang sukses maka resignlah dari kuliah, karna anda telah tau jalan hidup anda bagaimana, tapi kalo anda gagal dan udh ngeluarion seluruh tenaga dalam 1 tahun itu di passion anda, saran ane lanjut aja kuliahnya sampai wisuda. Dan sebelum memlilih pilihan anda jangan lupa untuk shalat istiqarah karna menurut pengalaman ane dan orang fikiran kita itu pas sahalat istiqarah benar benar berfikir dgn tenang tidak ada gangguan.

OOO IYA HAMPIR LUPA
Please banget bantu channel yt saya berkembang emoticon-Big Grin
subscribe & like di channel ini ya
[URL="[youtube]TS1_IEqx7eY[/youtube]"]please Lihat video lagu ini!!! thanks [/URL]
Diubah oleh the21indonesia 26-05-2019 13:01
0
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.