codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Seberapa Banyak Jumlah Laki-laki di Dunia yang Disunat?


Sunat (khitan) adalah sebuah prosedur pemotongan/menghilangkan sebagian kulit penutup depan penis. Tradisi sunat sudah mulai dilakukan sejak zaman prasejarah, diketahui dari gambar-gambar di gua yang berasal dari Zaman Batu dan makam Mesir Kuno.

Diperkirakan dahulu sunat adalah bagian dari ritual persembahan, tanda penyerahan kepada Yang Maha Kuasa, atau sebagai langkah menuju kedewasaan. Dalam agama Islam diwajibkan pada laki-laki untuk sunat, walau ada sebagian yang menganggap hukumnya sunnah fitrah.

Umumnya sunat dilakukan laki-laki sejak usia dini, misalnya saat tingkat usia sekolah dasar (ane sendiri sunat pas kelas 2 SD emoticon-Malu (S)). Tapi pada situasi tertentu sunat bisa saja dilakukan oleh laki-laki saat ia telah menginjak usia remaja atau dewasa.

Sebagian besar orang Indonesia menjadikan sunat sebagai tradisi budaya, keyakinan dalam agama, di samping memang untuk menjaga kebersihan pribadi dan mencegah terjadinya berbagai penyakit.



WHO merekomendasikan sunat untuk mencegah penyebaran HIV terutama di negara atau daerah dengan tingkat kasus HIV yang tinggi. Dan sunat juga dapat mengobati penyakit fimosis, mencegah infeksi saluran kemih, dan ragam penyakit kelamin lainnya.

Sunat sudah menjadi prosedur umum di dunia, tak hanya dilakukan di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim. Sebanyak 1/3 laki-laki di bumi telah melakukan sunat, dimana sekitar 70% diantaranya adalah muslim. Untuk mengetahui data per negara, silahkan lihat beberapa data berikut...
emoticon-cystg



Maroko


Presentase laki-laki di Maroko yang disunat adalah sebanyak 99,9%, nyaris semuanya. Sudah jelas ini karena faktor agama dan kebudayaan (sama seperti di Indonesia).



Brazil


Berbanding terbalik dengan di Brazil hanya 1,3% laki-laki disana yang disunat, artinya hampir semua laki-laki di Brazil itu tidak disunat.



Amerika Serikat


Ada sebanyak 71,2% laki-laki yang disunat di Amerika Serikat. Kebanyakan dari mereka melakukannya bukan karena faktor agama/budaya tapi karena medis. Semakin banyak orang Amerika yang menyadari pentingnya kebersihan/kesehatan organ vital.



Jamaika


Ada 14% laki-laki di Jamaika yang disunat.



Iran


Ada sebanyak 99,7% laki-laki di Iran yang disunat. Alasannya sama seperti di negara-negara Islam lain.



Guatemala


Hanya 11% laki-laki yang disunat di Guatemala.



Korea Utara


Hanya 1% laki-laki di Korea Utara yang disunat, sisanya 99% tidak disunat.



Korea Selatan


Beda dengan saudara tetangganya, sebanyak 77% laki-laki di Korea Selatan sudah disunat. Di era modern, praktik sunat sudah umum dilakukan disana. emoticon-Big Grin



Spanyol


Hanya 6,6% laki-laki di Spanyol yang disunat.



Turki


Ada sebanyak 98,6% laki-laki di Turki yang disunat. Jumlah ini tentu wajar yah... emoticon-Smilie



Tiongkok


Di Tiongkok hanya 14% laki-laki yang disunat.



Rusia


Hanya 11,8% laki-laki di Rusia yang disunat.



Belanda


Sementara di Belanda jumlah laki-laki yang disunat sebanyak 5,7%.



India


Hanya 13,5% laki-laki di India yang disunat.



Australia


Ada 26,6% laki-laki di Australia yang disunat.



Swedia


Lalu hanya ada 5,1% laki-laki yang disunat di Swedia.



Biar lebih jelasnya, bisa dilihat dari peta yang diterbitkan oleh PBB (berdasarkan data WHO/UNAIDS) yang menunjukkan estimasi persentase laki-laki yang telah disunat pada tingkat negara.



Quote:


Seperti yang bisa kita lihat dari data di atas, sunat pada laki-laki paling umum dilakukan di negara yang penduduknya mayoritas muslim (hampir semuanya), selain itu sunat juga dilakukan di sebagian wilayah Asia Tenggara dan Afrika, di Amerika Serikat, Israel, dan Korea Selatan. Sunat relatif jarang dilakukan di negara-negara Eropa, sebagian Afrika Selatan, dan sebagian besar negara-negara Asia, Amerika Latin dan Oseania.

Khusus di benua Asia, sunat paling umum dilakukan di Indonesia, Malaysia, Brunei, Filipina, Korea Selatan dan negara-negara di Timur Tengah. Sementara sunat tidak umum di Myanmar, Kamboja, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, India, Jepang, Laos, Nepal, Korea Utara, Thailand, dan Vietnam.

Nah, jadi secara keseluruhan laki-laki yang disunat itu jumlahnya masih minoritas yah di dunia. Semoga thread ini bisa menambah wawasan bagi kalian yang penasaran seberapa banyak laki-laki di luar sana yang menjalani praktik sunat.
emoticon-Jempol



Referensi:
Wikipedia . BuzzFeed
Diubah oleh codename.isal 23-05-2019 05:36
sitilestari2019
anasabila
4iinch
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
20
46.1K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.