president.trumpAvatar border
TS
president.trump
Amankan Kerusuhan, 3 Polisi di Pontianak Tertembak Senjata Api Rakitan
Amankan Kerusuhan, 3 Polisi di Pontianak Tertembak Senjata Api Rakitan
Kamis, 23 Mei 2019 13:32




Seorang anggota polisi korban tembakan senjata api rakitan saat dibawa ke Rumah Sakit Antoen Soedjarwo Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (23/5/2019) dini hari.




TRIBUNSOLO.COM, PONTIANAK - Tiga anggota polisi dilaporkan terkena tembakan senja api rakitan jenis lantak saat mengamankan aksi massa yang rusuh di Perempatan Jalan Tanjung Raya I, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (23/5/2019) dini hari.

Ketiganya tertembak pada bagian betis dan paha.

Saat ini, mereka sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Antoen Soedjarwo Pontianak.

"Kejadian penembakan saat anggota sedang mengurai massa," kata Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Donny Charles Go.


Selain luka tembak, sejumlah anggota kepolisian juga ada yang dirawat karena lemparan batu dari peserta aksi.

Saat kericuhan terjadi, dua pos polisi dibakar, halte bus dirusak, serta Jembatan Kapuas I diblokade menggunakan pohon.

Polisi telah mengamankan 68 orang terduga pelaku rusuh dan saat ini mereka sedang menjalani pemeriksaan di Polda Kalbar.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menilai kericuhan yang terjadi di Kota Pontianak, Rabu (22/5/2019) pagi, akibat adanya provokasi dari kejadian di Jakarta.

"Orang demo menyampaikan hal itu wajar.

Namun saya berharap kita harus menjaga keadaan Kota Pontianak dan Kalbar agar tetap kondusif," kata Midji, Rabu (22/5/2019) sore.


Menurutnya menyampaikan kecurangan pemilu sebenarnya sah-sah saja, sepanjang berada dalam koridor yang benar.

"Kalau ada kecurangan saya setuju silakan laporkan ke MK.

Kita lihat prosesnya.

Kita hormati keputusan apapun, hanya disampaikan dengan hal yang baik," ujarnya.


Terkait dengan aksi pembakaram pos polisi, Midji menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut.

"Saya berharap kita harus melihat ke depan bahwa kepentingan daerah yang lebih penting," ujarnya. (Kompas.com/Hendra Cipta)







http://solo.tribunnews.com/2019/05/2...kitan?page=all







https://indonesiainside.id/sultan-po...kyat-demo-kpu/

Sultan Pontianak Pimpin Langsung Aksi Gerakan Kedaulatan Rakyat Demo KPU







Total 68 Perusuh di Pontianak Ditangkap, 3 Polisi Tertembak
Ade Putra, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 13:45 WIB





PONTIANAK - Jajaran Polda Kalbar kembali menangkap 30 orang yang terlibat dalam kericuhan "Aksi 22 Mei" di perempatan Jalan Tanjung Raya, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (23/5/2019) dini hari.

Mereka ditangkap karena masih berkumpul di perempatan tersebut sambil membakar ban dan petasan. "Ada 30 orang lagi yang diamankan aparat," ujar Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Donny Charles Go, Kamis pagi.

Baca Juga: Dua Pos Polisi di Pontianak Dibakar Massa Tak Dikenal



68 Perusuh di Pontianak saat Aksi 22 Mei yang Sudah Ditangkap (foto: Ade Putra/Okezone)




Tak hanya itu, sebelumnya Rabu 22 Mei 2019, sekira pukul 21.30 WIB, massa juga dikabarkan akan merangsek ke Jalan Tanjungpura dan Gajahmada serta Mapolsek Pontianak Timur. Namun, aksi tersebut berhasil dihalau petugas gabungan TNI-Polri

Untuk meredam massa, kepolisian bersama TNI sempat bernegosiasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Di antaranya Sultan Pontianak Syarif Mahmud Melvin Alkadrie. Setelah itu, bersama-sama meminta massa membubarkan diri.

Sekira pukul 02.30 WIB negosiasi selesai, dengan kesepakatan untuk kembali menggelar pertemuan lanjutan hari ini. Setelah adanya kesepakatan itu, perlahan-lahan massa membubarkan diri. Arus lalu lintas di Jembatan Kapuas I pun kembali dibuka.

Sebelumnya, kepolisian telah menangkap 38 orang yang diduga membuat kericuhan. Jadi, sampai saat ini ada 68 orang yang sudah ditangkap. Kepolisian saat ini juga masih melakukan pemeriksaan terhadap mereka untuk mengetahui motifnya. Masyarakat juga diminta tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

Sementara itu, dampak yang dimunculkan dari kericuhan tersebut, yakni dua pos polisi dibakar, halte bus dirusak serta Jembatan Kapuas I diblokade menggunakan pohon. Sehingga aktivitas warga sempat terhenti karena ditutupnya akses penghubung Kecamatan Pontianak Timur dan Selatan itu.

Untuk diketahui, saat mengurai massa beberapa petugas mengalami luka dan tertembak senjata api rakitan jenis lantak. Yakni Kapten Arm Tri S, Danramil Suungai Kakap terkena lemparan batu dna mengakibatkan robek pada pelipis.

Kemudian Bripda Aldiono, anggota Satuan Sabhara Polda Kalbar luka tembak di tungkai bawah kanan. Ipda Agus S, anggota Satuan Sabhara Polda Kalbar, luka tembak di kaki kanan. Brigadir Sarifin Ahyar, Satuan Restik Polres Mempawah, luka tembak di paha kiri.

Serta Briptu Rudi, Satuan Brimob Polda Kalbar yang juga merupakan sopir Karoops, terkena lemparan batu di paha sebelah kanan (sebelumnya dikabarkan tertembak).

Baca Juga: Aksi 22 Mei di Pontianak, Satu Ruko Terbakar



68 Perusuh di Pontianak saat Aksi 22 Mei yang Sudah Ditangkap (foto: Ade Putra/Okezone)


Semua korban dari aparat ini sudah diberi pertolongan medis di RS Anton Soedjarwo Polda Kalbar dan RS TNI Kartika Husada. Sebelumnya, Rabu siang, seorang anggota kepolisian dan TNI juga mengalami luka setelah terkena lemparan batu.

Sementara untuk jumlah korban dari massa maupun warga sipil lainnya dikabarkan ada 60 orang yang terluka. Sebanyak 16 darinya dirawat di sejumlah rumah sakit. Namun, angka pasti belum dapat diketahui. Karena akses untuk mencari data dan keterangan dari massa cukup sulit.

(fid)


https://news.okezone.com/read/2019/0...lisi-tertembak




Jadi teringat kata2 Pak Hendropriyono..... emoticon-Embarrassment

Musti diusut tuh Pemilik Senjata Api Rakitannya.... emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Marah

Diubah oleh president.trump 23-05-2019 07:13
cluoro
scorpiolama
comrade.frias
comrade.frias dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.