kenshiken12Avatar border
TS
kenshiken12
Media Sosial di Blokir, Apa Saja Dampaknya?
Pemerintah Indonesia melalui Menkopolhukam dan juga Menkominfo melakukan take down terhadap beberapa media sosial. Hal ini terjadi karna adanya aksi demo yang dilakukan oleh pendukung salah satu capres pada pemilu 2019. Aksi ini dilakukan masa karena merasa dicurangi pada Pemilu yang dilakukan pada 17 april 2019. Beberapa aplikasi yang terdampak take down diantaranya Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Wiranto selaku Menkopolhukam mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran berita hoax dan juga provokasi yang terjadi di masyarakat.
Wajar saja pemerintah mengambil sikap ini untuk menanggulangi penyebaran hoax dan juga provokasi, mengingat Facebook dan grup Whatsapp menjadi sarana terbesar penyebaran berita hoax. Namun pertanyaannya apakah langkah yang dilakukan oleh pemerintah ini sudah benar jika melihat dampak ekonomi bahkan politik yang akan terjadi jika sampai blokir/take down yang dilakukan oleh pemerintah berlangsung lama. Lalu apa saja sebenarnya dampak yang dapat terjadi jika sampai take down yang dilakukan berlangsung lama?
Spoiler for 1. Berkurangnya Penjualan Toko Online:


Spoiler for 2. Komunikasi Terhambat:


Spoiler for 3. Penggunaan VPN:


Spoiler for 4. Pencurian Data:


Spoiler for 5. Provokasi dan Aksi Lebih Besar:


Lalu pertanyaanya langkah apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah?

Sebenarnya pembatasan penggunaan media sosial dilakukan guna kebaikan bersama, untuk meredam masa dan juga menata ketertiban. Pada akhirnya tidak semua media sosial dibatasi, yang dibatasi hanyalah beberapa aplikasi, dimana aplikasi tersebut menjadi penyumbang hoax terbesar. Kita juga sebagai masyarakat harusnya menjadi lebih cerdas supaya tidak mudah terprovokasi. Kita doakan kerusuhan yang terjadi dapat segera selesai dan media sosial dapat digunakan seperti biasanya. Aminn...
Diubah oleh kenshiken12 23-05-2019 03:24
0
2.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.