alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce4fff7d439723be95bd252/aksi-22-mei-pemerintah-batasi-akses-media-sosial-di-wilayah-tertentu
Lapor Hansip
22-05-2019 14:53

Aksi 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses Media Sosial di Wilayah Tertentu

Past Hot Thread
Quote:
Wiranto: Cegah Hoaks, Pemerintah Batasi Fitur di Media Sosial
Aksi 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses Media Sosial di Wilayah Tertentu


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan Pemerintah akan membatasi sementara beberapa fitur di media sosial.

"Akses di media sosial akan dimatikan untuk menjaga hal-hal negatif tersebar di masyarakat seperti berita bohong dan provokasi" kat Wiranto dalam jumpa pers di Kantor Menkopolhukam pada Rabu, 22 Mei 2019. Wiranto mengatakan pemerintah ingin menjaga masyarakat agar tidak terpengaruh informasi yang berbau hoaks dan simpang siur.

Ia menuturkan Menkopolhukam akan rutin memberikan informasi terkini tentang kondisi di Jakarta. "Setiap dua jam sekali akan kami sampaikan perkembangan," kata Wiranto.

Saat ini, kerusuhan pecah di sejumlah titik di Jakarta. Kerusuhan ini berawal ketika sejumlah orang tak dikenal mencoba merangsek barikade di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Selasa, 22 Mei 2019 dini hari. Selain itu massa yang datang ini melempari polisi dengan batu besar dan bom molotov.

Anggota Brimob kemudian memukul kelompok massa ini mundur. Kericuhan tak bisa dihindari. Perusuh ini melempari batu. Polisi membalas dengan tembakan gas air mata. Namun, kondisi menjadi semakin tak kondusif. Di Petamburan, sejumlah massa membakar belasan mobil di Asrama Brimob.

Belakangan, polisi menyebut menangkap 60-an orang yang diduga sebagai provokator kerusuhan. Kebanyakan dari mereka datang dari luar Jakarta sepeti Jawa Barat dan Jawa Timur.

https://nasional.tempo.co/read/12081...l/full&view=ok


Quote:Aksi 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses Media Sosial di Wilayah Tertentu

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan, akan membatasi akses media sosial di wilayah tertentu. Hal ini terkait dengan tindakan massa yang melakukan aksi kerusuhan pada 22 Mei 2019.

"Untuk menghindari provokasi, akan kita lakukan pembatasan akses di wilayah tertentu, untuk tidak diaktifkan media sosial. Akses di media sosial ditidakaktifkan untuk menjaga hal negatif," kata Wiranto dalam jumpa pers di Gedung Kemenko Polhukam, Rabu (22/5/2019).

Wiranto mengatakan, pemerintah ingin supaya masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat dan sebenar-benarnya. "Jangan sampai kita diadu domba sehingga persaudaraan di bulan suci Ramadan terpengaruh," kata dia.

Wiranto mengatakan, saat demo, aparat keamanan sudah diinstruksikan tidak bersejata api. Aparat menggunakan perisai dan pentungan menghadapi massa.

"Bukan senjata api. tidak mungkin aparat keamanan membunuh rakyat. Korban jatuh pada rakyat dinamakan perusuh karena menyerang pos polisi, asrama, membuat kacau. Itu adalah preman berbayar bertato dan dijelaskan kapolri," kata Wiranto.

Wiranto mengatakan, jangan sampai, korban dilemparkan ke masyarakat seakan akan pemerintah sewenang wenang dan diktator. Bukan, jangan sampai kita terkecoh hasutan itu," kata dia.

Dia pun mengatakan, setelah melakukan investigasi, kesimpulannya ada niatan skenario untuk membuat kekacauan dengan membuat antipati kepada pemerintah yang sah dan membangun kebencian kepada pemerintah

"Kami harap masyarakat tidak terpengaruh."

https://www.liputan6.com/news/read/3...layah-tertentu


Quote:Blokir Kirim Gambar di WA-Medsos, Wiranto: Ini Upaya Amankan Negeri

Pemerintah memblokir sebagian fitur aplikasi chatting, di antaranya adalah fitur mengirim gambar dan video. Menko Polhukam Wiranto menegaskan pemblokiran itu upaya mengamankan negeri.

"Saya juga menyesalkan ini harus kita lakukan, tapi ini suatu upaya untuk mengamankan negeri yang kita cintai ini," kata Wiranto dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Wiranto meminta masyarakat berkorban tak melihat gambar ataupun video via aplikasi chatting untuk beberapa hari. Dia menegaskan pembatasan ini bukan karena pemerintah sewenang-wenang.

"Ya berkorban 2-3 hari nggak liat gambar kan gapapa," ujarnya.

Baca juga: Siapa Dalang Kerusuhan 22 Mei 2019? Ini Jawaban Wiranto

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut pembatasan akses media sosial (medsos) bersifat sementara dalam rangka menghindari penyebaran kabar bohong atau hoax.

"Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap. Pembatasan dilakukan terhadap platform media sosial, fitur-fitur media sosial--tidak semuanya--dan messaging system," kata Rudiantara dalam konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Rudiantara menyebut modus penyebaran kabar bohong itu berawal dari tangkapan layar di medsos. Setelahnya kabar yang belum jelas kebenarannya itu disebarkan di aplikasi perpesanan WhatsApp.

https://news.detik.com/berita/d-4560...m=news_mostpop
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jackjay dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
22-05-2019 16:56
Quote:Original Posted By wolfvenom88
bilang aja mao membungkam suara rakyat tong..kebebasan berpendapat itu dijamin uud tong


Biang rusuh lo jink
profile-picture
nanase.yaeger memberi reputasi
1 0
1
22-05-2019 16:58
Quote:Original Posted By thepowrofsmile3
Banyak banget yang share video play victim seolah dipaksa bubar demo. Padahal udah waktunya bubar. Giliran dilempar tear gas malah teriak umat dizolimi

GUOBLOOOK


Quote:Original Posted By wolfvenom88
bilang aja mao membungkam suara rakyat tong..kebebasan berpendapat itu dijamin uud tong


Iya play victim, uda disuruh bubar udah malam malah sengaja bikin rusuh. Plus ditumpangi pihak 3 mantep dah. Bungkam suara pale lu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
22-05-2019 16:59
Pantesan daritadi susah buka ig
0 0
0
22-05-2019 17:03
Pantes WA gak bs ya gan, padahal lg kangen bojoku mau WA'an 😢, nasib yg berjauhan kerjane, udah tiket mahal... Astaghfirullah... Pengen rasanya ketemu keluarga tahun ini, ziarah makam keluarga, kalau antar pulau gini sedihnya tuh disini😭😭😭

Ini harga tiket bs normal lagi gak sie kawan2? 😭
0 0
0
22-05-2019 17:06
Quote:Original Posted By bayuimade
Tong itu bukti udh bnyak, udh d kasih k bawaslu jg. Bhkan bawaslu aj udh netepin KPU salah. Tp KPU ttp ngotot melenggang tnpa hukuman


Owh bukti berdasar klipingan berita?

Ente kok mau2nya di gobloki elit nya Bowo

Quote:Original Posted By bayuimade
bata lu ga ngaruh babik, jilat sono pantat mr. jae yg curang itu. kok lu org pda seneng sm org oon dan begok yg bwt jelasin film dilan aj mutar muter ga karuan. Otak kalian terbuat dr apa? org gagal yg menyebabkan neraca dagang defisit terburuk spnjang sjarah RI akibat impor bhan pangan disaat panen raya dan utang yg ugal2an demi infrastruktur ambisius yg buat perencanaan ny aj asal2an.


Bacot
Diubah oleh kakidal27
profile-picture
nanase.yaeger memberi reputasi
1 0
1
Lapor Hansip
22-05-2019 17:08
Balasan post kakidal27
Quote:Original Posted By kakidal27


Owh bukti berdasar klipingan berita?

Ente kok mau2nya di gobloki elit nya Bowo


Thread HT jadi banyak lonjer nyasar di mari.. Kalau nasbung di BP mah udah mulai sepi emoticon-Ngakak
Diubah oleh Arzal
profile-picture
nanase.yaeger memberi reputasi
1 0
1
22-05-2019 17:11
Quote:Original Posted By Arzal
Thread HT jadi banyak lonjer nyasar di mari.. Kalau nasbung di BP mah udah mulai sepi emoticon-Ngakak


Kamprets BP ane curiga emang bayaran sih, sejak coblosan langsung senyap lho, akun2 langganan BP ilang semua
profile-picture
profile-picture
coldblacksnow dan nanase.yaeger memberi reputasi
2 0
2
22-05-2019 17:11
pantes njirr ane gak bisa buka fb dari td siang
0 0
0
22-05-2019 17:13
sejak jam 2 sore whatsapp diblokir di sebagian provider khususnya xl dan indosat. pas jam 12 siang masih bisa kirim pesan tapi kirim content sudah di blok semua.....
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
22-05-2019 17:14
wa facebook ga bsa di akses dari jam 1
0 0
0
22-05-2019 17:18
Quote:Original Posted By anditian0013
Di palembang ada kumpulan pendukung Tim 01 membunuh pendukung Tim 02 di jalan saat malam hari gak boleh disiar di TV nasional manapun bro


bukannya palembang basis 02??
0 0
0
22-05-2019 17:19
pantesan ane mau buka ig lemot lama ane buka kaskus kok lancar jaya emoticon-Ngakak
0 0
0
22-05-2019 17:22
Quote:Original Posted By dhickkrist
bukannya palembang basis 02??


Di daerah mata merah, sebelum banyuasin
Disana basis 01, kami yang lagi kerja saja disuruh pulang bro.
Diubah oleh anditian0013
0 0
0
22-05-2019 17:24
Ane aman2 ae, tinggal pakek DNS beres emoticon-Leh Uga
0 0
0
22-05-2019 17:26
Quote:Original Posted By anditian0013
Di daerah mata merah, sebelum banyuasin
Disana basis 01, kami yang lagi kerja saja disuruh pulang bro.


ya gini lah efek dri pihak yg gak mau kalah dan ambisi ngotot pengin menang.
Lupa kalau pendukung yang menang orangnya lebih banyak tapi selama ini banyakan diam. Direcokin ya gni, lama2 habis sabarnya.
profile-picture
profile-picture
coldblacksnow dan reid2 memberi reputasi
2 0
2
22-05-2019 17:26
15 Luka-luka 25 tewas di tempat, dengan luka gorokan di leher, bacokan di kepala dan bahiu, 3 warga yang mencoba lewat juga jadi korban.
0 0
0
22-05-2019 17:29
Cerita awal sih pendukung 02 cuma mau berangkat demo ke kpu palembang, mendadak dihdang lalu diserang tanpa alasan dengan senjata tajam, sedangkan pihak diserang gak bawa senjata, cuma bawa spanduk dan mobil pick up sebagai sarana ke palembang.
0 0
0
22-05-2019 17:31
gpp..soalnya tololers lagi on-fre buat sebar berita hoax,rasis dan kebencian
0 0
0
22-05-2019 17:31
Nanti sama kubu anu disebut melanggar hak berpendapat dsb dsj dll. Pemerintah bertindak ABCDEFG, pasti bisa diputer balik terus dijadiin 'bentuk kedzoliman' baru buat cuci otak. Et dah, jadi orang jgn goblok2 banget napa. Ga usah maruk gitu gobloknya diambil semua. emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh eggyeol
profile-picture
nanase.yaeger memberi reputasi
1 0
1
22-05-2019 17:36
Gara-gara segerombolan kampret, menyusahkan orang banyak.
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.