wismangan
TS
wismangan
Anies Bahas Perubahan Iklim hingga Pembangunan MRT Fase 2 di KTT U20


JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir sebagai pembicara pada pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit dan sekaligus menghadiri perayaan 20 tahun Sister City antara Jakarta dan Tokyo di Jepang. Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Gubernur Walikota Urban-20 kali ini berlangsung di Tokyo.

Anies mengatakan, pertemuan U20 ini sangat penting. Sebab ini adalah platform diskusi dari kota-kota peserta G20. “Pemimpin dari kota-kota global hadir. Jakarta juga berpartisipasi untuk terus menunjukkan, kita siap menjadi salah satu kota global di kawasan Asia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (20/5).

Rangkaian acara ini dimulai pada Senin (20/5). Anies terjadwal menjadi pembicara dalam 3 acara yang berbeda pada hari tersebut dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action sehari berikutnya. Setelah itu, dia dijadwalkan akan langsung kembali ke Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Anies akan memaparkan rencana aksi Kota Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan partisipasi masyarakat. “Seperti Program Kampung Iklim, Bank Sampah, Pertanian Kota, dan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga,” imbuhnya.

Masih dalam rangkaian pertemuan ini, Anies juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahanan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC.

Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua,” kata Anies

U20 sendiri merupakan platform diskusi diantara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan. Tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 adalah Climate Action, Social Inclusion and Integration, dan Sustainable Economic Growth.

Hasil dari inisiatif U20 adalah Communique yaitu rekomendasi konkrit kepada pemimpin G20 tentang bagaimana U20 dapat mendukung kota mengimplementasikan agenda prioritas U20. Dalam pertemuan bergengsi ini, para pemimpin kota secara simbolis akan menyerahkan Communique kepada Perdana Menteri Shinzo Abe selaku Ketua (Chair) dan tuan rumah penyelenggaraan G20 Tahun 2019.

https://www.jawapos.com/jpg-today/21...-2-di-ktt-u20/

Maju kotanya
imba.ruiner
imba.ruiner memberi reputasi
1
2.1K
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.