azis.sattarAvatar border
TS
azis.sattar
Media Asing Ramai Beritakan Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019
Washington DC - Pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) 2019. Media-media internasional pun ramai memberitakan hasil pilpres di Indonesia ini.

Pengumuman KPU yang disampaikan usai menuntaskan rekapitulasi hasil pilpres 2019 ini menunjukkan Jokowi-Ma'ruf sebagai pasangan nomor urut 01 meraup 85.607.362 suara sah atau 55,5 persen. Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai pasangan nomor urut 02 hanya meraup 68.650.239 suara sah atau 44,5 persen. Hasil pilpres 2019 ini diumumkan oleh Komisioner KPU Evi Novida Ginting dalam rapat pleno di Gedung KPU pada Selasa (21/5) dini hari.

Media terkemuka Amerika Serikat (AS), New York Times (NYT), mengulas hasil pilpres Indonesia dalam artikel berjudul 'Joko Wins Re-Election in Indonesia, Defeating Hard-Line Former General'.

"Presiden Indonesia Joko Widodo berhasil terpilih kembali, menurut hasil penghitungan suara secara menyeluruh yang dirilis oleh komisi pemilihan negara tersebut pada Selasa (21/5), dalam penolakan terhadap politik nasionalis dan agama yang membawa orang-orang kuat berkuasa di seluruh dunia," tulis NYT dalam artikelnya.

Baca juga: Penetapan Hasil Pilpres: Jokowi 55,50%, Prabowo 44,50%

Media Singapura, Channel News Asia, mengangkatnya dalam artikel berjudul 'Indonesia's Joko Widodo wins second term as president'. Channel News Asia juga membahas soal jadwal pengumuman yang dipercepat dari rencana sebelumnya.

"Komisi pemilihan diharapkan untuk mengumumkan hasil penghitungan akhir dari pemilu 17 April lalu, pada Rabu (22/5) waktu setempat di negara Asia Tenggara berpenduduk 260 juta jiwa itu. Namun di tengah kekhawatiran soal kerusuhan dan unjuk rasa jalanan sebagai respons atas hasil penghitungan, hasil resmi dirilis lebih cepat dengan sedikit pemberitahuan awal," sebut Channel News Asia dalam ulasannya.

Kantor berita Malaysia, Bernama, turut membahas hasil pilpres 2019 dalam artikel berjudul 'Jokowi wins Indonesian presidential election 2019'.

"Incumbent Presiden Joko Widodo (Jokowi) diumumkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden (pilpres) Indonesia 2019 untuk melanjutkan memimpin negara demokratik terbesar ketiga di dunia itu dalam lima tahun ke depan," tulis Bernama dalam artikelnya.

Laporan media Inggris, The Guardian, memberitakan hasil pilpres Indonesia dalam artikel berjudul 'Indonesia election: official count hands victory to Joko Widodo as rival cries foul'. "Tim kampanye penantang, Prabowo Subianto, mengeluhkan adanya kecurangan, namun analis-analis independen menyatakan pemungutan suara berlangsung bebas dan adil," tulis The Guardian dalam artikelnya.

Nikkei Asian Review membahas hasil pilpres 2019 dalam artikel berjudul 'Jokowi won vote count in Indonesian election: official result'. "Oposisi memilih waktu 72 jam untuk menantang hasil tersebut di Mahkamah Konstitusional," sebut Nikkei Asian Review dalam ulasannya.

Media terkemuka, Bloomberg, juga memberitakannya dalam artikel berjudul 'Jokowi Declared Winner a Month After Indonesia Presidential Vote'.

"Presiden Indonesia Joko Widodo memenangkan pemilu yang berlangsung sengit bulan lalu dengan selisih double-digit, hasil resmi menunjukkan demikian pada Selasa (21/5) waktu setempat, yang menempatkan mantan eksportir furnitur ini memimpin negara mayoritas muslim terbesar dunia untuk lima tahun lagi," sebut Bloomberg.

Media Australia, The Age, turut memberitakan hasil pilpres 2019 dalam artikelnya yang berjudul 'Jokowi easily wins a second term as Prabowo refuses to concede'.

"Jokow Widodo telah memenangkan periode lima tahun kedua sebagai Presiden Indonesia dengan mandat luar biasa 55,5 persen total suara sah melawan rivalnya, Prabowo Subianto," tulis The Age dalam artikelnya.

https://m.detik.com/news/internasion...m=wpm_headline

Media asing yg diundang wowo kmrn, kira2 nulis berita apa ya???
Aku jd penasaran...
Mindhaze
manutdloyalist
goonerettekw
goonerettekw dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.