News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce3502b82d4950c1970de02/harkitnas-sengkuni-diusir-dari-yogyakarta
Yogyakarta, Beritasatu.com - Masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Kawula Ngayogyakarta Hadiningrat (KNH) turut merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Senin (20/5/2019) sore. Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, mereka berupaya merangkai kembali kecintaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semangat kebangsaan atau rasa nasionalisme pada NKRI
Lapor Hansip
21-05-2019 08:11

Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta

Yogyakarta, Beritasatu.com - Masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Kawula Ngayogyakarta Hadiningrat (KNH) turut merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Senin (20/5/2019) sore.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, mereka berupaya merangkai kembali kecintaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Semangat kebangsaan atau rasa nasionalisme pada NKRI memang sudah diawali sejak era 1908, yaitu ketika berdirinya perkumpulan Budi Utomo, yang dimotori oleh Wahidin Sudirohusodo, Sutomo, dan kawan-kawan.

Spirit kebangsaan tersebut berlanjut pada 1928 dengan lahirnya Sumpah Pemuda. Dari lahirnya Budi Utomo 20 Mei 1908 itulah para tokoh menetapkan sebagai Harkitnas.

Dari perjalanan panjang sejarah negeri ini menuju kemerdekaan 1945, tiga tokoh besar Indonesia, yaitu Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno merumuskan Pancasila sebagai dasar haluan negara dan pandangan hidup bangsa yang disepakati secara bersama.

Namun, akhir-akhir ini rasa nasionalisme itu mulai terusik oleh kepentingan politik sesaat sebagai konsekuensi logis dari sebuah negara demokrasi.

Pemilihan Umum Presiden 2019 melahirkan luka-luka sejarah bagi kerukunan dan keberagaman berbagsa dan bernegara. Semangat nasionalisme kita mulai terkoyak.

Pancasila sebagai rumah besar yang menaungi pluralitas kembali dipersoalkan oleh kelompok-kelompok yang tidak menginginkan Pancasila sebagai narasi besar bangsa Indonesia.

"Berangkat dari rasa keprihatinan ini, kami masyarakat Yogyakarta, yang tergabung dalam Kawula Ngayogyakarta Hadiningrat bermaksud mengadakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai upaya merangkai kembali kecintaan pada negeri tercinta ini. Juga sekaligus mengembalikan muruah Pancasila sebagai pemersatu dan menganyam spirit pluralisme dalam kehidupan berbagsa dan bernegara," ujar koordinator KNH, Sigit Sugito, melalui keterangan tertulis kepada Beritasatu.com.

Peringatan Harkitkan dilanjutkan dengan prosesi Tundung Larung Sengkuni dari Yogya. Dalam cerita pewayangan, Sengkuni adalah tokoh antagonis yang istimewa, tetapi keistimewaannya bukan dalam hal yang positif.

Sengkuni adalah gambaran manusia yang penuh kelicikan, kebusukan, dan jahat. Walau sebenarnya Sengkuni adalah tokoh yang tangkas, pandai bicara dan penuh akal, kepandaian itu justru dimanfaatkan untuk memfitnah dan mencelakakan orang lain.

"Tokoh-tokoh Sengkuni inilah yang banyak bermunculan di negeri ini," lanjut Sigit.

Acara ini dimaknai sebagai upaya mengusir sifat-sifat sengkuni yang ada di negeri ini dan khususnya di Yogyakarta sebagai daerah istimewa yang menjunjung tinggi toleransi, pluralitas, dan kerukunan beragama. Acara ini juga dimaknai sebagai mengusir pengaruh jahat dalam masyarakat.

https://www.beritasatu.com/nusantara...ari-yogyakarta

Sengkuni aslinya diusir juga tuh...
Bikin ribut aja kerjanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:12
Dasar sengkuni !!!!


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:13
Sengkuni yang asli sedang dalam proses diusir dari alam kehidupan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:18
kirain sengkuni yang onoh dilarung di pantai selatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:19
Ndak mempan, diruwat aja mental emoticon-Cape d...

Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:24
mbah sengkuni yang itu ga dilarung..? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:34
Mbah Sengkuni dan anak-anaknya ngga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:41
Padahal udah pernah diruwat tapi ga mempan juga.....emang kudu dilarung ke laut keknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:44
wkwkwkwkw sindirannya pas banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:44
yg itu juga dilarung dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:45
sengkuni yang asli tinggal menghitung hari emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:53
Kirain yang beneran emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:57
sengkuni yg onoh dibakar aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:59
Wah mbahnya sengkuni ga bisa mewujudkan nazarnya jalan kaki dari jakarta ke jogja dong. Klo dilanjutin begitu sampe jogja langsung diusir dah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 08:59
We are rasis family
We are mamals
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 09:02
sengkuninya lg ngawal pleciden kertanegara .. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 09:04
sengkuni bakal muncul 5 tahun lagi, itupun kalau masih kuat. sekarang dah abis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 09:06
wkwkwk.... nyindir alus ala orang jawa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 09:12
Amin Raise emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 09:16
ngetrol ga kira kira emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harkitnas, “Sengkuni” Diusir dari Yogyakarta
21-05-2019 09:28
Sengkuni yg dsana ga usah di larung, tp di larutin aja ke laut emoticon-Big Grin
kasih makan Hiu
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan masdhekijunior memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia