jpnn.comAvatar border
TS
jpnn.com
Massa Aksi 22 Mei 2019 Barisan Sakit Hati, Hahaha

jpnn.com, JAKARTA- PDI Perjuangan meyakini massa yang hadir dalam aksi unjuk rasa di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019, merupakan barisan sakit hati.

Menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dinamika politik pascapemilu serentak 17 April 2019 biasa terjadi, di mana ada pihak-pihak yang kecewa dan belum menerima kekalahan.


Kemudian, kata Hasto, mencoba membuat gerakan menghasut rakyat, yang dipastikan tidak akan efektif karena bertentangan dengan kultur bangsa yang cinta damai, toleran, dan punya tradisi musyawarah untuk menyelesaikan setiap perbedaan.

"Politik nasional aman dan terkendali. Demikian halnya sistem dan mekanisme hukum negara, mampu menindak siapa pun yang mengganggu ketertiban umum," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Senin (20/5).


Hasto menyebutkan, apa yang telah ditunjukkan rakyat dengan hadir ke TPS secara masif, penuh kegembiraan dan dengan partisipasi yang tinggi, menunjukkan prinsip kedaulatan rakyat bekerja dengan baik.

"Partisipasi pemilih mencapai di atas 80 persen. Itulah yang menjadi basis legalitas dan legitimasi tertinggi kepemimpinan Jokowi-KH Ma'ruf Amin," kata dia.


Politikus asal Yogyakarta ini menambahkan, pihaknya percaya apa yang terjadi saat ini merupakan bagian dari pendewasaan demokrasi. "Mereka yang mau bertindak inkonstitusional akan berhadapan dengan hukum negara dan kekuatan rakyat itu sendiri," jelas dia.

PDI Perjuangan menegaskan tidak akan melakukan konsentrasi massa pada tanggal 22 Mei 2019 tersebut.



"Massa riil itu, ya, rakyat sendiri, itulah kekuatan penopang kekuasaan yang sejati. Puncak rekapitulasi nasional tersebut harus menjadi bagian instrumen peningkatan peradaban demokrasi Indonesia," tandas Hasto.

(tan/jpnn)

Berita Terkait







7 Pernyataan Penting Sekum PP Muhammadiyah terkait 22 Mei 2019



Diubah oleh KASKUS.HQ 20-05-2019 07:24
scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
7.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.