pelindungsapi
TS
pelindungsapi
Pembakaran patung Buddha warnai Waisak di Mojokerto


Jakarta - Prosesi pembakaran patung Buddha mewarnai peringatan Hari Suci Waisak 2563 `Buddhist Era (BE) 2019` di Maha Vihara Mojopahit, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur sejak Minggu (19/5) dini hari pukul 02.00 WIB.

Ketua Yayasan Lumbini yang menaungi Maha Vihara Mojopahit, Rudy Budiman, menjelaskan Hari Suci Waisak pada intinya terdiri dari tiga momen, yaitu pertama adalah kelahiran Buddha, kedua pencapaian penerangan sempurna dan ketiga adalah `parinnibana` atau wafatnya Buddha.

Peringatan detik-detik peringatan Waisak di lingkungan Maha Vihara Mojopahit, lanjut dia, menggambarkan tiga momen tersebut, yaitu diawali dengan berdoa bersama sambil berjalan kaki bersama segenap jamaah mengelilingi lokasi Maha Vihara Mojopahit.

"Setelah itu kami memandikan Buddha. Dilanjutkan dengan memperingati pencapaian penerangan sempurna," ujarnya kepada Antara.

Dia mengungkapkan, Waisak tahun ini jatuh tepat pada pukul 04.11 WIB. Setelah melewati detik-detik waisak tersebut kemudian dilakukan prosesi pembakaran patung Buddha yang terbuat dari kayu.

"Ini juga baru pertama kali di Indonesia atau bahkan di dunia. Kalau dinilai ada manfaatnya, bisa jadi prosesi pembakaran patung Buddha seperti ini akan rutin dilakukan pada peringatan Waisak selanjutnya, untuk menambah kekhusyukan," ungkapnya.

https://elshinta.com/news/175845/201...k-di-mojokerto

Kok dibakar? emoticon-Mewek
rizaradrikakekane.celllampumalem
lampumalem dan 9 lainnya memberi reputasi
10
10.2K
140
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.