• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Fakta Atau Mitos, Bahan Bakar Pengaruhi Performa Kendaraan ?

bej0corner
TS
bej0corner
Fakta Atau Mitos, Bahan Bakar Pengaruhi Performa Kendaraan ?


Hallo-hallo gansist, akhir-akhir ini banyak sekali forum kendaraan khususnya di facebook yang membahas merosotnya performa motor atau mobil padahal baru beberapa bulan dibeli.

Bahkan ada yang menyampaikan secara bergurau, “cicilan aja masih dua tahun, eh motor udah leletnya minta ampun”. Ini sih yang dinamakan maju kena, mundur juga kena.

Setelah ramainya obrolan yang mulai menjurus ke pembuatan “petisi” untuk menuntut pabrikan memberikan solusi atas masalah yang dialami, eh tiba-tiba ada malaikat tak bersayap berkomentar “itu mungkin karena bahan bakar yang bangbro pilih salah”.

Jujur saja tulisan tersebut membuat saya terhenti sejenak, mencoba mencerna benar tidak ya ? kembali membuka buku catatan tentang otomotif yang dulu pernah saya pelajari di sekolah.

Memang ada kaitan antara bahan bakar dengan mesin, cobah deh gansist pikirkan secara logis saja, motor atau mobil atau mesin bisa berjalan karena adanya bahan bakar yang dipompa didalam mesin. Betulkan ? pertanyaannya sekarang, kenapa mesin yang sama dengan spek yang juga sama memiliki power ledakan yang berbeda.

Jawabannya adalah karena kualitas bahan bakar yang digunakan, ada beberapa syarat yang perlu dimiliki suatu bahan bakar untuk dikategorikan dalam bahan bakar yang baik atau tepatnya sih direkomendasikan.


Pertama adalah Performa

Jelas dong sampai disini karena pembahasan yang sedang kita pelajari adalah performa mesin jadi menurun. Banyak sekali jenis bahan bakar yang ada saat ini.

Bahan bakar memang dibuat secara bermacam-macam untuk memberikan sebuah pilihan ke masyarakat, tentu kalau dipukul ratakan ya hancur dek dompet abang.

Bahan bakar sangat mempengaruhi performa pada mesin itu sendiri, makannya di bahan bakar sering banget disangkut pautkan dengan yang namanya oktan.

Semakin besar oktan maka semakin besar pula performa yang terlontarkan, gansist sih bisa banget baca pembahasannya tentang pengaruh oktan dengan mesin disini.

Performa tinggi pada bahan bakar membuat pembakaran jadi lebih baik dan sempurna sehingga tidak akan terjadi yang namanya detonasi atau pengendapan kotoran didalam mesin.


Kedua adalah Self Cleaning



Bahan bakar harus memiliki kemampuan membersihkan mesin, hal ini sangat berpengaruh pada keawetan komponen mesin itu sendiri, kemudian masalah yang timbul seperti knalpot meledak-ledak karena banyaknya kerak dari hasil pembakaran didalam mesin.

Salah satu pembersih bahan bakar yang mulai dipercaya publik saat ini adalah DYNAFLEX yang bisa gansist temui di bahan bakar milik Shell V-Power yang mampu membersihkan 3x molekul, sehingga membuat mesin kendaraan jauh lebih bersih

Ketiga adalah Efisiensi

Percuma kalau berperforma dan mampu membersihkan tapi boros, bisa-bisa dompet jadi kembang kempis dan dapur tidak mengepul lagi dong ya gansist wkwkw.

Bahan bakar juga perlu memiliki poin efisiensi sehingga selain aman pada mesin tentunya dengan efisiensi bahan bakar dompet pun juga akan aman.

Keempat Adalah Gesekan

Bahan bakar yang masuk kedalam mesin adalah campuran dari udara dan juga bahan bakar itu sendiri, nah nantinya campuran inilah yang akan bergesekan baik dengan piston, connecting rod maupun juga pada dinding silinder.

Tahukan gansist suhu didalam saat proses pembakaran itu benar-benar panas, seperti halnya gansist masuk kekompor raksasa yang isinya full dengan api, nah kalau bahan bakar tidak memiliki tingkat gesekan yang kecil.

Wah bisa-bisa motor kita cepet banget ngobos, sepengalaman saya sih selama menggunakan Shell V-Power selama ini, motor sekaliber Jupiter Z keluaran tahun 2004 aja mesinnya masih awet dan bisa diajak buat gass poll.

Nah itu tadi 4 poin yang perlu dimiliki sebuah bahan bakar, pertanyaannya apakah bahan bakar mempengaruhi performa mesin kendaraan. Jawabannya iya gansist.

Teknisnya sudah saya jelantrahkan di 4 poin yang ada diatas, namun mudahnya begini kalau salah satu orang makan dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna sementara yang satu lagi hanya makan nasi plus tempe dengan minum hanya air putih, kalau diajak lari kuat siapa ?

Begitu juga bahan bakar gansist, mesinnya sih sama tapi bahan bakar yang digunakan berbeda ya jelas dong larinya juga bakal berbeda.

Nah kalau gansist sendiri pernah mengalami hal yang sama ? kendaraannya mereknya sama tapi larinya beda ? Ada yang suka pake Shell V-Power juga ? kalau ada share dikolom komentar ya gansist, siapa tahu pengalaman gansist bisa jadi jalan keluar pembaca lainnya.

Sumber Tulisan : Tulisan sendiri Mas Bejo

Sumber Gambar : Google
Diubah oleh bej0corner 16-05-2019 22:28
sihasbismartfirmanhakikiwebazidqi
azidqi dan 4 lainnya memberi reputasi
3
9.2K
133
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.