• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ornamen Bergaya Islam Ini Detailnya Bikin Takjub, Nih Kalau Nggak Percaya!

iskrim
TS
iskrim
Ornamen Bergaya Islam Ini Detailnya Bikin Takjub, Nih Kalau Nggak Percaya!


[ HT# 494 ]

Tidak banyak orang mengetahui apa itu aliran seni Arabesque atau jika di Indonesia kan menjadi seni ornamen Islam, yakni bentuk relief yang artistik pada permukaan bentuk di benda padat maupun benda permukaan datar yang membentuk alur garis, lengkungan dan sudut menjadi suatu seni yang indah.

Ornamen Islami ini biasanya paling banyak kita temui di dinding-dinging masjid, dan beberapa bagunan arsitektur yang bernuansakan Islam. Dan biasanya pola atau relief yang paling populer dan banyak di gunakan adalah motif geometris Zillij yang biasanya berciri khas pengulangan ornamen dan mirroring atau saling berhadapan dengan pola yang sama dan bertemu pada alur yang tersusun dengan rapih. Sedangkan motif Zillij ini asal-muasalnya berasal dari negara Maroko yang kental akan budaya Arab, Eropa, dan Berber.




'arabesque'



Coba kita perhatikan seni artistik bergaya Islami karya Eric Standley di bawah ini. Dia membuatnya dengan lebaran-lembaran kertas. Untuk mendapatkan detail yang terperinci dan warna yang indah Eric Standley di bantu dengan software komputer kemudian memotongnya dengan bantuan sinar laser.


Hasilnya sangat indah, detail dan unsur ke dalaman semakin terlihat manakala pola-pola yang terbentuk memiliki unsur kedalaman yang pada akhirnya memunculkan visual yang menarik untuk di lihat.


Untuk membuat satu karya Eric Standley biasanya menghabiskan sebanyak seratus lembar kertas dengan waktu yang cukup lama. "Meski ini di bantu dengan teknologi komputerisasi tapi ketelitian dan presisinya benar-benar harus saya perhitungkan dengan matang, cukup lama untuk menghasilkan satu buah karya ini," ujar Eric Standley.


"Untuk mendapatkan bentuk ornamen seperti ini ide banyak saya dapatkan dari pola hiasan pada jendela kaca patri anggrek serta arsitektur Gotik dan Islam."


Coba kita perhatikan lebih dalam dan cermat, detailnya sangat luar biasa, nyaris sempurna tanpa cela. Bagian tersulit pun mampu dia wujudkan dengan amat presisi. Sudut kemiringan dan pola lengkungan di sudut yang sulit di jangkau oleh alat manual bisa dia tembus.


Ya, meski karya Eric Standley menjadi salah satu yang terbaik dengan karya komputerisenya tapi jangan lupa di negeri kita tercinta juga banyak yang memilki keahlian yang tak kalah bagus dan indah, terlebih lagi dibuat secara manual.


Siapakah dia, dia dan mereka adalah seniman ukir asal Jepara dan Bali juga tak kalah keren! Cobalah perhatikan hasil karya mereka di bawah ini.



Ya, mereka dengan bantuan pahat lengkung/penguku, pahat lurus/ penyilat, pahat col, pahat V/sisir/coret, pahat pengot, mereka dengan tekunnya menghasilkan sebuah maha karya yang realis yang indah.








Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: twoeggz | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 17-05-2019 11:08
eyefirst2Siwienona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
7.4K
66
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.