azis.sattarAvatar border
TS
azis.sattar
Polisi Selidiki Video 'Tutup KPU' Diduga Eks Danjen Kopassus
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menyelidiki video viral di media sosial yang menampilkan sosok diduga mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Denjan Kopassus) Mayjen TNI (Purn) Soenarko. Sosok itu tengah bicara soal mobilisasi massa untuk "tutup KPU, Istana, dan DPR" pada 22 Mei.

Dalam video tersebut, pria diduga Soenarko, yang berkumis tebal dan berpakaian kemeja lengan pendek merah marun, duduk di kursi di belakang meja bundar. Ia tampak tengah berbincang dengan orang lain yang tak terlihat wajahnya.

Lelaki itu kemudian melontarkan soal rencana aksi mengepung KPU pada saat hari penetapan penghitungan suara Pemilu 2019 pada 22 Mei.


"Di situ kita cuma duduk, kita duduk, ya tutup, diharapkan kalau tanggal 20 baru datang 100 ribu, tanggal 21-nya sudah jadi 500 ribu, satu juta, maka kita kalau habis ini pulang ke daerah bisa mungkin merancang itu, kita rancang itu," tutur Soenarko dalam video.

"Nanti kalau tanggal 22 diumumkan, kalau Jokowi menang, yang kita lalukan tutup KPU, tutup, kemudian mungkin ada tutup Istana dengan DPR, Senayan, kita enggak ada ke Monas, tapi dalam jumlah besar, kalau jumlah besar polisi juga bingung," kata Soenarko dalam video itu juga.

"Kalau nanti kebetulan diumumkan 02 ya kita syukuran aja di situ," ucap Soenarko.

Terkait video itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan saat ini Direktorat Siber Bareskrim Polri tengah menganalisis soal kebenaran video tersebut.

"Sudah saya informasikan ke Direktorat Siber, masih dilakukan analisis," kata Dedi di Mabes Polri, Rabu (15/5).

Selain itu, dikatakan Dedi, pihaknya juga menunggu laporan dari masyarakat terkait video tersebut.

"Masih ditunggu (pelaporan), jadi setiap ada dugaan peristiwa seperti itu, Direktorat Siber lebih banyak menganalisis terlebih dahulu," tuturnya.

Soenarko diketahui pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus pada tahun 2007-2008. Ia diketahui juga pernah menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda pada tahun 2008-2009.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...anjen-kopassus

Siap2 aje lu tong...
0
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.