alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd4dd84a2d1955b2b14a1d1/andre-taulani-ahok-dan-mereka-yang-terjarat-kasus-penistaan-agama
Lapor Hansip
10-05-2019 09:10
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama
Past Hot Thread
Kasus penistaan agama rasanya sudah sering terjadi di Indonesia, dari mulai ucapan yang spontan hingga perbuatan bisa dilaporkan menjadi perkasa penistaan agama.

baru-baru ini seorang komedian Andre Taulany, dilaporkan oleh kelompok PA 212, karena bercandaanya di suatu show televisi yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW. Meskipun secara pribadi Andre Taulany sudah meminta maaf, namun kasus ini masih dilanjutkan ke proses hukum oleh pelapor.

Kasus penistaan agama seperti Andre Taulany rasanya sudah sering terjadi di Indonesia, tercatat kasus penistaan agama pertama kali terjadi pada tahun 1968, namun akhi-akhir ini setelah kasus penistaan agama oleh Ahok pada tahun 2016, seringkali terjadi pelaporan tindakan penistaan agama oleh suatu kelompok, meskipun itu adalah masalah sepele, dan berikut TS sampaikan beberapa kasus penistaan agama yang pernah terjadi di Indonesia..

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama


1. HB Jassin, Menggambar Tuhan di Cerpen (1968)
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama



Quote:Kasus Penistaan Agama pertama kali terjadi pada tahun 1968, saat itu sastrawan HB Jassin mengambarkan sosok Tuhan, Nabi Muhammad dan malaikat Jibril pada cerpen karangannya yang berjudul "Langit Makin Mendung". 
Akibatnya kantor HB Jasin Bekerja diserang massa, Meskipun HB Jassin mengaku salah dan meminta maaf, namun HB Jassin tetap diproses hukum, dan mendapatkan hukuman 1 tahun percobaan.



2.
Arswendo Atmowiloto, Survei Tokoh PIlihan Yang Berujung Laporan Penistaan, 1990
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:Pada Tahun 1990, Tabloid monitor merilis survei tokoh-tokoh yang dikagumi oleh para tabloid monitor, hasil survei menempatkan presiden saat itu Soeharto ada diurutan pertama, sedangkan Nabi Muhammad SAW berada diurutan 11. Hasil tersebut kemudian memunculkan kontroversi dikalangan masyarakat Indonesia. Hingga akhirnya pimpinan redaksi survei, "Arswendo Atmowiloto dilaporkan ke hukum dan divonis bersalah dengan hukuman 5 Tahun penjara, namun setelah banding hukumannya menjadi 4 tahun 6 bulan.



3. Rusgiani, Ibu Rumah Tangga yang Harus Dibui 14 Bulan 2012

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:Seorang ibu rumah tangga di Bali, harus rela mendapakan hukuman 14 bulan penjara, akibat ucapannya, yang menyebut canang atau tempat menaruh sesaji dalam upacara keagamaan umat Hindu dengan kata-kata najis. Kasus bermula saat Rusgiani bersama tiga temannya, melewati rumah dengan canang yang diletakan didepan rumah tersebut, secara spontan Rusgiani menyebut Tuhan tidak akan datang kerumah ini karena canang yang ada didepan rumah tersebut kotor dan bikin jijik. akibat perkataan tersebut ibu rumah tangga 44 tahun itu, harus rela dipenjara selama 14 bulan oleh PN Denpasar, Bali.


4. Abraham Sujoko, Menghina Agama Islam Lewat Video Youtube (2013)

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama


Quote:Desember tahun 2013, seorang pria dari Dompu, NTB membuat sebuah pidoto ayng diupload di kanal Youtube, Dalam Pidato tersebut terdapat kalimat yang menyatakan bahwa ka'bah hanyalah batu berhala yang disembah orang islam. Akibat video tersebut, Abraham Sujoko dilaporkan oleh masyarakat setempat hingga pada akhirnya pengadilan memvonis dia melanggar Pasal 156a KUHP atau Pasal 27 Ayat 3 UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan dijerat hukuman 2 tahun penjara.


5. Ahok, Terjerat Kasus Penistaan Agama Karena Mengkutip Ayat Al-Quran (2016)

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok harus rela dibui 2 tahun akibat mengkutip salah satu ayat Al-Quran saat berpidato didepan masyarakat di Kepulauan Seribu, Jakarta. pada saat itu Ahok menyebutkan bahwa masyarakat kepulauan Seribu jangan mau mau dibohongi dengan tidak pemilihannya karena surat Al-Maidah Ayat 51. 
Akibat ucapan tersebut, Ahok divonis hukuman 2 tahun penjara oleh pengadilan negeri jakarta.


6. Meiliana, Mengkritik Volume Toa Masjid Yang Terlalu Keras. (2016)

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:Kasus Meiliana merupakan kasus penistaan agama yang sempat menjadi perhatian media lokal dan asing. Kasus bermula  pada juli 2016, saat Meiliana menyampaikan ke salah seorang jemaah masjid dengan kalimat "Kak, tolong bilang sama uak itu, kecilkan suara masjid itu kak, sakit kupingku, ribut,". Namun setelah ucapa tersebut disampaikan, justru menjadi polemik dilingkungan masyarakat Tanjung Balai, hingga akhirnya MUI Tanjung Balai memustuskan Meiliana melakukan perendahan dan penistaan terhadap agama Islam, dan mendukung meiliana diproses secara hukum. Hingga pada akhirnya Meiliana dihukum 18 bulan penjara setelah MA menolak banding yang dilakukannya.


Saat ini, Nampaknya kasus penistaan agama akan kembali mewarnai pemberitaan di Indonesia, hal ini tidak luput dari kasus yang baru-baru ini menjerat komedian Andre Taulany. Secara resmi kelompok PA 212 melaporkan Andre Taulany ke kepolisian atas ucapannya yang dianggap menghina nabi Muhammad SAW disalah satu acara televisi. 
Secara tidak langsung, kasus-kasus diatas mengingatkan kita, bahwa di era sekarang kita harus berhati-hati dalam berucap apalagi terkait unsur sara. Meskipun dalam kondisi bercanda pun, ucapan-ucapan tersebut bisa saja menjerat kita karena ada kelompok tertentu yang tersinggu.
Kita tentu juga masih ingat kejadian puisi ibu rahmawati, materi stand up ge pamungkas dan joshua, hingga video masak-masak tretan muslim dan coki yang kemudian banyak diprotes beberapa kelompok, meskipun perkara tersebut tidak menjadi perkara hukum, namun hal tersebut mengingatkan bahwa kalimat-kalimat yang mengandung unsur sara sangat sensitif dan dapat menyebabkan ketersinggunagan pihak-pihak tertentu..
Yah, semoga berkah bulan ramadhan kali ini, juga bisa menguatkan persaudaraan dan toleransi kita terhadapa antar suku dan agama, sehingga kasus kasus seperti diatas tidak terulang kembali di kemudian hari. 



:terimakasih:terimakasih



sumber referensi : disini dan ini
s
umber gambar : google.com dan detik.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 8
16-05-2019 00:18
Quote:Original Posted By vasilias
Ooo gitu, ane kira taoisme krna ane pernah nonton tentang mental orang Jepang
Kalo dibilang mereka kan makan segalanya, nah jadj hewan dan tanaman yang nantinya jadi makanan itu kan mahkluk hidup
Nah karena mereka bakalan dimakan kita tu harus menghargai makanan karena kita dah ngambil hidup mereka buat kita

Makanan aja digituin apalagi sesama

Tpi ya ane gtw apa itu dari taoisme ato skedar pemikiran mereka


Ya mirip2 lah walau yg ini cuma dri kesadaran hati bray.
emoticon-Salaman
0
16-05-2019 00:26
Quote:Original Posted By gagoblokgabener
Gk kyk dlu ya bsa becanda "ejek2" agama tmen tp endingny bsa ketawa bareng


Iya gan , dlu kyanya bercanda SARA itu biasa aje

Skrang jd sensitif

Tapi sbenarnya hal kya gini gk d indonesia aja

Di luar juga mulai kya gitu
profile-picture
profile-picture
gagoblokgabener dan capt.sabaru memberi reputasi
2
16-05-2019 00:28
pasal karet
0
16-05-2019 00:28
Agama dihina, tidak membuat agama tersebut menjadi hina

Kasus2 penistaan agama ini, tidak perlu lah sampai ke bui, cukup minta maaf saja jika memang ada yg tersinggung,

Manusia tempatnya salah, saling memaafkan jauh lebih baik, daripada membuikan orang lain
profile-picture
deniyok memberi reputasi
1
16-05-2019 00:29
Quote:Original Posted By longneversee
Agamanya alam bray. Konsepnya kayak gini.
Hargai hubungan kita dengan tuhan dan semua manifestasinya (Gaia. bumi, udara, api, air, logam).
Hargai hubungan kita dengan sesama manusia.
Hargai hubungan kita dengan semua ciptaan tuhan (binatang & tumbuhan).
Kalau ga mulai dri diri sendiri siapa yg mulai dong?
emoticon-Salaman


Kaya konsep Tri hita karana d hindu bali dunk ya

Hubungan baik dngan tuhan
Hubungan baik dengan sesama manusia
Hubungan baik dengan mahluk lain ( hewan dkk )
profile-picture
capt.sabaru memberi reputasi
1
Lapor Hansip
16-05-2019 00:33
Balasan post kingoftki
byknya kasus terorisme mmg didominasi sma muslim sih.. itu udh rahasia umum
jd masyarakat dunia ambil kesimpulan islam=teroris

ane gk ngebantah survei krn mmg itu adanya.. tp klu dilihat lg smuanya krn ditunggangi politik(ada keuntungan di baliknya.. contohnya 212 misalnya)

politik issue sensitif itu utk mmbagi kerumunan yg sepikiran mnjadi beberapa blok.. kyk kita skrng ini
dlu pas jaman sby.. gk ada istilah cebong - kampret

skrng kita sperti terbagi utk menjagokan jokowi atw wowo..
keuntungannya politik pecah belah? search aja digoogle emoticon-Ngakak

yg pasti 1 dikorbankan utk dpt kesempatan..
0
16-05-2019 00:37
Quote:Original Posted By rahmatarif90
Ben kapok Agama Ki udu nggo candaan opo guyonan ...agama ki kudu di hormati sling respect Ben damai ayem lan tentrem Negoro iki .


lha piye gan kui kasus meliana mung sambat toa masjid volume nya terlalu besar. malah di grebek warga akhire di penjoro. opo ne sing iso di respect gan.
udu agama ne leng di hormati, manusia kui nyembah Gusti Allah, udu nyembah agama ne. nek koyo ngene iki yo percuma ndue agama nek akal sehat nggo nglakoni perintah nabi ora dilaksanake.
baru² iki yo eneng ormas lengkap pakaian jubah putih njaluk sumbangan nang indomaret. di kei sewu malah nyolot nesu² cocote hujatan kabeh. padahal yo sesama umat muslim kui. wes ra nggenak kabeh.
Diubah oleh Ryuzaki8
profile-picture
profile-picture
ganha dan aafkolpodere memberi reputasi
2
16-05-2019 00:56
agama terus yang digodok, agama itu ditegakkan dengan ibadah bukan malah terus cuma membela dengan mudah menuding orang menista
buat apa membela dari luar kalo dari dalamnya sendiri tidak ditegakkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganha dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
16-05-2019 01:05
Balasan post lontongpecell
Bisa jadi bre emoticon-Ngakak (S)
Satu hal lagi klau bercanda tentang agama usahakan liat sekitar ada yg ngerekam atau ngga
0
16-05-2019 01:07
ini aman aja gan emoticon-Wkwkwk





emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


eeeehhh si anu sih ya emoticon-Cape deeehh
0
16-05-2019 01:14
Quote:Original Posted By kazuraba
ane mah simple aja. kalau bukan kapasitasnya jgn ngomong. diem lebih baik. ga cuma agama, dalam hal apapun juga gitu

dan lagi kalau ngomong bercanda pake embel embel agama, emang dah kehabisan bahan buat candaan lain? emoticon-Bingung

kekurangan orang indonesia itu ga mampu nahan tangan ama mulutnya baru deh nyesel dibelakang emoticon-Shakehand2 gausah jauh jauh soal hukum, berapa banyak kita salah ngomong sampe bikin temen / kerabat sakit ati?

skrng orang yg bukan bidangnya bisa ngomong apa aja gan, maklum kuota internet murah..pake free.facebook aja jg bisa... emoticon-Leh Uga
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
16-05-2019 01:21
sayang andre dukung 01,coba dukung 02 sepert ustadz muallaf effendi ga akn d laporkan,
profile-picture
liee memberi reputasi
1
16-05-2019 01:23
Quote:Original Posted By 2V7
ini aman aja gan emoticon-Wkwkwk





emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


eeeehhh si anu sih ya emoticon-Cape deeehh


mungkn dia dukung 02 sperti rocky dan ustadz muallaf effendi
profile-picture
liee memberi reputasi
1
16-05-2019 03:06
kaum miramar mah suka2
0
16-05-2019 03:12
semua buat pelajaran aja lah supaya gak kejadian ama sy
0
16-05-2019 03:13
Ada penyanyi yang terjerat kasus itu gak?
0
16-05-2019 03:43
Jaman dikit2 orang sakit ati ya skr + mabok agama emoticon-Ngakak
0
16-05-2019 04:02
Kebanyakan sih masalah politik emoticon-Hammer2 pasti ada aja yg dilaporin walau salahnya cuma dikit emoticon-Hammer2 coba ga ada sangkut pautnya sama politik pasti ga akan di laporin emoticon-Hammer2
0
16-05-2019 04:14
Quote:Original Posted By scott.i
begitu sakralnya "Agama", hingga kita lupa kalau Mengasihi Sesama Manusia adalah inti dr ajaran semua "Agama"...!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By doombringer2211
Dari dulu atheis udah sering banget kata2in Kristen ampe Yesus aja dijadiin olokan di Eropa dan Amerika, tapi semua pada biasa aja. Tapi akan beda cerita kalau yang dijadiin bahan olokan agama Islam. Percayalah, tu orang langsung bakal diviralin sama leftist. Bahkan mungkin yang Muslim pada biasa aja.


Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama


Agama adalah candu bagi masyarakat , ~Karl Marx emoticon-Cool

emoticon-No Sara Please
Diubah oleh unityy
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan nowbitool memberi reputasi
2
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.