andretarinaAvatar border
TS
andretarina
“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking



Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh emoticon-Blue Guy Peace

Welcome di Thread sederhana ane gan emoticon-Traveller


Hay hay warga kaskuser sekalian apa kabar nih? yang puasa masih puasa ga nih? jangan diem2 mokel di kamar dah tu emoticon-Wink
Btw ane kembali nih, untuk sekedar sharingan thread sederhana ane. Kali ini ane kembali dengan tema Viking hehe. Nah kalo tempo hari ane sharing tentang kehidupan normal Viking which is kalianbisa check di mari, nah kali ini we pengen sharingan tentang salah satu sisi kelam mereka check this out emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Viking merupakan sekian daripada banyak peradaban yang terkenal di seantero dunia. Dunia mencatat mereka sebagai orang-orang yang kuat dalam hal penjelajahan, kekeluargaan, hingga kerasnya kehidupan alam yang mampu mereka hadapi. Sementara itu disisi lain tidak dapat di pungkiri salah satu yang menyebabkan pamor Viking yang begitu dikenal dunia adalah bagaimana mengerikannya mereka di medan perang, dan salah satu hal kelam yang memberikan mereka pamor mengerikan itu adalah adanya prajurit semi penyihir yang disebut sebagai “Berserker” emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Nah apa itu "BERSERKER"?

Sejarah sendiri mencatat “Berserker” adalah sebutan untuk individual atau sekelompok prajurit semi penyihir dari Nordik yang mampu memasuki tahap “Liar, gila, dan tidak terkendali” ketika memasuki medan perang. Mengakibatkan mereka memiliki kekuatan luar biasa, tidak memiliki rasa takut, hingga animalistic.

Nah disini ane uda ngelist tentang apa-apa saja fakta kelam daripada prajurit yang di sebut “Berserker” ini. Have a good read. emoticon-Add Friend (S)


1. Memasuki medan perang tanpa busana, kecuali berselimut kulit binatang


Umumnya peradaban terkenal seperti Roma contohnya, memiliki prajurit kelas berat bernama “Praetorian Guard” yang menggunakan Armor berat nan mumpuni yang sangat berguna sebagai perlindungan dalam medan perang. Namun percaya atau tidak hal ini benar-benar berbanding terbalik dengan prajurit kelas berat Viking yang dikenal sebagai “Berserker”. Para Berserker ini diketahui memasuki medan perang hanya berselimut kulit binatang, yang biasanya dari kulit serigala hingga beruang. Bersenjatakan pedang, dan tameng – yep tanpa celana – aneh tapi begitulah nyatanya. Kata-kata “Berserker” sendiri berasal dari bahasa Norse kuno “serk” yang artinya mantel, dan “Ber” yang artinya beruang. emoticon-Mad (S)



2. Hidup sebagaimana predator hutan


Sebagaimana anggota daripada penyihir tersembunyi kebakanyakan, para Berserker ini memperoleh kekuatan mereka daripada latihan-latihan ritualistik yang tentunya dijalani biasanya didalam hutan-hutan lebat yang tidak berpenghuni. Latihan gila ini termasuk isolasi ekstrim, berpuasa, bertahan didalam cuaca panas dan dingin yang brutal, hingga bertahan dari serangan sekelompok orang bersenjata. Para Berserker ini biasanya hidup sebagaimana binatang totem yang mereka percaya. Jika kalian seorang Viking dan sedang menjelajah hutan, maka kalian akan merasa tidak ada bedanya ketika berhadapan dengan beruang liar ataupun berserker tanpa busana. emoticon-Najis (S)


3. Memasuki medan perang dalam keadaan "Gila"


Sejarah mencatat bahwa umumnya sebelum memasuki medan perang. Para Berseker ini akan melakukan ritual yang memberikan mereka efek – berubah menjadi binatang buas – yang disebut dengan Berserkgang.
Kondisi bernama Berserkgang ini tidak hanya membuat mereka seakan menjadi gila perang, lebih daripada itu kondisi ini mampu membuat mereka melakukan hal-hal yang diluar akal sehat manusia. Kondisi ini biasanya dimulai dengan tubuh yang menggigil, wajah yang memerah, gigi yang bergemerutuk, yang kemudian memberikan mereka kemarahan tanpa batas, kekuatan luar biasa hingga keadaan sebagaimana binatang buas yang marah, membabat habis siapa pun yang saat itu berada di hadapan mereka. Yang lebih mengerikannya lagi dalam kondisi ini, para berserker biasanya tidak mengenali diri mereka sendiri, seakan-akan kemanusiaannya telah hilang seluruhnya berganti dengan lolongan serigala selama perang berlangsung. Gila pisan euy emoticon-Nohope


4. Mengkonsumsi Jamur aneh sebelum perang, hingga menderita Skizophrenia


Banyak sejarawan menduga bahwa para berserker memperoleh kemampuan aneh mereka daripada konsumsi sejenis jamur sihir dan alkohol yang tidak terkira banyaknya. Sementara teori lain menyebutkan bahwa penggunaan jamur tertentu yang dibarengi dengan komsumsi alkohol yang tidak terkendali mampu menimbulkan efek sebagaimana “Kemarahan Berserker” sebagai contoh hysteria, epilepsy, penyakit mental, hingga genetik. Lel ini nyewa orang gila ke medan perang ato gimana yak emoticon-Amazed


5. Para Berserker memakan tameng sendiri sebelum membantai musuh


Apa hal aneh yang dirasakan ketika kalian memasuki tahap gila hingga tidak mengenali diri sendiri? Yah salah satunya tameng perang akan terlihat seperti beef steak siap santap. Para Berserker ini benar-benar ditakuti dalam medan perang hingga mereka dikatakan kebal daripada senjata tajam, api, hingga besi lainnya. Salah satu puisi kuno mencatatkan tentang salah satu Berserker :
Sebagaimana Iblis yang mengambil jiwa, orang itu dengan gilanya mengunyah dan menelan ujung-ujung daripada tamengnya. Sedikit demi sedikit hingga tameng itu habis tidak bersisa. Berikutnya entah itu manusia atau hewan buas menyerbu kedalam medan perang, mengayunkan pedangnya dengan liar dan menebas leher tiap-tiap musuhnya. Entah kemarahan ini berasal dari perang ataukah kemarahan jiwanya sendiri.


6. Tujuan sebenarnya adalah benar2 berubah menjadi "Hewan Buas"


Berserker sebenarnya sudah melakukan lebih dari cukup untuk sekedar mengintimidasi musuh di medan perang. Tapi itu semua masih tidak cukup – setidaknya menurut mereka – Berserker benar-benar bertujuan untuk mengubah tidak hanya secara emosional tapi juga fisik mereka menjadi binatang buas layaknya beruang atau serigala. Sebagaimana kehidupan hutan yang mereka jalani, hingga keberhasilan memasuki “kesadaran seekor binatang buas”. Salah satu ritual terakhir Berserker sendiri adalah meminum darah daripada beruang ataupun serigala liar. Salah satu cerita rakyat kuno Viking Skallagrimsonar mencatatkan Raja Hrolf’s sendiri benar-benar memiliki seorang prajurit manusia-beruang di sisinya sebagai perwujudan seorang Berserker.


7. Berguna sebagai "Shock Therapy" bagi musuh


Apa hal paling menakutkan yang dapat dijadikan hadiah untuk musuh selain daripada shock therapy yang dilakukan sekelompok manusia yang terlihat layaknya binatang buas yang siap menerkam? Raja-raja Skandinavia seperti Harald dan Halfdan menggunakan Berserker sebagai sarana untuk shock therapy bagi musuh. Hal ini memberikan dua keuntungan tersendiri. Pertama dapat membuka jalan bagi pasukan setelahnya, dan kedua dapat menebar terror dan ketakutan tersendiri di hati para musuh.


8. Terlalu brutal hingga Viking sendiri harus menghapuskan keberadaannya


Harald Faifhir (850 – 932) diketahui sebagai raja pertama Viking yang menggunakan jasa para Berserker baik menjadi penjaga setianya maupun pasukan perangnya. Namun dikarenakan kebrutalan di luar batas, dan terlalu sulit untuk di kendalikan maka peraturan kuno Viking mulai perlahan-lahan menghapuskan keberadaan daripada Berserker. Baik dalam bentuk penggunaan perang hingga keberadaan mereka sebagai anggota masyarakat. Hingga pada akhir abad ke 12, Berserker dalam bentuk apapun telah resmi hilang. 


9. Kebiasaan brutal Berserk, memberikan Viking reputasi buruk


Kalian mungkin tidak mengetahui bahwa kebiasaan bangsa Viking memiliki hubungan dengan peradaban Nordik kuno. Dimana mereka sebenarnya tidak melakukan pemerkosaan brutal, menghargai persamaan hak antara wanita dan pria, bahkan menghancurkan bukan menjadi modus utama dalam peperangan. Lalu darimana reputasi buruk seperti pemerkosaan brutal, penghancuran, hingga hal buruk lainnya berasal?

 
Hal itu kemungkinan besar berasal daripada Berserker itu sendiri
 
Dalam banyak cerita rakyat kuno Nordik, para Berserker sering diketahui mengisi posisi sebagai Vilain itu sendiri, dan secara umum di jelaskan sebagai “Sekelompok predator berisi pembunuh dan orang tidak beradab yang mengganggu kedamaian komunitas Viking secara berulang”

~~

Well done, sekian thread tentang "Berserker" kali ini. Bagi pembaca sekalian yang punya info lebih, monggo silahkan koment, ntar ane taro di pej wan hehe. emoticon-Smilie
Thanks buat yang uda sempat mampir ya gan, jangan lupa koment, rate, dan cendolnya hehehe emoticon-Cendol (S)
Stay tune buat another thread, and have a nice day buat kalian semua, see ya emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Sumber : Disadur dari berbagai sumber dengan perubahan.



panjul1993
archazel07
ikiriki11
ikiriki11 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
15.7K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.