c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Waspada Jerat Utang China !!






Tiongkok atau China memang semakin membesar dari teknologi industrinya maupun perkembangan negaranya, mereka sangat kuat juga untuk sumber daya manusianya yang terampil.

Saat ini mereka mempunyai sebuah program proyek Belt and Road Initiative (BRI) atau kerennya disebut dengan inisiatif jalur sutra modern, nah proyek ini menurut beberapa pakar ekonomi akan memberatkan rakyat Indonesia, karena negeri yang ramah dan menjadi sarang korupsi ini mulai tergiur dengan proyek yang di gelontorkan China ini.



Ada 28 proyek besar yang ditawarkan pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kedua The Belt and Road Initiative ( BRI ) atau Jalur Sutra pada April 25-28 April di Beijing, di China. Amerika melihat gebrakan yang dilakukan negara ini pun sempat meradang, mereka pun menghimbau agar negara-negara kecil tidak tergiur dengan hutang yang dikucurkan oleh mereka. Dunia tahu saat ini Amerika menjadi sebuah negara besar yang dapat memonopoli dunia, dan mereka juga tahu China mengambil kebijakan yang banyak menggoyang asset Amerika di dunia terlebih lagi dari perekonomian. Inilah perang di masa modern, tidak mengangkat senjata namun dengan berdagang.



Amerika bahkan menganggap BRI akan menjebak negara-negara kecil yang berhutang dengan China, hingga akhirnya banyak BUMN sebuah negara yang jatuh kepada China guna membayar hutang yang tertunggak.

Selain itu proyek besar yang ada di Indonesia juga rawan jadi bancakan korupsi seperti PLTU Riau, selain tak mengindahkan keanekaragaman hayati dan lingkungan proyek-proyek besar ini memang di buat oleh pengusaha-pengusaha yang ada di dalam tubuh pemerintah dan oposisi, dimana mereka juga menjadi elite politik, agar bisa bermain untuk kepentingannya. Mungkin bisa dilihat PLTU dibangun untuk siapa ? Berapa persen rakyat yang menikmati listrik ? Apa dampak dari lingkungan yang dirusak oleh PLTU, sumber energinya pun dari batu bara yang banyak di punya oleh para elite politik Indonesia. Bisa dilihat di youtube video sexy killer, bagaimana peran kerusakan lingkungan dari eksplorasi barang tambang dan juga PLTU. Mengapa tidak membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya ??



Kembali lagi pada BRI yang menggiurkan, lihat pada kasus Srilangka yang harus rela sentral pelabuhannya diberikan ke China sebagai jaminan. Indonesia sendiri memang memberikan point-point yang ketat untuk Investasi China, tapi apakah mereka sudah menjalani point-point tersebut ?



Bahkan menurut Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) April 2019, status utang luar negeri pada Februari 2019 dari Pemerintah China sebesar USD 17,7 miliar atau bila dirupiahkan sekitar Rp 248,4 triliun.



Namun pemerintah berjanji tidak akan terjerat hutang oleh China, proyek yang menggunakan dana BRI adalah pembangunan yang dapat dirasakan masyarakat luas, merekapun sedang berbenah untuk membangun dari tempat yang strategis dan tepat karena ada point yang harus di penuhi oleh China untuk menjalankan proyeknya di Indonesia seperti transfer ilmu antara tenaga kerja asing dan lokal.



Selain Srilangka yang BUMN nya lepas ada Zimbabwe dan Angola yang tak sanggup membayar dan memiliki utang kepada China hingga harus mengganti mata uangnya menjadi Yuan sebagai syarat penghapusan utang. Lalu ada juga negara Nigeria, mereka tak sanggup membayar merekapun menawarkan bahan baku dan buruh pekerja dari China yang mengambil alih pembangunan disana.



Apakah proyek Belt and Road Initiative (BRI) ini menguntungkan atau merugikan?

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

:nyantai

c4punk@2019

Gambar google

Referensi Disinidan Disini

GIF



Diubah oleh c4punk1950... 14-05-2019 03:29
larrondavecchiorhaul
rhaul dan 18 lainnya memberi reputasi
15
17.3K
196
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.