fancewAvatar border
TS
fancew
Ini Fakta yang Belum Agan Tau tentang Bakso IKEA
Setelah ane nulis tentang menu baru IKEA Thailand... Sekarang ane mau nulis tentang makanan favorit ane di IKEA yakni bola daging aka bakso daging khas Swedia. Secara ya ane belum pernah ke Swedia, jadi anggap aja langkah awal mengenal Swedia ya kan hehe


Foto: Instagram/kitacurigaenak

Buat agan yang sering nyemil bakso IKEA, udah tau belum nih fakta tentang makanan enak ini?
Menurut founder IKEA (alm) Ingvar Kamprad, susah loh untuk berbisnis dengan perut kosong atau lagi kelaparan. Makanya itu, beliau memutuskan bahwa di IKEA harus juga menyediakan menu makanan. Namun, beliau nggak mau menu makanan biasa, maunya makanan klasik khas Swedia dan dijual dengan harga yang terjangkau--sama kayak harga furnitur yang juga terjangkau.

Bakso Swedia IKEA pertama kali dijual tahun 1980-andan langsung jadi menu paling populer alias primadona gitu. Bukan hanya bakso, tapi juga dengan mashed potatoes, selai lingonberry, dan saus krim ALLEMANSRÄTTEN. Maap nulisnya jadi bikin laper emoticon-Frown


Foto: ikea.co.id

Saking populernya, ternyata ada 2 juta bakso IKEA yang dimakan setiap harinya di seluruh dunia! Lah iya ngebakso barengan sih sedunia.

Pernah ada skandal daging kuda

Foto: NYTimes article

Tahun 2013 lalu, terdeteksi adanya daging kuda dalam bakso daging IKEA dan akhirnya semua produk yang dijual di 13 negara di Eropa ditarik dari peredaran. Sedangkan bakso yang dijual di US nggak kena skandal ini jadi nggak ditarik dari peredaran. Kalo tahun 2013 sih IKEA Indonesia belum ada, jadi aman dong!

IKEA peduli akan lingkungan


Foto: ikea.com

Di tahun 2015, IKEA mulai mengurangi carbon footprint dengan mengeluarkan pilihan menu lain yakni bakso sayur dan ayam. Menurut IKEA, bakso sayurnya ini dibuat dari sayur sehingga kaya nutrisi, serat, protein, dan carbon footprintnya 30 kali lebih rendah daripada bakso yang biasanya. Sedangkan bakso ayamnya menggunakan carbon footprint yang 6 kali lebih rendah daripada bakso yang biasanya.

Nggak perlu jauh-jauh lagi buat ke IKEA store, katanya akan ada pop up resto-nya


Foto: andershusa

Ternyata oh nyatater, 30 persen dari pengunjung IKEA itu ke sana cuma buat makan (ane termasuk hehe). Makanya itu, IKEA ternyata lagi ngetes nih pop-up resto di beberapa kota besar kayak Paris, London, dan Oslo. Semoga aja di Indonesia juga ada yaa!

Jadi... Sebenernya apa sih yang kita makan dari sepiring bakso Swedia khas IKEA?

Jadi dalam sepiring bakso, bukan hanya ada daging aja tapi juga ada "pendampingnya" gansist:

KÖTTBULLAR



Ini yang bakso daging biasanya disajikan dengan selai lingonberry, mashed potato, dan kacang polong. Baksonya terbuat dari daging sapi, bawang, tepung roti, telur, air, garam, dan lada.


Foto: mashed

Kalo lingonberry sendiri adalah buah beri liar yang tumbuh di Swedia. Rasa aslinya sih agak pahit ya, makanya jarang yang makan langsung buahnya dan biasanya disajikan dalam bentuk selai jadi rasanya pas gitu.

Hehe ane jadi mupeng daritadi nulis IKEA mulu, mudah-mudahan ibu ane ngajakin ke IKEA wiken ini jadi bisa buka puasa di sana. Bakso IKEA aku datangggg~



Sumber
Diubah oleh fancew 08-05-2019 10:31
camen_rider
koi7
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
16.1K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.