Aboeyy
TS
Aboeyy
Ninja, Samurai dan Ronin Terakhir: End Game

*****
Bagi GanSis yang suka film dan komik Jepang, tentu istilah Ninja, Samuraidan Ronin sudah tidak asing lagi.

Ya, ketiga istilah itu merujuk kepada para ksatria Jepang yang mempunyai kemampuan dan keahlian khusus dalam menggunakan strategi dan senjata tertentu yang menjadi ciri khasnya.

Barangkali banyak orang menduga bahwa ketiga jenis ksatria Jepang itu hanyalah fiksi belaka. Namun sebenarnya ketiganya benar-benar ada dalam kehidupan nyata di Negeri Sakura.

Bahkan saat ini masih ada seorang Ninja Jepang, yang disinyalir sebagai Ninja Terakhir.

Namanya Jinichi Kawakami (JK). Di usianya yang ke-63 tahun, pria ini masih terlihat gagah dan kuat. JK adalah pemimpin ke 21 dari klan Ban, sebuah Dinasti Ninja Rahasia yang telah berusia sekitar 500 tahun.

Jinichi Kawakami

JK menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang Ninja, maka harus melalui latihan intensif dan keras, terutama untuk mengasah konsentrasi, penglihatan, pendengaran, dan kepekaan.

Karena itu, sejak berusia 6 tahun, JK sudah mulai berlatih Seni Kuno Ninjutsu, di bawah bimbingan master Buddha, yang bernama Masazo Ishida.

Ketika latihan konsentrasi, JK harus berjam-jam menatap lilin yang menyala tanpa berkedip, sampai ia merasa dirinya telah berada di dalam lilin tersebut.

Untuk melatih pendengaran, JK harus memusatkan pendengarannya, sehingga ia dapat mendengarkan dan menghitung bunyi jarum yang dijatuhkan ke lantai di kamar sebelah dari tempatnya berlatih.

Dalam hal melatih ketahanan fisik, JK dilatih untuk menahan panas dan dingin yang ekstrem, serta bepergian jauh tanpa makanan dan minuman, dengan menahan panas, dingin, haus dan lapar berhari-hari.

Selain itu, JK juga diberi latihan cara memanjat dinding seperti cicak, melompat dari ketinggian seperti katak, dan diajari cara mencampur bahan kimia sebagai senjata untuk pertahanan diri, atau menghilangkan jejak.

Dan urusan bela diri dan penggunaan senjata, juga ada latihan khusus, agar seorang Ninja benar-benar mumpuni.
***
Menurut JK, ia adalah Ninja Terakhir, sebab setelah dia mungkin tidak ada lagi orang yang sanggup mempelajari dan menguasai ilmu yang diwariskan guru dari para leluhur Ninja.

JK benar-benar sudah ingin mengakhiri (End Game) keberadan Ninja dari negeri matahari terbit itu.

Ia telah memutuskan biarlah Seni Ninja itu mati bersamanya. Karena menurutnya, Ninja itu tidak relevan lagi dengan kehidupan zaman modern.
***
Terus, apa hubungan Ninja dengan Samurai dan Ronin? Apa perbedaan ketiganya?


1. Ninja



Ninja adalah semacam ‘agen pembunuh bayaran’. Ia melaksanakan misinya dengan sangat rapi dan rahasia.

Ninja menggunakan cara-cara yang licik untuk membunuh lawan-lawannya. Ia tidak pernah berhadapan secara langsung dengan musuhnya, dan tak pernah terjun langsung ke medan perang. Tapi mereka beraksi dalam kegelapan, namun gerakan ‘bawah tanah’ yang dilakukannya tidak kalah berbahaya dengan pasukan prajurit yang berperang langsung menghadapi lawan.

Sebagai contoh, Daimyo Uesugi Kenshin yang wafat tahun 1578. Menurut rumor, ia dibunuh oleh seorang Ninja yang telah berhari-hari bersembunyi dalam WC, menunggu saat yang tepat untuk membunuhnya.

Biasanya, Ninja memakai pakaian coklat di siang hari, dan warna hitam di malam hari, agar kehadirannya tidak terlihat dengan jelas.


2. Samurai



Samurai adalah prajurit aristokrat. Sebagai Samurai, mereka membekali diri dengan keterampilan memanah dan berkuda, dan menggunakan pedang.

Tubuh mereka dilindungi baju besi (zirah), kecuali bagian tangan yang agak terbuka, agar mudah menggunakan pedang dan panah.

Karena itu, bagian tangan dianggap sebagai titik lemah seorang Samurai. Maka pada akirnya zirah dibuat hingga menutupi tangan, dan Samurai lebih difokuskan untuk pertarungan jarak dekat.

Samurai mempunyai keterampilan menggunakan berbagai senjata, seperti tombak, panah, dan pemukul.

Namun senjata yang paling ikonik bagi Samurai adalah Pedang Katana yang panjang, dan Pedang Wakizashi yang pendek. Kedua pedang ini dikenal sangat tajam hingga bisa memotong paku dengan tebasan ringan.

Pedang panjang yang digunakan sering disebut Pedang Samurai.


3. Ronin



Samurai adalah prajurit yang statusnya bisa berubah tergantung pimpinannya. Jika pimpinan Samurai (Daimyo) wafat, terbunuh, atau kehilangan kewibawaannya (misalnya kalah perang atau digulingkan), maka prajurit Samurai akan berubah statusnya menjadi Ronin.

Tanpa pemimpin, akibat himpitan ekonomi, terkadang Ronin bisa mencari uang dengan menjadi tentara bayaran.

Pada adab ke-15 dan 16, pekerjaan ini banyak dilakukan para Ronin. Namun sekarang Ronin sudah tidak ada lagi di Jepang.

Barangkali film 47 Ronin adalah Ronin terakhir yang ada di Jepang.

Nah, dari ketiganya, tampaknya Ninja adalah yang paling awet bertahan hingga sekarang, meski sang Ninja Terakhir sudah memutuskan akan mengakhiri sejarah Ninja ini: End Game.(*) Ref
Diubah oleh Aboeyy 11-05-2019 19:54
davecchioedv039felixcx
felixcx dan 12 lainnya memberi reputasi
11
12.3K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.