fancewAvatar border
TS
fancew
Sebelum ke Malaysia, Baca Dulu Pengalaman Ane Gan
Tiap weekend emang jadi sarana buat rechargediri, mulai dari gegoleran di kasur sepanjang hari, nggak mandi, sambil netflix and chill atau maraton drakor. Namun buat agan sista yang orangnya ngga bisa diem di rumah kayak ane, cobain deh weekend getaway tipis-tipis ke luar negeri alias yang deket-deket aja dan murmer.

Ke mana? Ke Malaysia aja!
#inibukanpromo


Foto: Dok. Pribadi

Malaysia ini jadi negara pertama yang ane singgahi dalam perjalanan ane ke luar negeri. Dulu banget pertama kali ane ke sana tahun 2010 kayaknya ya, ane dapat tiket promo yang kursi gratis jaman dulu itu Ai**sia Rp298 ribu PULANG PERGI. Lebih murah dari ke Bandung naik kereta eksekutif emoticon-Frown

Sekarang, tiket dari Jakarta ke Kuala Lumpur juga udah sangat terjangkau kok gansist. Sekitar minggu lalu ane pernah dapet broadcast tiket promo Jakarta-KL Rp499ribu PULANG PERGI. Jadi sekali jalan kurang lebih Rp250 ribu ya. Bulan September lalu, ane baru aja ke KL sama ibu dan adek ane. Nah ini dia hal-hal yang harus agan pertimbangin sebelum ke KL!

Penginapan

Oke jadi Kuala Lumpur ini kan ibu kotanya Malaysia ya, jadi bisa dibilang pusat kota yang segala macamnya ada ya. Mulai dari hostel dorm super murah, hotel menengah, sampai hotel mewah dan beragam apartemen yang disewain itu banyak. Coba deh buka Booking.com, Agoda, Traveloka, Tiket.com, bahkan Airbnb dan tinggal ketik Kuala Lumpur dan tanggal kita mau nginep. Buwanyak!

Ane pengalaman pernah rental apartemen sama ibu dan adek ane bertiga di kawasan Bukit Nanas, deket stasiun Monorail namanya apartemen Mercu Summer Suites. Jadi ini apartemennya studio gitu tapi besar banget. Bed-nya emang cuma satu, tapi kita bisa minta extra bed nanti disediakan gratis. Apartemennya juga lengkap banget, ada kolam renang, fitness center (tapi tetep aja mager), minimarket di bawahnya. Di kamar juga udah ada dapur beneran, microwave, segala peralatan tempur di dapur juga lengkap plus mesin cuci. Emak gue happy bener tinggal di sini gegara ada mesin cuci jadi nggak numpuk cucian emoticon-Leh Uga #sumpehinibukanpromo

Transportasi


Foto: Dok. Pribadi

Di sini ane ngerasa dimanjain banget deh, lengkap, ada KL Monorail, LRT (light rapid transit), KTM Komuter, KLIA Ekspres/KLIA Transit, dan MRT (Mass Rapid Transit). Waktu itu, kita ke beberapa tempat wisata emang naik transportasi umum: ke Batu Caves, KLCC Twin Tower, dan Bukit Bintang. Tapi seringnya juga kita naik transportasi online alias Gr*b pas di sana soalnya murah dan kadang kita capek banget. Triknya nih ya, ane pake kartu kredit buat metode pembayaran, jadi nggak perlu nyiapin uang pas atau ribet siapin tips-nya.

Setau ane, sekarang jalur MRT di KL juga udah meluas ke Selangor jadi emang udah terintegrasi. Siapa tau kan agan mau jalan-jalan di luar kota KL, tinggal pakai MRT aja.

Pilihan makanan


Foto: Dok. Pribadi

Ini kocak sih menurut ane, soalnya ane ke sana emang pengennya wisata kuliner ya, ternyata ibu ane itu kurang cocok lidahnya sama makanan di sana. Untungnya, di apartemen yang ane sewa itu ada dapur lengkap dengan segala peralatan tempurnya. Untungnya lagi, di bawah ada minimarket yang lumayan lengkap. Kocaknya, ibu ane baru kepikiran buat masak itu pas kita lagi jalan-jalan di Suria KLCC, mall-nya Menara Kembar Malaysia. Jadilah kita ke supermarketnya gitu, namanya Cold Storage seinget ane dan beli beras 2 Kg yang kecil gitu lah sama telor. Iya beli telor di Twin Tower.

Selain masak di apartemen yang bikin budget jadi super irit--sarapan telor dadar, makan malam ikan sarden plus telor dan mi instan--kita juga pastinya makan di luar dong. Buat di KL sendiri, rata-rata harganya ya standar kayak di Jakarta, sekitar 10Ringgit juga udah kenyang gitu.

Waktu itu ane coba makan di kedai mamak dan pesan nasi ayam sama kuah kari. Ibu dan adek ane juga kayaknya sama deh ayam (nggak variatif emang kita). Itu totalnya bertiga sama minum sekitar 30Ringgit atau Rp100 ribu-an lah. Cukup terjangkau kan buat bertiga? Ohya pagi-pagi juga banyak loh yang jual nasi lemak (semacam nasi uduk) yang udah dibungkusin, harganya cuma seringgit alias Rp3 ribuan. Murah dan lumayan banget buat ganjal perut pagi-pagi.

SIM Card

Ini hal pertama yang ane lakuin waktu keluar dari chop paspor di imigrasi. Beli SIM Card ane merk U Mobile (sumpe bukan promo) di depan setelah keluar imigrasi, cari aja yang warna oranye gitu. Ane beli harganya 30 ringgit yang unlimited sekitar Rp100 ribuan dan ane taro di hape yang satu lagi buat tethering dipake bertiga emoticon-Ngakak Di sana juga sinyalnya kencang dan kuat karena ane emang cuma di seputaran KL aja.

Yak gan sekian thread pengalaman ane waktu liburan ke Malaysia waktu itu hehe semoga bermanfaat yaa!

2726usr
jmontefiore
yuzpti2
yuzpti2 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
5.1K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.