alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd4eb8a0577a924b26de58e/life-hack-yang-harus-vs-gak-harus-dibicarakan-biar-keliatan-elegan-edisi-ramadhan
Lapor Hansip
10-05-2019 10:10
Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]
Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]

Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]


@CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu

Quote:eh bentar, yang belum follow @ceritakitauntukselamanyasilahkan difollow emoticon-Frown



Jangan pernah meremehkan kekuatan laba-laba, eh kata-kata

Selamat pagi bre, gimana kabarnya di hari ke-4 puasa ini? baik-baik aja kah? sahur semalem ada yang bangunin? atau buka puasa selalu ada yang nyiapin? kalau kedua pertanyaan-nya dijawab dengan iya, selamat bre, kalian gak punya alasan untuk berhenti berkarya meski sedang berpuasa. Yang perlu diingat adalah, apapun yang dijadikan buat hidangan pembuka, jangan lupa berbuka dengan yang manis, karena yang asem malah bikin maag kambuh astaga dragon emoticon-Frown

Puasa sih, katanya, tempat dimana kita sebagai umat muslim menahan segala jenis hawa nafsu. Hawa nafsu ini menurut intrepretasi gw bentuknya bisa banyak banget. Bisa dalam bentuk menahan hawa nafsu untuk marah, bisa dalam bentuk menahan hawa nafsu untuk makan dan minum, bisa dalam bentuk menahan hawa nafsu untuk tidak berkata yang tidak semestinya, atau menahan hawa nafsu untuk tidak ehem ehem *if you know what i mean*
Karena bentuk hawa nafsu ini banyak banget, semua gak bisa gw bahas secara sekaligus. untuk sekarang, gw bakal bahas hawa nafsu yang berhubungan dengan penggunaan lidah. pembahasan ini menurut gw penting, karena hampir setiap hari dan setiap saat kita melakukan komunikasi kesesama (Sesama rekan kerja, sesama teman nongkrong, sesama saudara). dan beberapa kali dalam hidup kita pasti pernah ngerasa kalau komunikasi yang sedang kita jalani itu gak efektif malah kadang cendrung ofensif. Wajar sih, pepatah inggris bilang kalau "people are complicated" dan kejadian sesederhana "verbal slips" (salah ngomong bisa memperparah hubungan kita antar sesama. the problem is, verbal slip ini muncul karena kita mengucapkan sesuatu yang kita gak tahu apa-apa tentang hal tersebut.

Berawal dari sini lah, gw berkesimpulan kalau berkomunikasi itu ada tekniknya. gw akhirnya mencoba mencari sesuatu cara sederhana yang bisa bikin komunikasi makin efektif. dan hasilnya gw sampai pada kesimpulan bahwa sesimpel memilih kata-kata yang akan diucapkan ternyata bisa bikin cara komunikasi kita terlihat semakin elegan.

Mungkin udah banyak sih yang ngebahas ini. mungkin beberapa dari kita juga udah tau. tapi poin nya bukan kesana, ditulisan gw kali ini gw pengen mencoba aja buat saling mengingatkan lagi, karena katanya kita manusia rentan akan lupa. dan saling mengingatkan di bulan puasa itu pahalanya besar. jadi silahkan disimak mas dan mbak bro.

“Lo keliatan capek (You look so tired)”

kita semua tau kalau orang yang capek itu intepretasinya adalah punya kantong mata yang besar, terlihat sulit berkonsentrasi, dan ya keliatan "gak banget kalau dari luar". Bilang secara langsung ke seseorang kalau mereka terlihat capek itu seolah-olah kita mengintrepretasikan mereka dengan kondisi-kondisi tersebut diatas.

Daripada bilang "Lo keliatan capek" coba untuk mulai ganti dengan kata-kata "Semua baik-baik aja? (is everything okay?)" karena kata-kata ini seolah kita ingin menawarkan sesuatu keorang tersebut. daripada berasumsi tentang seseorang, berbicara dengan cara kayak gini bakal membuka peluang seseorang untuk lebih terbuka dan mau berbagi. Mereka sih biasanya melihat kita sebagai orang yang perhatian dibandingkan orang yang "kurang sopan" karena terlihat berasumsi.

“Kayak yang gue bilang sebelumnya (As i said before...)”

Sekali lagi gw tekankan kalau kita adalah makhluk yang rentan dengan lupa dan lupa ini hampir terjadi ditiap waktu. frase "kayak yang gue bilang sebelumnya" seolah-olah menjelaskan bahwa kalian lagi keceeel karena harus mengulang-ngulang perkataan dan menunjukkan kalau si pendengar kurang bisa memahami kata-kata tersebut. biasanya kesal karena harus mengulang pembicaraan ini menunjukkan seolah-olah kalian sedang insecure atau kalian berpikir kalau kalian lebih baik daripada orang tersebut.

kalau memang harus mengulang-ulang penjelasan, daripada mengeluarkan frase ofensif coba cari cara untuk menjelaskan sesuatu dengan bahasa lebih sederhana dan cara menjelaskan yang lebih menarik. Hal ini mungkin bakal bikin sang pendengar bisa mengingat pembicaraan lebih baik.

“Good Luck"

ini sebenernya cara yang cukup halus sih. tapi kalau kita telaah lebih dalam lagi, ada cara yang lebih halus karena frase "good luck" menunjukkan asumsi kita kalau seseorang itu lagi butuh keberuntungan.

Daripada bilang "good luck", coba untuk bilang "Gw tahu kalau lo bisa berhasil". Cara ini lebih baik karena kita menunjukkan kalau seseorang punya kemampuan untuk mencapai apa yang dia mau dan hal ini biasanya akan meningkatkan kepercayaan diri. Kita bakal keliatan keren daripada orang lain yang sekedar bilang "good luck"

“Terserah atau Apa aja deh yang lo mau"

kalau kita sedang ada dialam situasi dimana memilik perbedaan pendapat tentang suatu pertanyaan, pendapat kita mungkin berarti banyak buat orang lain dan ini mungkin alasannya kenapa orang tersebut bertanya kepada kita dan jawaban "terserah" mungkin jadi jawaban yang gak memberi jalan keluar sama sekali.

Daripada bilang "Terserah" coba mulai sekarang terbiasa dengan frase "Gue gak punya pendapat khusus sih, tapi yang jelas yang harus jadi pertimbangan adalah..." ketika kita ditawari sebuah pendapat dan hal ini bakal menunjukkan kepedulian kita terhadap orang yang bertanya tersebut.

“Lo terlalu baik buat dia"

kalau frase ini diucapkan pada orang yang baru/akan menjalin hubungan, frase ini bakal menjelaskan seolah-olah mereka memilih pilihan yang salah dan punya selera yang jelek.

daripada bilang "lo terlalu baik buat dia" coba buat bilang "Dia kehilangan banyak banget untuk menunjukkan dukungan kita tanpa memberi kesan kritik.

Sederhana kan mas dan mbak bro. sesimpel memilih kata-kata bisa bikin kita terlihat elegan. Dari beberapa hal yang gw pelajarin diatas sih gw berkesimpulan kalau untuk berkomunikasi dengan baik sebaiknya kita sebisa mungkin menghindari asumsi terhadap seseorang atau sesuatu. Berasumsi dan mengeluarkan kata-kata yang cenderung kearah sana itu gak baik. Selamat berpuasa, gw pamit dulu. emoticon-Smilie


Quote:
Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]
"Bi?"
"Ya?"
"Aku mau nulisin cerita buat kamu, 100 chapter lebih"
"Banyak banget, yakin selesai?"
"Yakin lah, ceritanya aku mulai dari sini yaaah bibkuu..."


Based on true story.
Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN] Cerita kita untuk selamanya [TAMAT]


Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN] Cerita kita untuk selamanya: HARPOCRATES [A SEKUEL]NEW



sumber



Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]

Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]

Life Hack, Yang harus VS gak harus dibicarakan biar keliatan elegan. [EDISI RAMADHAN]
Diubah oleh rendyprasetyyo
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
10-05-2019 10:24
keep calm and stay cool ... emoticon-Cool
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1
10-05-2019 13:27
emoticon-Sundul Up trit berkualitas
ramaikan emoticon-Smilie
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
10-05-2019 14:13
Aku terlalu baik buat kamu.
emoticon-Cool
{thread_title}

Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rendyprasetyyo dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
10-05-2019 15:11
Balasan post ajrafols
Quote:Original Posted By ajrafols
emoticon-Sundul Up trit berkualitas
ramaikan emoticon-Smilie


pret pret otak lu ga akan sampe baca2 ginian emoticon-Wakaka emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
13-05-2019 08:24
Selamat pagi bre, semoga urusan kita seminggu ini dilancarkan. emoticon-Smilie
0
13-05-2019 08:39
ok baik fix
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1
13-05-2019 09:08
Lebih baik puasa kita digunakan untuk menjaga lidah.

Quote:Original Posted By pancigisong
ok baik fix


profile-picture
pancigisong memberi reputasi
1
13-05-2019 09:11
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo
Lebih baik puasa kita digunakan untuk menjaga lidah.


puasa bkn hnya sebatas mnjga lidah,
tapi hati, jiwa, dan juga pikiran
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
13-05-2019 09:35
Balasan post pancigisong
hati, jiwa, pikiran, dan juga otong.

elah diatas ada yang post es buah emoticon-Frown mod apus dong emoticon-Frown
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.