News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
65
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd402e6e83c7213af198a51/gerakan-politik-mahatma-gandhi-lewat-puasa-21-hari
Gandhi percaya bahwa perlawanan tak harus dilakukan dengan kekerasan. Pria kelahiran 2 Oktober 1869 itu justru lebih memilih ‘diam’ sebagai bentuk protes. Ajaran diamnya itu pun dikenal sebagai Satyagraha. Suatu konsep yang diambilnya dari ajaran Hindu mengenai ahimsa, yakni sikap tanpa kekerasan.
Lapor Hansip
09-05-2019 17:37

Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari

Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari


Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), puasa diklasifikasikan sebagai verba. Yakni kata kerja yang artinya ‘menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (bertalian dengan agama)’. Namun, jauh sebelum kata itu tersemat di KBBI, masyarakat kerajaan Hindu di Nusantara pernah mengenalnya dengan sebutan upavasa.

Kata itu berasal dari perbendaharaan bahasa Sanskerta. Upa berarti ‘dekat’, dan vasa artinya ‘hidup’. Tokoh spiritual India, Hariharananda Giri, menerjemahkannya sebagai hidup dengan penuh kesadaran akan nilai-nilai ketuhanan. Mempraktikan upavasa berarti menjalani hidup yang terpusat pada jiwa.

Dalam menjalani upavasa, manusia jadi lebih banyak memiliki waktu luang. Itu karena, waktu yang biasa digunakan untuk memikirkan makanan dan hal duniawi lain menjadi tak terpakai. Dalam agama Hindu, waktu luang itu pun digunakan untuk sadhana (latihan spiritual).

Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari


Dalam perjalanannya, praktik upavasa tak melulu soal ritual. Adalah Mohandas Karamchand Gandhi, atau lebih dikenal sebagai Mahatma Gandhi, mempraktikkan upavasa dengan tujuan yang berbeda.

Di tangan Gandhi, kegiatan menahan lapar dan haus tersebut menjadi sebuah gerakan politik untuk menentang kolonialisme Inggris. Puasa itu juga dilakukan untuk mendamaikan umat Islam dan umat Hindu yang saat itu dilanda konflik agama.

Gandhi dan Puasanya
Gandhi percaya bahwa perlawanan tak harus dilakukan dengan kekerasan. Pria kelahiran 2 Oktober 1869 itu justru lebih memilih ‘diam’ sebagai bentuk protes. Ajaran diamnya itu pun dikenal sebagai Satyagraha. Suatu konsep yang diambilnya dari ajaran Hindu mengenai ahimsa, yakni sikap tanpa kekerasan.

Di India, Ghandi banyak memprotes kolonialisme Inggris. Bahkan, dia mengerahkan massa untuk menentang kebijakan Inggris yang selalu tidak adil. Kala itu, salah satu kebijakan Inggris yang kontroversial adalah tentang petani lokal yang tak boleh memanen garam.

Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari


Lain dari itu, Inggris berencana untuk memecah India menjadi dua bagian. Pertama wilayah India untuk umat Hindu. Kedua, wilayah yang dinamakan Pakistan untuk umat Islam. Gandhi pun menolak usul tersebut. Menurut dia, pembagian wilayah itu hanya akan memperburuk keadaan dan membelah dua India.

Maka, pada 6 Oktober 1942, Ghandi memutuskan untuk berpuasa selama 21 hari. Bukan seperti puasa umat Muslim yang diselingi waktu sahur dan berbuka puasa. Melainkan, benar-benar tidak makan selama 21 hari berturut-turut. Dalam periode itu, Gandhi hanya mengkonsumsi air putih.

Gandhi melakukan itu sebagai seruan pad umat Muslim dan Hindu agar tidak bertikai. dalam benaknya, pertikaian antar agama hanya akan menguntungkan Inggris. Puasa itu, dia harapkan menjadi pendorong agar umat beragama di India menurunkan egonya masing-masing.

Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari


Puasa tersebut dijalankan Gandhi di kediaman sahabatnya yang beragama Muslim bernama Mohamad Ali. Di situ, dia pun dijaga dua dokter Muslim serta seorang perawat Kristen bernama Charles Freer Andrewa.

Dalam Gandhian Theory of Social Reconstruction (2006) karya Parmeshwari Dayal, dituliskan bahwa puasa Ghandi merupakan cara paling jujur untuk mengungkapkan sesuatu. Menurut Dayal, Ghandi percaya bahwa ada sains di balik berpuasa yang tidak diketahui orang lain.

Ghandi yakin, puasa memiliki sebuah keajaiban. Yakni, manakala puasa memiliki sebuah motif spiritual, maka akan ada orang lain yang dapat terpengaruh olehnya. Seperti halnya kala Ghandi yang ingin mempengaruhi umat Islam dan Hindu agar tidak bertikai.

Makanya, puasa Ghandi ditujukan untuk menyentuh hati masyarakat India. Ghandi mengajarkan, jiwa masyarakat India harus terbebas dari nafsu untuk melenyapkan orang lain. Meski bayarannya adalah kelaparan dan tubuhnya yang jadi kurus kering.

Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari


Dalam bukunya bertajuk Non Violance Resistance, Gandhi menyebut bahwa puasa adalah kekuatan. Manakala kekuatan fisik tak lagi mampu melakukan sesuatu, maka berpuasa menjadi satu-satunya cara.

“Puasa adalah senjata paling ampuh dalam Satyagraha,” kata Gandhi.

Memang, pada akhirnya India dan Pakistan resmi berpisah pada 15 Agustus 1947. Konflik antara umat Islam dan Hindu tak lagi bisa terbendung. Meski demikian, itu bukan berarti Ghandi gagal sepenuhnya. Sebab, dunia hingga saat ini tetap mengenang upaya dia dalam menyerukan perdamaian.

SUMBER:
Kumparan

KOMEN TS:
Ini baru tokoh nasional atau bahkan dunia yang sesungguhnya. Berjuang tanpa kekerasan. Bukannya malah eksploitasi tenaga masyarakat buat pipel pawah emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 17 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
28.4K Anggota • 648.7K Threads
Halaman 1 dari 3
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
09-05-2019 17:45
tapi ane bingung..kok bisa ya puasa sampe 3 minggu gk makan²,.
hanya minum air putih saja bukanya?,.

nahan lapernya kayak apa tuh emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aceng.fani dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
09-05-2019 17:53
Sudah paham???
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
09-05-2019 17:56
Quote:“Puasa adalah senjata paling
ampuh dalam Satyagraha,” kata
Gandhi.

Memang, pada akhirnya India dan
Pakistan resmi berpisah pada 15
Agustus 1947. Konflik antara umat
Islam dan Hindu tak lagi bisa
terbendung. Meski demikian, itu
bukan berarti Ghandi gagal sepenuhnya.


Kontradiksi, gagal kan ?



Kukira puasa itu artinya berpantang
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
09-05-2019 18:06
Belom tau aja skandalnya si Gandhi..
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
09-05-2019 18:15
Quote:Original Posted By eggnostick
Belom tau aja skandalnya si Gandhi..
emoticon-Big Grin


Sisi lain ane dah tau... Dan itu buruk dan pasti ditolak mentah2 sama pemu ja nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:02
plisss gw udh muak banget Kaskus di jadiin bahan politik,

gw main Kaskus udah lama

baru sekarang gw muak sama tread2 d kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:06
buat gw si ini orang legend banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:06
tapi gagal juga.... 😏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:09
Quote:Original Posted By eggnostick
Belom tau aja skandalnya si Gandhi..
emoticon-Big Grin


Skandalnya gimana mas... emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:17
ada sisi baik ada sisi buruk,
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
1 0
1
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:17
tengah dan selalu di tengah.
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
1 0
1
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:18
Quote:Original Posted By eggnostick
Belom tau aja skandalnya si Gandhi..
emoticon-Big Grin


Tidak ada orang yg sempurna gan emoticon-Malu
Namun kalau ornag tsb lebih dikenang krena perbuatan baik-nya.. berarti ya bagus lah

hitler yang mayoritas orang dunia mengenang dia sbagai sosok penjahat aje pasti sbenarnya punya hal baik

Namun ketutup ama jahatnya aje

Kya kata thanos

perfectly balanced as all things should be

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:18
apa sih ini apa sih
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
1 0
1
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:18
Quote:Original Posted By eggnostick
Belom tau aja skandalnya si Gandhi..
emoticon-Big Grin


Iya gan,... sisi gelap Gandhi yaitu dia pernah memiliki hubungan khusus dengan keponakannya yang masih berusia 17 tahun, padahal waktu itu Gandhi sudh berusia 70 tahun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:24
puasa 21 hari tanpa makan hanya minum, kok kuat banged
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan kornilenko memberi reputasi
2 0
2
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:27
tokoh yg berusaha menyatukan seluruh india, tapi sebagian rakyat nya malah bikin negara pakistan gara2 agama. Akibat nya india-pakistan konflik terus, ujung2 nya nyalahin inggris padahal gak ada urusannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:28
Quote:Original Posted By eggnostick
Belom tau aja skandalnya si Gandhi..
emoticon-Big Grin


Yakin cuma dia yg punya skandal?
Banyak tokoh besar dunia yg punya skandal. Search aja di google gan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:31
Quote:Original Posted By sarfaraaz
puasa 21 hari tanpa makan hanya minum, kok kuat banged


Koeat sadja...asal poenja tekad jang koeat emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:33
Indonesia butub banyak tokoh pemersatu bangsa seperti ini
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gerakan Politik Mahatma Gandhi Lewat Puasa 21 Hari
10-05-2019 07:51
gile bener 21`hari ....
ane bru bisa sehari full dr jam 5 sore sampe jam 5 sore rasanya sdh kek gmna gtu ....
inspiratif bgt ....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia