Sobat.GurunAvatar border
TS
Sobat.Gurun
Non-Muslim Diminta tak Makan dan Minum secara Demonstratif
Non-Muslim Diminta tak Makan dan Minum secara Demonstratif
Ahad 05 Mei 2019 13:01 WIB
REP: WILDA FIZRIYANI / RED: AGUS YULIANTO







REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemkot Malang telah mengeluarkan surat edaran tentang menyambut dan menghormati Ramadhan 1440 H. Imbauan tersebut salah satunya ditunjukkan pada warga non Muslim.

Berdasarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2019 tersebut, warga non Muslim diharapkan agar tidak makan, minum serta merokok secara demonstratif. Imbauan tersebut berlaku di warung maupun di tempat-tempat lainnya. Mereka juga diminta tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menganggu perasaan umat lain yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Wali Kota Malang, Sutiaji menerangkan, aturan-aturan yang tertera dalam surat edaran sebenarnya untuk mereduksi sejumlah gejolak di masyarakat. Pasalnya, gejolak di sini dianggap sebagai percikan nafsu dari pihak-pihak tertentu.

"Tapi terus menjadi akumulasi muncul respons-respons yang kadang-kadang terlihat imitasi mengatakan dan menyuarakan itu adalah suara rakyat, itu adalah suara masyarakat. Padahal, sesungguhnya tidak ada yang namanya masyarakat berkelompok untuk melakukan sebuah kejahatan besar," kata Sutiaji dalam sambutannya di Savana Hotel & Convention, Kota Malang, Jumat (3/5).

Sutiaji teringat di mana pihaknya membuat aturan serupa pada perayaan Hari Natal dan Tahun baru lalu. Aturan agar tidak merayakan hari Natal secara demonstratif sempat mendapatkan banyak kritik dari sejumlah tokoh. Padahal kosakata 'demonstratif' ini merupakan usulan dari kajian intelijen.

Menurut Sutiaji, aturan tersebut sesungguhnya lebih menitikan pada perayaan, bukan ibadah natalnya. Perayaan natal, menurutnya, berpotensi ditunggangi kelompok yang bisa memperkeruh suasana.

Sutiaji menyontohkan, laporan intelijen terkait pertemuan masyarakat Papua separatis di salah satu gedung perbatasan kabupaten dan kota Malang. Pertemuan yang seharusnya untuk merayakan Natal, justru dibuat untuk pesta minuman hingga pagi hari. Oleh karena itu, Pemkot Malang pun memasukan aspek tersebut dalam surat edarannya.












https://republika.co.id/berita/ramad...a-demonstratif



Ibarat Pepatah dari Zimbabwe..... "Menahan Godaan... Tanpa Godaan... "...


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak





Diubah oleh Sobat.Gurun 06-05-2019 05:33
lyndonbaines
entop
nona212
nona212 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
6.2K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.