• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sawit Tidak Digunakan Lagi Uni Eropa, Bagaimana Nasib Sawit Di Indonesia

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Sawit Tidak Digunakan Lagi Uni Eropa, Bagaimana Nasib Sawit Di Indonesia




Uni Eropa saat ini memboikot Minyak Sawit mentah mereka tidak mau memakai sawit lagi untuk bahan baku biodiesel biasa disebut biofuel yang banyak di produksi Indonesia dan Malaysia, sebelum kita lanjut apa itu biofuel saya menerima kabar dari saudara ane di tanah sumatra yang hidupnya dari panen sawit. Mereka para petani sedang lesu karena sawit tak semeriah masa lalu, akhirnya mereka juga menanam beberapa macam tumbuhan untuk konsumsi agar bisa di jual selain sawit baik itu pepaya, singkong dan lainnya.



Memang lebih besar pemasukan dari sawit yang membuat daerah mereka hidup dan bergelimang harta, jadi buat orang yang hidupnya di kota dan berada di gang-gang sempit terlebih lagi yang ngekost bertingkat mirip kandang burung di wilayah kota yang sesak jangan kalian pikir warga desa itu miskin !! Saya sudah keliling melihat para petani itu hidupnya lebih tenang dan senang dari kalian yang hidup di kota tapi tinggal di gang-gang sempit dan kumuh, kalau di pondok indah kaya Atta Halilintar mah ane no coment dah, jadi urbanisasi menurut saya bukanlah sebuah hal yang baik kalau tidak punya keahlian.



Back to topic, boikot uni eropa pun membuat sang mantan Jendral Luhut Binsar Panjaitan yang bisnisnya banyak dimana-mana pun meradang, akan ada boikot juga terhadap produk-produk uni eropa yang ingin eksport ke Indonesia bahkan Malaysia pun mengancam akan membeli jet-jet tempur ke negara China tidak ke uni eropa.



Sedemikian besarkah pengaruh uni eropa ketika memboikot sawit sehabis masa kontraknya di tahun 2021 ? Benar sekali, pengusaha sawit bisa gulung tikar, jutaan pegawai sawit pastinya akan terkena imbas ratusan ribu pengangguran sudah di depan mata. Tanah Indonesia yang ditanami sawit pun seakan merana, karena demand dan supply tak seimbang pengusaha merugi karena sudah membabat hutan untuk keperluan sawit dan itu butuh dana yang tak sedikit hingga kebakaran hutan ketika membuka lahan baru menjadi hal yang sia-sia.



Oke saya rasa apa yang uni eropa katakan tidak buruk juga, mereka parlemen uni eropa bersidang dan merasa biodiesel konvensional saat ini tidak banyak berkontribusi untuk menekan emisi gas rumah kaca sebab masalah perubahan penggunaan lahan tidak langsung (ILUC). Seperti sudah di jelaskan diatas bahwa lahan untuk sawit, ketika demand tinggi maka hal itu membuat petani harus mencari lahan baru dan saat ini semakin meluas ke lahan pertanian, hutan, dan lahan gambut. Efek emisi gas rumah kaca yang terjadipun sangat besar, maka parlemen uni eropa pun menetapkan pertahun 2021, biodiesel yang saat ini diproduksi dengan bahan baku crude palm oil (CPO) menjadi nol alias tak digunakan lagi, pada bulan januari 2018 yang lalu, mereka sepakat merevisi Renewable Energy Directive (RED) karena telah terjadi proses deforestasi yang luas di negara Asia dan Amerika Latin.



Sudah pasti kebijakan ini pun membuat sejumlah negara uring-uringan terutama Indonesia dimana menjadi produksi sawit terbesar di dunia, akan ada kerugian di masa depan ketika biodiesel tidak digunakan oleh unieropa.



Sebenarnya Biofuel itu apa sih ? Secara dasar adalah bahan bakar dari biomassa (yaitu bahan yang berasal dari tumbuhan dan hewan). Untuk menjadikan biodiesel maka bahannya adalah Minyak sawit mentah (Crude Palm Oil) melalui proses transesterifikasi, hingga menjadi biodiesel. Kegunaannya pun banyak untuk segala macam kebutuhan hidup pada manusia bisa untuk transportasi, pembangkit listrik, pemanas.

Jadi apa yang harus dilakukan Indonesia apa harus kembali memboikot produk uni eropa? Kenapa tidak di konsumsi pribadi apa tidak menguntungkan? Bayangkan bila BBM Indonesia murah karena ada biofuel yang produksinya lebih banyak di luar pulau jawa.



Ohh.. Come on... Bisnis ini bukan untuk negara tapi untuk perut para pengusaha, kenapa sasarannya harus ke uni eropa sedangkan masih banyak negara lain yang bisa membeli CPO dari Indonesia.

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-nyantai

c4punk@2019

Gambar google

Referensi Disinidan Disini

GIF








Diubah oleh c4punk1950... 02-05-2019 09:40
chevil
isu152
kyukyunana
kyukyunana dan 50 lainnya memberi reputasi
51
41.4K
289
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.