hackermaulana
TS
hackermaulana
Alasan Agan-agan pindah ke Linux
Agan-agan disini ada yang tau ?emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Linux Bebas Licensi/Gratis

Anda pengguna setia windows?? kemungkinan besar anda adalah seorang pencuri. Anda memaki dan menghina seorang koruptor berdasi?? sebenarnya anda tidak lebih baik dari seorang koruptor. Dalam artian anda sama-sama pencuri. Cuman bedanya, seorang koruptor mencuri uang rakyat dan anda adalah pencuri licensi dan hak paten. Anda tahu berapa juta harga licensi yang tertanam di komputer anda?? Windows XP mulai dari $103 – $1,499. Windows 7 mulai dari $356 - $1,921. cukup itu saja?? Tentu saja tidak. Anda masih membutuhkan Microsoft Office yang berharga $223 - $1,091. anda seorang designer pemakai adobe photoshop? CorelDraw? Dan yang lainnya? Dan masih banyak lagi applikasi lain yang anda gunakan? Coba dech anda bayangkan, anda pikirkan! Berapa total biaya product yang anda curi. Bayangkan jika anda punya karya cipta yang komersil kemudian karya anda itu dicopy dan dibagikan secara gratis oleh orang lain. Bagaimana perasaan anda?? mungkin anda marah dan rugi besar pastinya. Begitu juga dengan pemilik licensi software yang anda bajak. Apa hukumnya jika anda bekerja dan membuat proyek di komputer dengan software hasil curian ini?? anda mungkin tidak sadarkan diri dengan hal itu. Tapi sekarang anda sudah tahu kan?? apa yang seharusnya anda lakukan dan yang seharusnya tidak anda lakukan. (Maaf!! abaikan ini jika anda adalah seorang pengguna yang jujur dengan membeli produk software yang original. Salut dengan anda, 4 jempol untuk anda.
Berbeda dengan OS Windows, Linux adalah operating system yang berbasis GPL (General Public Licensi) alias gratis. Linux bebas di copy dan di sebar luaskan, bebas di distribusikan, bebas di modifikasi sesuai dengan selera anda. Tidak hanya OS-nya saja yang gratis. Software-softwarenya pun juga gratis. Anda bebas mendownloadnya di internet ataupun mengcopy punya temen. Saya jamin anda tidak akan terkena tuntutan hukum hanya karena memakai produk linux.

Linux Open Source

Windows adlah software yang bersifat Close Source. Maksudnya kode-kode program di wimdows di tutup rapat atau di rahasiakan. Jadi kita tidak di perbolehkan merombak atau mengotak-atik dan mengedit program dari OS ini. Lain halnya dengan linux. Linux adalah OS yang bersifat Open Source. Dimana kode-kode program yang dimiliki linux bersifat terbuka. Sehingga, setiap orang memperbolehkan mengedit, memperbaharui ataupun memperbagus kualitas softwarenya. Untungnya ..?? tentu saja software cepat sekali berkembang. Setiap kali ada masalah atau bug kecil akan segera di perbaiki da di sempurnakan. Inilah salah satu kelebihan OS linux. Karena di kembangkan dari hasil pemikiranpara programmer. Dan dengan sifat linux yang Open Source, linux menghasilkan bermacam-macam distro yang di rancang sesuai dengan kebetuhan, seperti yang ada saat ini.

Linux Itu Aman

Bukan hal baru lagi kalau komputer atau laptop kita terkena virus. Meskipun kita sudah memakai anti virus dan anti spyware yang canggih, tetap aja bisa di bobol. Bukan hacker namanya kalau menyerah membobol system hanya karena anti virusnya yang canggih. Dan tentunya, ini adalah hal yang sangat menyebalkan. Apalagi sampai merusak file-file penting kita. Pernahkan anda memakai anti virus yang canggih?? tentunya pernah dong ..!! tapi apakah anda pernah dengan anti virus yang canggih komputer anda tidak pernah disusupi virus?? ehmmm .. kayaknya tetap aja tuch virus menyusup ke komputer kita meskipun memakai anti virus yang canggih. Sampai-sampai nich ya ..!! tidak hanya satu anti virus yang digunakan. Bahkan sampai tiga anti virus yang digunakan. Tapi hasilnya ..?? ehmm .. ya gitu dech!! Lantas linux aman ..?? Tentu saja ..!! Pada waktu seminar nasional yang diadakan oleh KSL UI MADURA dalam rangka release party UBUNTU 11.10 ONEIRIC OCELOT pada bulan desember 2011 lalu. Bapak pemateri bilang begini “Selama 9th saya memakai linux, saya tidak pernah bertemu atau menemukan virus di linux” keren kan ..?? mengapa bisa demikian?? Alasannya simple. Karena linux memiliki bangunan system yang berbeda dengan windows. Virus windows tidak bisa membobol linux virus tidak mengenali bahasa system linux. Kenapa tidak dibuat saja virus untuk linux?? Pertanyaan yang solid+cerdas. Hehe ..!! Tapi siapa yang berkenan membuatnya ..?? anda tahu? Hacker itu penggemar linux. Tidak mungkin kan seseorang merusak sesuatu yang digemarinya. Masak sesuatu yang digemari mau di rusak sendiri.

Linux Stabil dan Cepat

Mungkin ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan pertanyaan ini. Karena menurut saya hal ini sesuai dengan pengalaman masin-masing. Anda pasti pernah mendapatkan informasi “Not Responding” terutama ketika menjalankan program yang berat. Alasannya karena system windows kelelahan. Sehingga ketika sedang menjalankan suatu program, windows tiba-tiba bilang “Not Responding” . Dan paling menyebalkan adalah windows secara terpaksa menutup program dengan tiba-tiba. Dan hasilnya pekerjaan kita hilang dengan sia-sia. Hal seperti ini saya alami ketika saya kelas tiga SMA. Pada waktu itu, saya disuruh mendesign album kenangan. Ketika lagi asyik-asyiknya mendesign, laptopnya sering mengalami hang dan secara tiba-tiba programnya tertutup. Habis dech hasil designku. Mau tidak mau saya harus ulang dari depan lagi. Dan yang paling parah lagi, kejadian ini tidak hanya terjadi satu kali. Sehingga pekerjaanku itu memakan waktu yang lama. Bagaimana dengan linux?? sesuai dengan pengalaman saya, linux itu cukup mampu menjalankan banyak program sekaligus. Satu hal penting, linux mampu memberikan efek grafis sekelas dengan windows 7 tanpa membutuhkan hard ware dan VGA yang tinggi. Tidak percaya?? anda bisa mencobanya sendiri dengan komputer sekelas pentium 4 atau bahkan pentium 3.

Linux Mudah dan User Friendly

Masih beranggapan linux itu sulit dan tidak user friendly?? kata siapa?? linux kini sudah tampil lebih sempurna. Dengan menghairkan GNOME dan KDE, linux membawa tampilan berupa GUI (Graphic User Interface) yang mudah dan user friendly. Mungkin yang bilang linux itu sulit karena dia tidak terbiasa dengan command line yang dijalankan melalui terminal. Sebenarnya hal itu tidak sesulit yang mereka bayangkan. Kita hanya perlu kebiasaan saja. Kita bisa karena biasa. Lagi pula kalau anda tidak suka mengeksekusi perintah dengan command line, anda bisa melakukannya pada mode GUI (Graphic User Interface). Seperti menginstall applikasi. Anda tinggal masuk aja ke menu software center setelah itu search applikasinya lalu install. Udah bereskan ..?? Apanya yang sulit ..?? Linux itu indah, mudah, aman dan halal.
Mungkin cukup sampai disini dulu. Tapi sekali lagi saya mohon maaf. Saya tidak bermaksud mendiskreditkan pihak lain. Jujur saya bukan orang yang anti terhadap windows.
Saya ucapkan salut kepada Agan-agan yang sudah pindah dari si Jendela ke Linux emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Diubah oleh hackermaulana 13-01-2014 09:30
anandadendykristata604
tata604 dan anandadendykris memberi reputasi
3
33.7K
453
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
icon
4.4KThread2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.