archlinux.idAvatar border
TS
archlinux.id
Komunitas Archlinux
Selamat Datang di Komunitas Archlinux Indonesia

Quote:


Quote:


Apa itu Archlinux ?
Archlinux merupakan distro Linux independen artinya dibangun dari nol (from scratch) merupakan salah satu distro Linux 10 besar terbanyak pengguna dari sekian banyaknya distro Linux. Archlinux dibangun atas dasar sebuah semboyan filosofi KISS (Keep It Simple Stupid) dimana keserderhana adalah salah satu ciri khas dari Arch itu sendiri.

Sederhana disini diartikan sebagai, seluruh aplikasi yang Anda inginkan berada ditangan Anda tidak terpaku pada paket itu sendiri. Seperti Anda ingin menggunakan DE (Desktop Environment) Gnome, KDE, XFCE atau apapun, atau tidak menggunakan DE melainkan hanya WM (Windows Manager) saja. Semua tergantung bagaimana nantinya Arch Anda gunakan, untuk keperluan apa Anda gunakan disesuaikan dengan kehendak Anda.

Lain halnya dengan distro yang sudah satu paket dalam ISOnya. Terkadang ada saja aplikasi yang kita tidak butuhkan namun aplikasi itu menjadi sebuah aplikasi inti dari distro itu, jika kita hapus maka akan mempengaruhi sistem. Di Archlinux tidak demikian. Inilah arti daripada kesederhanaan Arch. (Sumber: situsali.com)

Kelebihan Archlinux
  • Rolling-Release, ini adalah sebuah kelebihan utama dari Archlinux itu sendiri. Dimana memungkinkan kita jika upgrade sistem tidak perlu mengunduh ulang ISO Archlinux atau menginstal ulang Archlinux. Karena dengan Anda meng-update software, bisa jadi meng-upgrade sistem juga. Dengan metode rolling-release ini, selalu menjaga sistem Anda up-to-date.
  • Bleeding Edge, adalah sebuah istilah dimana Anda selalu dapat menikmati perangkat lunak terbaru lagi stabil.
  • Wiki yang lengkap (https://wiki.archlinux.org/). Wiki Arch merupakan sebuah wiki panduan yang lengkap dan disusun rapi, juga dengan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Sayangnya, Wiki Arch yang berbahasa Inggrislah yang lengkap.
  • Performa, karena Archlinux ketika diinstal dibangun atas dasar keinginan pengguna itu sendiri. Mau dijadikan apa Arch tersebut? Atau mau dinstal aplikasi apa saja di Arch tersebut? Semua tergantung pengguna itu sendiri.
  • Paket Manager yang cukup baik. Archlinux menggunakan paket manager pacman. Seperti halnya distro lain seperti Ubuntu dengan apt-get nya; Fedora dengan yum/dnf nya; Open Suse dengan zypper nya; Gentoo dengan emerge nya, dan lain sebagainya.
  • AUR (Archlinux User Repository) ini adalah kelebihan tersendiri dari Archinux dibandingkan dengan distro lain, dimana paket manager tidak hanya berfokus pada offical repository saja. Melainkan, kita juga bisa menggunakan unofficial repository tanpa harus menambahkan pada daftar repo. Seperti halnya PPA (Personal Package Archives) milik Ubuntu, untuk menggunakannya Anda harus menambahkan dulu pada daftar repo-nya, jika tidak Anda tidak bisa menginstal aplikasi dari PPA. Lain halnya dengan AUR milik Archlinux. Anda tidak perlu menambahkan pada daftar repo Anda, cukup ketik perintah yaourt -S aplikasi maka aplikasi dari unofficial repository bisa Anda dapatkan. (Sumber: situsali.com)


Unduh Archlinux


Cara Pemasangan (Install) Archlinux



Tutorial



Quote:



Daftar Aplikasi yang diperlukan
https://wiki.archlinux.org/index.php...f_applications

Daftar Sumber Laman Berbahasa Indonesia
  • https://situsali.com
  • ....
    Jika Anda punya blog pribadi terkait Archlinux mohon berkomentar di bawah agar nantinya saya masukan di list ini

Diubah oleh archlinux.id 14-04-2016 21:21
rykenpb
tata604
tata604 dan rykenpb memberi reputasi
2
106.6K
760
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
icon
4.4KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.