KASKUS.HQ
TS
KASKUS.HQ
Hamil Muda Beresiko, Begini Penjelasannya Gan!
Selamat Datang Untuk Seluruh Kaskuser Di manapun Berada.. Tanpa berbasa-basi Mimin persilahkan GanSis gelar tikar di mari buat nyimak inpoh yang super duper penting buat kita semua nih!

emoticon-Shakehand2



Kali ini Mimin bakal ngajakin Kaskuser buat ngobrolin soal kehamilan nih gan, tepatnya sih usia hamil yang paling ideal. Lhooo kok tumben sih Gan…?? Yes, soalnya ini info penting dan pastinya bermanfaat buat kita semua nih, terutama buat agan sista yang berencana menikah dalam waktu dekat dan langsung tancap gas pol buat bisa dapetin momongan.. emoticon-Selamat. Hamil dan bisa memiliki anak pastinya menjadi hal yang di-idamkan setiap pasangan di muka bumi. Sebelum ngomongin soal hamil mari kita tengok dulu soal kasus pernikahan muda yang ada di Indonesia, karena di Indonesia jumlah muda mudi menikah pada usia muda itu tinggi lhooo Gan.. Menurut data susenas 2015 nunjukin kalau masih banyak provinsi di Indonesia yang perkimpoian usia anak lebih tinggi dibanding sama angka nasional, padahal nikah di usia muda itu sangat berbahaya..!
emoticon-Wow

Apa Hubungannya Usia Hamil Ideal dengan Pernikahan Muda???



Kalau nyimak dari website Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), beberapa daerah di Indonesia masih menunjukan tingginya pernikahan dini emoticon-Wow. Tentu ini ga baik karena usia yang masih remaja rentan akan resiko yang bakalan dihadapi. Secara nih gan,… masa remaja itu masa di mana pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Pernikahan dini berisiko dikarenakan belum cukupnya kesiapan dari segi kesehatan, mental emosional, pendidikan, sosial ekonomi, dan reproduksi. Penting dicatat nih Gan, menurut dr Elizabeth Jane Soepardi,  Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tulang Vektor dan Zoonotik Kemenkes RI,  usia hamil ideal sendiri adalah pada usia minimal 20 tahun dan maksimal 35 tahun.

Begini Resiko Hamil Pada Remaja Perempuan

Kehamilan remaja bisa berakibat negatif bagi kesehatan remaja dan bayinya, termasuk juga berdampak baik segi sosial maupun segi ekonomi. Resiko kehamilan pada usia muda atau remaja di antaranya bisa berisiko kelahiran prematur, berat badan bayi lahir rendah (BBLR), perdarahan persalinan, yang bisa beresiko kematian ibu dan bayi. Proses persalinan pada kehamilan Ibu yang berada di bawah usia 20 tahun ikut menyumbang tingginya angka kematian neonatal, bayi, dan balita. Ada faktanya lhoo gan, menurut hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 yang bisa di-download di sini, datanya menunjukan angka kematian neonatal, postneonatal, bayi dan balita pada ibu yang berusia kurang dari 20 tahun lebih tinggi ketimbang pada ibu yang berusia 20-39 tahun emoticon-Mewek.


sumber : Twitter @KemenkesRI

Selain berpotensi menyebabkan kematian bayi dan ibu, hamil pada usia kurang ideal juga beresiko melahirkan bayi stunting yang bisa bikin bayi mudah terserang penyakit. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita gara-gara kekurangan gizi, kurangnya pengasuhan, dan kurang baiknya sanitasi di rumah, sehingga anak jadi terlalu pendek pada seusianya. Kondisi bayi stunting bisa dipengaruhi oleh kurangnya asupan gizi selama 1000 Hari Pertama Kehidupan dan juga sanitasi atau kebersihan.

Sekian info yang bisa Mimin share tentang usia hamil ideal yang wajib diketahui oleh seluruh Agan dan Sista dimanapun berada.

Thread ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka ikut mensosialisasikan usia hamil ideal ke Agan, Sista, dan seluruh remaja di Indonesia…

emoticon-Cool

Bagi Kaskuser yang mau berdiskusi atau bertanya, silahkan langsung reply aja gan di mari… nanti bakal Mimin jawab dan quote di laman pertama…
emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh KASKUS.HQ 29-04-2019 06:35
lusilverstalkeritdiv1syarif
1syarif dan 4 lainnya memberi reputasi
5
19.2K
86
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Indonesia Update
Indonesia Update
icon
24.3KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.