junleonAvatar border
TS
junleon
Tips Pintar Merawat Earphone Biar Nggak Cepet Rusak dan Kotor
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Agan pasti punya benda yang namanya earphone kan? Earphone adalah alat yang digunakan untuk mendengarkan suara dari perangkat secara pribadi. Jadi suara hanya terdengar di telinga Agan saja. Earphone sering dipakai ketika orang sedang jenuh atau bosan, nah untuk mengusir rasa bosan itu, mereka mendengarkan musik lewat earphone.

Sering kali earphone yang kita pakai cepat rusak, padahal baru saja beli. Ataupun sudah lama, akhirnya kotor dan tiba-tiba rusak. Bagaimana sih cara menjaga earphone biar nggak cepet rusak dan kotor? Nah, nggak usah kelamaan, langsung aja cekidot tips-tipsnya gan!



Pasang dengan Benar

Ini yang pertama dan perlu diperhatikan, yakni cara pemasangannya. Seperti contoh diatas, gambar tersebut menunjukkan bagaimana cara memasang earphone dengan benar. akan tetapi, masih saja banyak yang memasang earphone dengan cara digantung, bukannya di kaitkan, seperti contoh yang benar.

Jika kita memasang earphone dengan benar, tentu saja hal itu bisa menjaga earphone tetap aman dan tidak gampang lepas dari telinga. Hal tersebut juga mencegah earphone dari kerusakan akibat cara pemasangan yang salah.



Gunakan Volume Teratur

Kedua yakni pengaturan volume saat menggunakan earphone. Maksud dari gunakan volume teratur adalah pengaturan volume yang sesuai dengan keadaan. Semisal kita berada di kamar tidur yang sepi, pakai volume sedang saja, dan misal kita sedang berada di cafe yang ramai, gunakan volume stabil, tidak terlalu kencang tapi suara dari earphone tetap terdengar.

Hal ini sangat disarankan mengingat telinga adalah organ tubuh yang harus kita jaga. Dengan mengatur volume suara saat memakai earphone secara bijak, kita bisa menjaga kondisi telinga, dan menjaga earphone kita dari kerusakan yang mungkin bisa terjadi karena memakainya dengan volume yang tak teratur.



Jangan Dipakai Saat Tidur

Ini yang paling bahaya dan kita diharap sebisa mungkin tidak melakukannya. Kenapa mendengarkan musik dengan earphone saat tidur bisa membahayakan? Kan bisa bikin kita cepat tidur? Kalau kita dalam kondisi masih melek alias nggak sampai tidur pules, ya nggak masalah karena tubuh masih dalam keadaan sadar. Beda cerita kalau Agan pakai saat tertidur pulas. Earphone yang dipakai bisa saja melukai telinga Agan loh, karena terlalu lama dipakai dan mengeluarkan volume suara saat tidur.

Ketika tidur, kita juga tidak sadar kalau earphone yang kita pakai, bisa saja membuat earphonenya rusak, semisal kabelnya terputus. Hal ini bisa saja terjadi karena pergerakan posisi tidur kita yang tak teratur, dan bisa membuat kabel earphone yang mungkin berada di sekitar Agan tertarik-tarik dan putus.



Jika Dipinjam Teman, Jangan Lupa Bersihkan

Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari earphone Agan. Misal teman Agan ingin meminjam earphone Agan, bersihkan dahulu earphone dengan tisu. Dan setelah dipinjam teman pun, earphone Agan juga harus dibersihkan. Mengapa begitu? Hal ini wajar, karena dikawatirkan congek-congek yang ada di earphone bisa menularkan kuman-kuman yang bisa membahayakan telinga Agan. Sangat berbahaya, bukan?

Tidak hanya ketika sebelum dan sesudah dipinjam teman, earphone pun juga perlu Agan bersihkan secara teratur. Agan bisa membersihkannya dengan tisu, cottonbud, sikat gigi, ataupun kapas kecil.



Simpan Baik-baik

Terakhir yang paling penting adalah cara menyimpan earphone. Simpan earphone Agan dengan baik dan benar. Seperti contoh ketika dirumah, Agan bisa menaruh earphone dengan cara digantung di dinding. Atau misal didalam tas, Agan bisa menaruhnya didalam kotak kecil untuk menyimpan earphone, atau menaruh ditempat terpisah dengan alat-alat kecil yang mungkin saja bisa membuat kabel earphone membelit alat-alat tersebut.

Jangan pernah menaruh earphone di saku celana, apalagi dibagian saku belakang. Kenapa? Misal Agan duduk di kursi tapi Agan lupa kalau ada earphone di saku celana belakang, otomatis earphone akan tertekan pantat dong? Nah, hal itu pastinya bisa membuat earphone Agan rusak ataupun pecah.



Diubah oleh junleon 21-02-2022 07:49
DevilMayHorny
zyzyrezzy
sendhaljepit
sendhaljepit dan 17 lainnya memberi reputasi
18
9.2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Electronics
Electronics
icon
6.3KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.