alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc839729a972e3c01564bbf/jokowi-bicara-3-lokasi-ibu-kota-bisa-kalimantan-sulawesi-sumatera
Lapor Hansip
30-04-2019 19:02
Jokowi Bicara 3 Lokasi Ibu Kota: Bisa Kalimantan, Sulawesi, Sumatera
Past Hot Thread
Jokowi Bicara 3 Lokasi Ibu Kota: Bisa Kalimantan, Sulawesi, Sumatera
Presiden Jokowi di ratas proyek strategis nasional Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A


Presiden Jokowi menyetujui rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke daerah yang terletak di luar Pulau Jawa. Hal itu diputuskan saat rapat terbatas bersama sejumlah menteri terkait, Senin (30/4).

Jokowi menjelaskan, ada 3 kandidat lokasi Ibu Kota yang baru. 3 kandidat itu terletak di pulau Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Semuanya masih dibahas bersama untuk dipertimbangkan secara matang.

"Bisa di Sumatera tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan kok di tengah- tengah. Kira-kira itulah," kata Jokowi usai makan siang bersama para buruh pabrik sepatu di Kelurahan Telagasari, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (30/4).

"Ada 3 kandidat tapi memang belum diputuskan kita harus cek dong secara detail," imbuhnya.

Jokowi lantas menjelaskan pertimbangan dalam memilih Ibu Kota yang baru juga merujuk pada daya dukung lingkungan, air hingga ketahanan dalam menghadapi bencana seperti gempa bumi. Pemerintah, kata Jokowi, secara serius sudah mengkaji hal ini dalam 3 tahun terakhir.

"3 tahun ini kita bekerja ke sana, bagaimana mengenai lingkungan, daya dukung lingkungan, air seperti apa, mengenai kebencanaan banjir, gempa bumi seperti apa, " kata Jokowi.

"Kemudian nanti pengembangan ibu kota ke depan apakah masih memungkinkan, semua kalkulasi harus dirampungkan dulu. Nanti disampaikan ke saya, nanti saya putuskan," lanjutnya.

Jokowi Bicara 3 Lokasi Ibu Kota: Bisa Kalimantan, Sulawesi, Sumatera
Warga bersepeda di area Monas Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan.


Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat wali kota Solo dan gubernur Jakarta ini menjelaskan dasar pemikirannya soal wacana pemindahan ibu kota. Salah satunya adalah keberlangsungan hidup di masa depan, baik dari segi lingkungan maupun bagi warga masyarakat.

Apalagi, saat ini Pulau Jawa memiki jumlah populasi yang sangat besar. Jokowi mengatakan, rencana ini merupakan rencana jangka panjang.

"Ini kan kita ini kan tidak berpikir sekarang. Berpikir 10, 50 tahun, 100 tahun akan datang. Kita tahu di Jawa ini kepadatan penduduknya saya kira sudah... Kita ini memiliki 17 ribu pulau tapi di Jawa sendiri penduduknya 57 persen dari total penduduk di Indonesia. Kurang lebih 149 juta," jelas Jokowi.

Dengan kondisi ini, lanjut Jokowi, Jakarta tak lagi memiliki daya dukung yang besar untuk keberlangsungan lingkungan. Sehingga, pemindahan ibu kota merupakan solusi yang tepat.

"Sehingga daya dukung baik terhadap air baik terhadap lingkungan baik lalu lintas. Semuanya memang ke depan sudah tidak memungkinkan lagi. Sehingga kemarin saya putuskan di luar Jawa, pindah," pungkasnya.

Quote:SUMBER:
https://kumparan.com/@kumparannews/j...ra-1qzHW2b6XHB
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 10
01-05-2019 15:29
Pulau madura aja gan emoticon-Big Grin
0
01-05-2019 15:29
topik yang menarik, kalimantan kayaknya bagus buat dijadiin ibukota emoticon-Angkat Beer
0
01-05-2019 15:32
seandainya terealisasi, gw harap budget atau pengeluaran uang untuk pembangunan istana presiden yang baru atau apalah itu, anngaran dan uang yang terpakai harus transparan.
0
01-05-2019 15:36
Sebenernya sih gue ga terlalu peduli, asal kondisi hutan disana tetap dijaga dengan baik + ngga bikin susah kalo ada urusan tertentu
0
01-05-2019 15:37
Para pelaku usaha tampaknya ogah ikutan pindah, di jawa lebih menguntungkan bagi mereka karena tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.
0
01-05-2019 15:42
Balikpapan menurut gw cocok. Di sana bahasa sehari-hari pake bahasa indo, trus pemikiran orang2nya udah maju. Lahan masih banyak diantara Balikpapan-Samarinda dan harga stabil. Infrastruktur yang selama ini dibuat cukup memadai dan terawat karna masyarakatnya bisa dipercaya untuk menjaganya. Balikpapan juga minim bencana dari tsunami dan gempa atau gunung meletus, karna posisi kotanya ga berdiri di atas cincin api. Untuk warga pendatang nantinya ga bakal kesulitan beradaptasi di kota itu karna memang mayoritas penduduknya adalah pendatang dari seluruh daerah.

Palangkaraya masih rawan gesekan sosial dengan penduduk setempat. Harga tanah pun ga stabil. Sebagian besar wilayah berada di lahan gambut yg mana kandungan airnya ckp asam. Sulawesi atau sumatera masih rawan bencana, kurang worth dijadikan ibu kota pemerintahan.
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1
01-05-2019 15:49
Quote:Original Posted By gnuta
Papua atau Kalimantan adhl solusi cerdas yg pnting jauh dri ormas- pengangguran yg kerjany sesuai musim


lah khan pengangguran nanti mao dibudidaya sama pakde dgn program kartunya, knp jadi bawa' pengangguran?
profile-picture
adnansz memberi reputasi
1
01-05-2019 16:10
ane vote Kalimantan aja bre
0
01-05-2019 16:13
ane vote Kalimantan aja deh bre
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1
Lapor Hansip
01-05-2019 16:29
Balasan post restlessv1.0
Quote:Original Posted By restlessv1.0
Bagus di Kalimantan, gak bakal ada demo berjilid2 disana. Selain berat di ongkos, berani ngerusuh, leher bisa putus sama mandau terbang. emoticon-Big Grin


Ini bener banget neh
Gak ky di Jawa banyak demo tawuran carok bacok sana-sini

Di Kalimantan mah klo berantem sepi

Tau2 kepala sdh putus emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
restlessv1.0 dan sukakuda memberi reputasi
2
01-05-2019 16:41
Otw Palangka Raya emoticon-Ngacir
0
01-05-2019 16:59
Kalau di Kalimantan lebih dekat sama negara-negara lain, kalo perang lebih cepet pesawatnya sampe kalimantan. hihihihihi
0
01-05-2019 17:16
ya semoga ibukota nanti nya bisa lebih bersih dan jakarta bisa lebih berbenah dan fokus akan misi gubernurnya pak anies , biar lebih terfokuskan aja
0
01-05-2019 17:54
Di pulau sendiri aja enak tuh hahahha
0
01-05-2019 17:56
Sudsh seharusnya gan....
Pemerataan dgn pindah ibukota bisa lebih efektif...
Walaaupun ada cost yg ditanggung...
Kalimantan atau papua sangat rasional...emoticon-Angkat Beer
0
01-05-2019 18:05
cari yg tengah2 lah. kalo sumatra malah tambah minggir ke barat
0
01-05-2019 18:06
pendukung mantan gubernur lungsuran bakal ikut pindah keluar jakarta gak yah?
0
01-05-2019 19:50
abis ribut sara, capres bntr lg pada ribut kalo daerahnya lebih baik buat dijadiin ibu kota emoticon-Leh Uga
0
01-05-2019 19:57
mending pindah ke lombok,, jadi ga ngerusak paru2 dunia (kalimantan)
0
01-05-2019 21:10
klo pilihannya cuma itu kynya Kalimantan cocok tuh...
0
Halaman 8 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.