alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc7bb3c365c4f7c934ba501/alasan-mengapa-pertanian-amerika-serikat-maju-indonesia-bisa-tiru
Lapor Hansip
30-04-2019 10:04
Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru
Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

JAKARTA - Negara Amerika Serikat adalah negara paling maju yang ada didunia ini, Amerika tidak hanya maju dalam bidang teknologi saja, namun Amerika juga maju dalam segala bidang seperti bisnis, ekonomi, politik hingga bidang pertanian. Dan sector yang paling terlihat yang membuat Amerika Serikat maju adalah faktor ekonomi dan industri.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Amerika Serikat dikenal dengan nama negara Paman Sam, negara ini memiliki basic pertahanan yang baik di sector industry, anda akan menemukan industry pertanian di Waterloo, tekstil di Georgia dan juga California.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Selain itu anda juga bisa menemukan industry tepung yang berada di New York, St Paul, Mineapolis dan Chicago. Dan semua sector industry ini benar-benar dikelola dengan baik.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Dan negara Amerika menjadi negara penghasil pertanian seperti kacang kedelai, beras, kentang, tembakau, gandum yang mana dibeli oleh negara-negara yang ada didunia ini.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Amerika memiliki kekuatan besar dalam sector pertanian, karena disini anda akan melihat sistem dan konsep pertanian yang modern, peralatan canggih seperti traktor yang multifungsi, dan masih banyak lagi lainnya.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

beberapa hasil bumi berikut ini juga bisa anda jumpai di Amerika Serikat, seperti padi, buah-buahan, sayuran, jagung, dan lain sebagainya.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Hasil pertanian di Amerika ini sangat berpengaruh pada pendapatan dalam negeri, mampu menyumbang perekonomian yang cukup besar. Amerika memiliki beberapa cara agar sector pertanian mereka mampu menghasilkan hasil yang memuaskan.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Berikut dua sistem kerja Amerika yang penting untuk kita ketahui :


1. Sistem kerja mekanisme yang melibatkan sistem

Pekerjaan dengan menggunakan peralatan yang canggih membuat lebih efektif dan efisien, anda akan lebih sedikit mengeluarkan tenaga, pengerjaan dilakukan oleh mesin sehingga lebih cepat untuk penanaman dan proses lainnya.

2. Sistem kerja monokultur

Amerika juga menggunakan sistem kerja pertanian monokultur, sehingga mereka hanya menanam satu jenis tanaman saja, contohnya didearh utara banyak yang menanam jagung, didaerah Missipi anda akan menemukan hasil pertanian berupa gandum. Selain itu di New Meksiko anda juga akan menemukan pertanian berupa kapas, didaerah Carolina, Virginia dan Kentucky anda akan menemukan lahan pertanian berupa tembakau.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Dari sistem dan cara diatas negara Amerika Serikat mampu memberikan hasil yang maksimal di bidang pertanian, maka tidak heran jika banyak negara yang memilih Amerika sebagai tempat pembelian hasil pertanian yang memiliki kualitas yang bagus.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Dengan kemajuan pada sector pertanian maka pangan Amerika tersedia berlimpah, negara lain termasuk Indonesia berbondong-bondong untuk mendapatkan hasil pertanian lainnya.

Alasan Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju, Indonesia Bisa Tiru

Indonesia yang merupakan negara agraris sangat perlu mulai mengembangkan sector pertanian, apalagi negara Indonesia hanya memiliki 2 iklim saja, sehingga keberhasilannya lebih besar dibanding negara lain yang memiiki 4 iklim.

https://www.eriefoodbank.org/alasan-...-serikat-maju/

Padahal amerika punya 4 musim, jadi lebih rumit. Tapi karna dikerjakan dengan otak dan hati, maka apapun bisa berhasil.

Amerika menguasai semua sektor hidup manusia di dunia ini, gila!
Diubah oleh lpdp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
30-04-2019 10:44
amerika lahan datarnya banyak beda sama kita yg dikit2 bukit dan gunung terus lagi sumpek penduduknya

kita disini gak bisa pake mesin gede kayak di amerika...bahkan jalanan kampung disini kekecilan buat mindahin mesinnya kesana

kalo mau bersaing di beras harus siap2 gundulin hutan di bukit dan gunung lebih banyak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 10:44
Quote:Original Posted By cahaya.tengah
klo disini, klo dibikin sistem zona mungkin bakal bagus. misal Jateng khusus tanam cabe dan bawang, jabar sayur2an, jatim buah2an, Sumatra padi, kalimantan rempah2, sulsel rempah2, NTB bawang putih.. padi mah import aja sebagian karena lebih murah


apa keunggulan sistem zona dibanding yg sekarang ?
0
Lapor Hansip
30-04-2019 10:45
Balasan post lpdp
TS pernah ngeliat ga penguasaan lahan yg disebut petani di US sono dibandingkan sama di Indonesia, rata rata kepemilikan lahan di US sono dan dimari..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 10:45
Quote:Original Posted By mizunashi
amerika lahan datarnya banyak beda sama kita yg dikit2 bukit dan gunung terus lagi sumpek penduduknya

kita disini gak bisa pake mesin gede kayak di amerika...bahkan jalanan kampung disini kekecilan buat mindahin mesinnya kesana

kalo mau bersaing di beras harus siap2 gundulin hutan di bukit dan gunung lebih banyak


nah ini masuk akal.
0
30-04-2019 10:46
Yaelah 1 petani amerika bisa megang sekian hektar ? Lah disini msh meter persegi emoticon-Blue Guy Bata (L)

Modalin dong jgn sawit doang yg dipermudah pinjamannya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 10:46
Quote:Original Posted By chibiyabi
TS pernah ngeliat ga penguasaan lahan yg disebut petani di US sono dibandingkan sama di Indonesia, rata rata kepemilikan lahan di US sono dan dimari..


kalo di US gimana penguasaan lahannya ?
0
Lapor Hansip
30-04-2019 10:46
Balasan post waluyojati121
Belajar dari sistem nya gan..
0
30-04-2019 10:48
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Yaelah 1 petani amerika bisa megang sekian hektar ? Lah disini msh meter persegi emoticon-Blue Guy Bata (L)

Modalin dong jgn sawit doang yg dipermudah pinjamannya emoticon-Ngakak (S)


kata bokap gw , jaman mbah harto ada program transmigrasi.
penduduk jawa yg padet dipindahin sebagian ke pulau kek kalimantan , sumatera yg masih lengang.
peserta transmigrasi diberi lahan sawah gratis utk dikerjakan sendiri dan jual hasilnya utk mencukupi kebutuhan sendiri

entah apa transmigrasi masih ada sekarang
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 10:53
Quote:Original Posted By BMAGLY
coba jelasin gan ,kudunya gimana perhatian pemerintah dari hulu ke hilir ?


Hulu.... Ane merasa dan mengakui pemerintah saat ini sudah sedikit banyak menaruh perhatian...walau masih kurang maksimal... emoticon-Big Grin

Hilir.... ini yg kurang mendapat perhatian dari pemerintah... tentang harga panen,tentang mekanisme pasar dll
Belum lagi regulasi juga... akibatnya ada ke tidak stabilan harga

Ane pernah mengalami harga panen lebih murah dari biaya produksi...dan itu ndak hanya sekali dua kali emoticon-Nohope
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 10:53
Quote:Original Posted By eFVZee
Mengapa Pertanian Amerika Serikat Maju? Alasannya simple aja, di AS gak ada tengkulak yg didukung pemerintah setempat, jadi meskipun rata2 pertanian mereka dimiliki oleh perseorangan, gak pada rugi ngejualnya.


meskipun disana seakan-akan ngga ada tengkulak,tapi ancaman pertanian yang dikelola perorangan mulai kalah sama pertanian big corporate, banyak yang terpaksa merger dengan sistem pembagian hasil yang ga fair atau kehilangan tanah pertanian akibat hiutang bank.

Quote:Original Posted By pakulidi
yg saya liat disekitar nih, saya tinggal ponorogo dimana banyak lahan pertanian malah jadi perumahan, pemerintah setempat lebih menggutamakan TKI dan TKW, setiap haria dasaja yang mendaftar ke biro dan mengurus visa untuk jadi TKI TKW..



sedih banget banyak kok yang ke kota-kota besar seperti di Surabaya dan Malang malah jadi driver online,dan alasannya sama istri jadi TKW sementara anak dititipkan ke orang tua/mertua lalu keduanya kerja disektor "padat karya" padahal kalau denger alesan mereka klise banget lahan dijual karena hasil garapan dinilai ga mampu buat beli pupuk kalaupun ada juga suka dipersulit pupuknya belum lagi kena sistem ijon makanya banyak lahan terpaksa dijual dan jadinya daerah subur cuma jadi perumahan.

point utama pemerintahan cuma sibuk cari dana tapi kemajuan petani dan peternak lahan dinomor sekiankan.kerjaan dinas pertanian dan peternakan cuma omdo

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
30-04-2019 10:54
Balasan post BMAGLY
Siapa aja boleh jadi anggota KUD, sama kayak koperasi2 sekrang, cuman karena kampung gw banyak sawahnya, yg jadi anggota kebanyakan ya Petani padi. Sori itu juga kalo gak salah, soalnya itu taun 90an, gw masih SD. Taun 2000an kesini, dimana sawahnya rata2 udah dijual, otomatis KUD di kampung gw juga ilang.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
30-04-2019 10:56
Balasan post tanah.liat
bukan bidang itu saja sih pemerintah kesanya membiarkan rakyatnya berjuang sendiri dalam usaha lain2 dan keselnya kalau usaha itu udah ada hasilnya rajin narik pajak pendapatan emoticon-Najis
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 11:00
emoticon-Najis maju kepala paok TS
petani amerika aja sengsara pasca perang dagang
https://kumparan.com/@kumparanbisnis...mulai-meradang
Diubah oleh bpln.leader
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-04-2019 11:00
Quote:Original Posted By eFVZee
Yep, mereka tuh biasanya berupa koperasi resmi yg didukung pemerintah (dulu namanya Koperasi Unit Desa, KUD, tau deh skrg namanya apa), tapi tiap kali panen, mereka menentukan harga beli (dari petani) rendah bgt, sementara ketika mereka menjualnya ke pemerintah (Bulog), harga jualnya langsung tinggi bgt. Dulu desa gw terkenal akan hasil padinya, krn keadaan gitu terus, akhirna swahnya pada dijualin jadi perumahan, mal dll. Jadinya anak2 kampung gw sekrang gak pernah tau yg namanya belalang, kunang2, leutak (lumpur sawah) emoticon-sad


sejak orde baru bubar bermunculanlah para tengkulak2 yg membeli dari petani dgn hrg sangat murah kemudain di jual dgn hrg mahal.
0
Lihat 1 balasan
30-04-2019 11:04
pupuk di indonesia aja lebih banyak pupuk import emoticon-Hammer2
0
Lapor Hansip
30-04-2019 11:04
Balasan post suryanto.abc
justru KUD itu produk ORBA Gan, klo soal tengkulak sih, dari jaman kompeni juga udah ada.
0
30-04-2019 11:05
karena amerika ga maksain semua harus dr dalam negri....
Jd pertanian fokus ke produk yg mereka bisa, lainnya impor...

Ga kek dimari,
Ga bisa buat nanem kedelai, tapi impor kedelai dinyinyirin.

Kita fokus yg paling bagus di kembangkan di indo aja, jangan apa2 mau ditanam sendiri, teriak onta anti impor mulu.....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
30-04-2019 11:14
Balasan post angopmaksimal
Percayalah, pak Jokowi akan membawa Indonesia menjadi negara maju gan emoticon-Smilie
0
30-04-2019 11:16
mereka mau pake alat dan menerapkan teknologi. selain itu belajar ilmu manajemen buat ngejual produknya dgn harga terbaik.
disini petaninya diajarin pake alat malah ngeyel. katanya bertani dari jaman nenek moyang ya gini2 aja. setelah itu dijual dgn harga berapapun ke tengkulak terima pasrah aja. katanya rejeki udah ada yg ngatur.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
30-04-2019 11:32
Balasan post amatir91
Kembali lagi ke sdm artinya..
emoticon-Hammer2
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
sosialis-kelakuan-borjuis
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.