YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Biji-Bijian Tak Lazim Ini Ternyata Bisa Dimakan!




Berbicara mengenai biji-bijian, yang terlintas di benak kalian pasti nama-nama buah. Yup, buah yang kita konsumsi sehari-hari, terkadang tanpa sadar kita tak tahu bahwa ternyata bijinya pun bisa dimakan.

Bukan hanya dari buah, biji-bijian tak lazim dari pohon di bawah ini bisa dimakan meskipun tidak secara langsung, alias harus dimasak dulu. Penasaran? Yuk, disimak!

emoticon-Kaskus Bangetemoticon-Kaskus Banget emoticon-Kaskus Banget emoticon-Kaskus Banget


1. Biji Randu


Biji buah randu yang biasa disebut kelentheng, yang berbentuk bulatan kecil berwarna hitam ini ternyata bisa dimakan loh, GanSis. Pertama, kita perlu memisahkan biji dari kapuk randu yang sudah kering, kemudian dibersihkan dan disangrai. Rasanya? Wuih, gurih dan renyah. Berani nyobain?

2. Biji Asam Jawa


Dalam bahasa Jawa, biji ini bernama Klungsu. Bentuknya yang bulat, keras dan cokelat mengkilat membuat orang-orang meragukan bahwa biji ini bisa dimakan. Padahal, jika diolah dengan benar, buah ini pun layak dimakan. Caranya adalah dengan merebus klungsu sampai empuk, kemudian kulit luarnya akan mengelupas. Terus digoreng deh. Rasanya tak kalah deh dengan biji jambu monyet yang harganya selangit. 😄😄

3. Biji Trembesi


Di daerah ane, namanya adalah godril. Entah kalau di daerah lain. Biji yang terletak di bagian dalam buah trembesi ini berbentuk kotak-kotak kecil menyerupai bantal. Berwarna hitam dan keras. Meski keras, saat disangrai, kulitnya akan retak dan daging dari bijinya menyembul keluar. Rasanya gurih dan renyah loh, GanSis, yah walaupun beberapa ada yang keras juga. Kalau lagi sakit gigi mending jangan makan ini deh. 😄😄

5. Biji Rambutan


Kalian kalau habis makan rambutan bijinya dibuang kan? Padahal bijinya pun bisa dimakan loh, GanSis. Setelah disangrai, ditumbuk dan dijadikan emping, dijamin rasanya nggak kalah sama emping melinjo. Penasaran? Yuk, cobain. 😄😄

5. Biji Kapas


Dilansir dari National Public Radio, Departemen Pertanian Amerika Serikat dalam penelitiannya memasukkan DNA baru pada biji kapas dan membuat kandungan gossypol (racun) dalam bijinya menghilang sehingga aman dikonsumsi manusia. Gimana? Tertarik untuk mencobanya?

6. Biji Labu Kuning/Waluh


Waluh yang biasa dibuat kolak ini ternyata bijinya bisa dijadikan kuaci loh, GanSis. Caranya dengan dikeringkan kemudian disangrai. Rasanya nggak kalah loh sama kuaci bunga matahari.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Okelah, GanSis, itulah tadi ulasan mengenai beberapa biji-bijian yang ternyata bisa dimakan. Barangkali kalian mau menambahkan biji-biji yang lainnya, silakan berdiskusi.

Cukup sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru. Terima kasih sudah berkenan membaca dan jangan lupa kirimkan cendol dan komennya sebagai apresiasi. Selamat malam dan selamat beristirahat.


Sumber : disini
Ilustrasi : pixabay
Diubah oleh YenieSue0101 30-04-2019 06:12
hard.line
joesilver
edv039
edv039 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
18.9K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread•82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.