dungdunggdebakAvatar border
TS
dungdunggdebak
Puji tuhan...Naturalisasi Sungai Jakarta selesai akhir 2019.

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan program naturalisasi sungai dan waduk masih terus berjalan. Anies menargetkan program tersebut selesai pada akhir 2019.

"Kita sedang dalam lima wilayah yang sedang dalam proses, mudah-mudahan akhir tahun ini selesai. Salah satunya adalah di koridor Kali Ciliwung, sampai dengan pintu air Istiqlal. Begitu kemudian juga di Kanal Banjir Barat. Juga ada percontohan dari proses ini," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Anies juga menjelaskan bahwa proyek sodetan Kali Ciliwung juga masih terus berjalan. Pihaknya masih berkomunikasi dengan warga terkait pembebasan lahan.

Baca juga: Program Naturalisasi Anies akan Dimulai di Setu Babakan


"Ya kemarin saya baru bicara dengan Pak Kepala BPN juga. Jadi nanti akan dilakukan komunikasi lebih jauh dengan masyarakat," sebutnya.

Anies mengatakan proses pembebasan lahan tidak sederhana. Aspek legalitas tanah warga menjadi salah satu penyebabnya.

"Karena detailnya itu tidak sesederhana putusan itu. Di situ ada soal kepemilikan yang harus dituntaskan kita bicara dengan warga lagi soal itu. Nanti abis itu baru bicara pengukuran," ucap Anies.

Seperti diketahui, naturalisasi sungai dicanangkan Anies pada awal tahun lalu. Program ini, disebutnya, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.

Baca juga: Jakarta Banjir, PDIP DKI: Bawahan Anies Bimbang Terjemahkan Naturalisasi


"(Mengatasi banjir) salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," ungkap Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018).

Anies pun tidak mau ada betonisasi dalam naturalisasi. "Anda tidak ketemu betonisasi. Karena yang kita lakukan adalah naturalisasi," sebutnya.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Rodia Renaningrum pada akhir 2018 mengatakan konsep naturalisasi tak berbeda jauh dengan normalisasi. Konsep naturalisasi tidak menggunakan turap tapi bronjong. Dia berharap penggunaan bronjong dapat mengembalikan ekosistem sungai dan waduk.

"Kalau naturalisasi itu bukan betonisasi. Pakainya batu bronjong, batu kali itu kan biota bisa hidup. cacing bisa masuk, ikan kecil bisa masuk," urai Rodia.

https://news.detik.com/berita/d-4528...sai-akhir-2019

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan program naturalisasi sungai masih terus berjalan. Anies menargetkan program tersebut selesai pada akhir 2019.
kakekane.cell
apiijo
apiijo dan kakekane.cell memberi reputasi
2
5.1K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.