c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Wow..!! Mata Uang Zaman Sukarno 2 Rupiah 1 Gram Emas...


Ide Sukarno memang Briliant namun tahukah kalian ada idenya yang tak banyak orang tahu dan tentu saja kaum perekonomian kapitalis bisa meradang.



"Mata Uang Rupiah Bisa Di Tukar Dengan Emas Dimanapun Juga" intinya nilai tukar rupiah bergandengan dengan harga 1 gram emas, ide gila ini yang membuat perbankan dunia ketar ketir. Karena saat itu Indonesia diakui kehebatannya dan bisa menjadi sandungan kecil bagi mereka yang ingin mengeruk sumber daya alam kalau Bung Karno masih memimpin, terlebih lagi beliau adalah Presiden Seumur Hidup.



Tepatnya di pemerintahan Soekarno di mana ORI singkatan dari Oeang Repoeblik Indonesia, yang dikeluarkan dengan dekrit No. 19 tahun 1946 pada tanggal 25 Oktober 1946 mempunyai nilai tukar terhadap uang sejati (emas) Rp 2 = 1 gram emas. Jadi prinsipnya Rp 1 ORI pada saat dikeluarkan punya nilai dan daya beli setara dengan Rp 100.000 uang tahun 2007 atau sekitar Rp 175.000 uang tahun 2010. Bahkan Rp. 658.000 uang di tahun 2019.

Dan bila itu terjadi maka nilai rupiah akan stabil di 2 rupiah kamu bisa membeli 1 gram emas, bayangkan bila ini terus terjaga bukan tak mungkin dollar tak ada yang minat lagi pembelinya di Indonesia.

Wuaduhhh kok bisa sebab negara yang baru saja merdeka ingin uang kita itu stabil ditakutkan nilai uang kertas akan jatuh merosot bila tidak disandingkan dengan emas, karena sebelumnya ada mata uang gulden dari perak, namun penggunaan uang saat itu memang tak begitu terasa penggunaannya karena uang di masa itu lebih banyak dipakai oleh mereka kaum menengah sedangkan di desa-desa masih menggunakan sistem barter. Bahkan di Yogya ada uang yang di cetak Paku Alam dan Kraton Yogya.



Saat Bung Hatta ingin ORI berkembang di tanah sendiri iapun berpidato dengan lantang, dengan semangat yang membara di RRI.

"Besok tanggal 30 Oktober 1946 adalah satu hari yang mengandung sejarah bagi tanah air kita. Rakyat kita menghadap penghidupan baru.

Besok mulai beredar Uang Republik Indonesia sebagai satu-satunya alat pembayaran yang syah. Mulai pukul 12 tengah malam nanti, uang Jepang yang selama ini beredar sebagai uang yang syah, tidak laku lagi. Beserta dengan uang Jepang ikut pula tidak berlaku Uang De Javasche Bank".



Disinilah blunder pemerintah yang terlalu cepat memproduksi uang hingga inflasi terjadi. Maka uang yang beredar pun semakin banyak pecahan tertinggi pada saat uang rupiah ORI dikeluarkan pada tahun 1946 pecahan terbesarnya adalah Rp 100. Kemudian dilanjut dengan pecahan Rp 250. Tahun 1947 tak cukup sampai disitu Rp 600 adalah pecahan tertinggi pada ORI tahun 1949. Hanya berselang 3 tahun uang kertas mengalami kenaikan jumlah dan variasi, setelah perekonomian berjalan barulah sadar pemerintah membuat kesalahan uang yang beredar cukup banyak di masyarakat mirip seperti venezuela hasilnya inflasi pun tinggi.

Diambillah kebijakan yang harus diambil masih ingat saat ORI dikeluarkan, untuk nilai tukarnya terhadap uang sejati (emas) 1gr emas = Rp 2 namun setelah ada kebijakan baru tanggal 10 Maret 1950, diberlakukan 1 gr emas = Rp 4,30 hanya dalam kurun waktu 3 tahun. Hal inilah yang membuat Indonesia pun krisis. Jadi bukan karena uangnya disandingkan dengan emas namun terlalu banyak uang yang beredar di masyarakat yang membuat nilai uang kertas itu jatuh. Ditambah lagi pemberontakan di 1965, maka Suharto lah yang berkuasa dan nilai uang kertas pun tidak disandingkan lagi nilainya dengan emas.



Bila pemerintah tak gegabah mungkin saja nilai mata uang Indonesia tertinggi di Asia, 2 rupiah setara 1 gram emas. Wahh apakah pemerintah sekarang mau mengikutinya ? Nampaknya tidak mungkin lah ya....walau punya tambang emas di negeri sendiri.

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-nyantai

c4punk@2019
referensi tulisan

Gambar google

GIF




Diubah oleh c4punk1950... 26-04-2019 04:31
danQe
kaskus.dev.04
fyrinn
fyrinn dan 15 lainnya memberi reputasi
16
21.6K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.