romiirAvatar border
TS
romiir
[ CATPER ] Gunung Arjuno Welirang Maret 2019
 emoticon-Traveller   [ CATPER ] Gunung Arjuno Welirang Maret 2019emoticon-Traveller
             





Salam Lestari !!.

Berhubung gua kemaren habis melakukan pendakian ke gunung arjuno welirang, jadi gua pengen ngasih sedikit informasi buat para agan-agan dimari sekilas tentang gunung arjuno welirang. Siapa tau bisa jadi referensi buat agan agan sekalian . emoticon-Cool

Spoiler for Sekilas tentang G.Arjuno & G. Welirang:

Cukup gua rasa belajar geografinya emoticon-Big Grin

Sekarang kita belajar ekonomi emoticon-Hammer

Gunung Arjuno gimana caranya kita bisa sampe kesana dengan low budget ?
Spoiler for jawabanya:


Gunung arjuno punya 4 jalur pendakian. Kali ini gua bahas yg Via tretes yang ekstrim haha

Jalur tretes ini terletak tretes kab. Pasuruan jawa timur. Cara menuju jalur ini bisa di lewati dengan 2 pilihan. Lewat surabaya atau lewat malang. Tapi gua bakalan mendetil ke lewat surabayanya yang banyak transportasi murahnya.

Kalo agan dari jakarte banyak kereta yg ke surabaya. Dari kelas ekonomi sampe kelas premium ada semua . Gua saranin juga mending pake ya yang mahalan dikit lah. Kenapa ?

Spoiler for kenapa harus yg mahal kalo ada yg murah ?:


Untuk kereta banyak pilihanya , bisa turun di Surabaya Gubengatau Surabaya Pasar Turi .
selama perjalanan ini  kita di sajikan pemandangan sawah yang hijau dan gunung .emoticon-Peace

sesampainya di Terminal Pandaan , Tujuan kita berikutnya adalah Tretes. Tretes ini sama kaya Puncak bogor. kalo malem banyak kupu kupunya emoticon-Wowcantik

Spoiler for Terminal Pandaan ( Pasuruan ) - Base Camp Tretes:

 
Spoiler for Jalan pintas dari Surabaya - Base Camp G.Arjuno (Tretes):


Sesampainya di Base Camp Tretes ini agan diminta untuk mengisi buku tamu dan menyerahkan FC KTP, jangan khawatir untuk FC disediakan. Untuk di Base Camp ini di kelola oleh Perhutani malang jadi tiket masuknya betuliskan Wisata, di bandrol dengan Rp. 5000 per orang .
Spoiler for JALUR PENDAKIAN:


Spoiler for Base Camp:


Kemudian perjalanan di lanjutkan menuju Pos 1, jarak dari Base Camp ke Pos 1 ini ditempuh dengan 20-30 Menit, jalan yang kita lewati adalah makadam ( batu tertata). Lumayan pemanasan buat Si Dengkul . 

Nah di Pos satu ini nantinya agan bakalan di mintai FC ktp, dan diminta untuk menulis buku tamu, sama halnya di Base Camp, namun di Pos 1 yang mengolala kawan ini di pegang oleh Cagar Alam jawa timur *kalo ga salah emoticon-Peace.. Nanti agan di mintai Simaksi per orang Rp. 10.000 Permalam, jadi tinggal di total berapa lama agan mau di Gunung itu. Penjaga Pos 1 ini namanya Bp. Junaedi orangnya asik, baik ramah tidak sombong , intinya silahkan bertanya tanya tentang Gunung arjuno dan welirang kepada beliau. 
Spoiler for Pos 1:


Lanjut ke Pos 2 (kop-kopan), jarak dari pos 1 - 2 Memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan itu paling slow, melihat treknya juga masih makadam yang melingkar lingkar, Di jalur pos 1 dan pos 2 banyak jalan memtong, namun saya sangat sarankan untuk yang baru pertama naik ke Gunung arjuno & Gunung welirang lebih baik agan lewat jalur makadam, memang jalurnya terasa tiada habisnya , namun itu sangan aman daripada agan lewat jalur pintasnya sangat beresiko tinggi. untuk air selama jalur ini agan nakalan nemu air di pet bocor .

Spoiler for Pos 2 Kop Kopan:


 lanjut Pos 2 - Pos 3 pondokan. ini jalur yang menurut gua paling menguras tenaga, karna jalurnya itu muter muter kaya ular yang ngga ada abisnya , di tambah lagi "tanjakan asu" yang kemiringannya itu hampir 70derajat bener bener asu pokoknya. perjalanan Cumian waktu 4 jam perjalanan dengan vegatasi hutan pinus jadi ngga terlalu kena terik matahari, dan hawanya udah mulai adem di sini. untuk air jangan khawatir karna jalur treters ini surganya air. terdapat sumber air yang mengalir dan melimpah ruah emoticon-Big Grin.

Spoiler for Pos 3 Pondokan:

 
Pondokan merupakan Jalur pesimpangan ke Dua gunung, ke gunung arjuno 4 jam ke gunung welirang 4-5 jam. pilihlah lokasi tendanya yang aman, ati ati gan banyak ranjau daratnya, karna di sini rumput rumput tinggi jadi untuk tempat gerilya mantep haha. sumber air juga ada di pos 3 ini. ada warung juga untuk sekedar beli amunisi (rokok) , gorengan, minum, atau menghangatkan badan. harganya pun ngga terlalu mahal. cuma naik seribu lah. gorengan di tempat agan 1000, di warung ini 2000. Orangnya ramah warung juga bisa buat tempat penitipan orang yang nyusahin selama pendakian *gua ngalamin.

kala itu gua sampe di pondokan jam 2 siang, dan gua beserta kawan kawan nekat untuk langsung mmuncak welirang, dengan estimasi waktu tempuh 4 jam. masuk ke area gunung welirang jalur makadam berubah menjadi jalur tanah , licin dan banyak akar akar yang mejular. vegetasi sudah hutan pinus , dan jalur ini bercabang berhati hatilah pasang mata baik baik gan. sayang saat itu gua muncak welirang dengan kondisi cuaca yang tidak menguntungkan selama perjalanan hujanm dan badai angin menemani kita . allhasil di puncak pun kita tertutup kabur tebal, dan asap belerang
Spoiler for Trek G. Welirang:


Setelah muncak Gunung Welirang kemudian kita turun dan mendirikan tenda di pondokan. lanjut esok hari kita muncak arjuno

Jarak Dari Pondokan ke Puncak Arjuno memakan waktu 4 jam perjalanan, dengan rute. Pondokan - embah kidang - Hutan Lali Jiwo - Pasar Dieng - Puncak Arjuno.

Pondokan ke lembah kidang memakan waktu 20 menit perjalanan. dan sumber air terakhir di jalur ini ada di lembah kidang jadi usahakan untuk membawa persedian air yang cukup untuk perjalanan menuju Puncak Arjuno . Dengan trek yang sudah tanah membuat dengkul mereda. 

Spoiler for Lembah Kidang:


Lanjut, perjalanan berikutnya Hutan lali jiwo, lembah kidang hutan lali jiwo memakan 2 jam perjalanan. di hutan lali jiwo ini agan di minta untuk tidak berfikiran kosong atau berfikiran kotor, serta jaga mulut jika sudah memasuki kawasan lali jiwo,  karna hutan lali jiwo ini di pecaya tempat yang angker bagi pendaki ataupun para penduduk lokal. dalam bahasa jawa "lali jiwo" itu berati "lupa jiwa" jadi jangan sampe agan kesasar di jalur hutan lali jiwo. trek untuk hutan lali jiwo sendiri merupakan tanah dengan vegetasi hutan pinus lebat. dan jalurnya pun banyak cabangnya, jadi usahakan pilih jalur yang sudah tertera dengan tanda biru dari plastik. 

Spoiler for Hutan Lali Jiwo:


sekali lagi gua kena badai dan harus berlindung di balik batu besar yang terdapat disini. hampir 30 menit gua harus diam dan berlindung dari angin dan ujan yang menerpa kita. disini gua hampir putus asa, karna gua leader mereka pilihan yang berat antara puncak atau kondisi.  Gua berdoa pada saat itu, dan benar Alloh mendenger doa gua. setelah kurang lebih 30 menit menunggu akhirnya cuaca membaik dan kami melanjutkan perjalanan kami.

Hutan Lali Jiwo Pasar - Pasar Dieng memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. di trek ini sudah mulai terbuka , di pasar dieng merupakan tempat pertemuan antara jalur pendakian Via tretes dan Jalur pendakian Via Lawang.  di Area pasar Dieng ini banyak makam makam dimohon agan tidak sembarang melangkah , menjaga mulut , dan ucapkan salam . hargai mereka yang sudah tentram di alam sana. 
Spoiler for Area Pasar Dieng:


menuju puncak gemilang di hati bersatu hati kawan sejati, paati berama di akademi fantasi emoticon-Wkwkwk

oiya , arjuno punya 2 puncak puncak yang pertama puncak perbatasan daerah pasuruan dan malang di tandai dengan tugu kecil bertulisakan Kab. Pasuruan Kab. malang, kurang lebihnya ya gan. puncak yang sejatinya dari pasar dieng masih sisa 1 jam perjalanan. jalan landai berbatu yang lumayan ringan ini membuat perjalanan kita tidak terlalu berat lagi. terdapat gua untuk berlindung di sekitaran bebatuan jalan menuju puncak arjuno . 
Spoiler for Perjalanan Puncak Gunung Arjuno:


Dengan Kehendak Alloh SWT, kita di berikan ijin untuk menggapai puncak Arjuno dengan selamat
Spoiler for Puncak Arjuno:


Quote:

Spoiler for Rincian Pendakian Gunung Arjuno Welirang Via tretes 2019:

Spoiler for Tips Mendaki Gunung Arjuno:







sekian yang dapat saya sampaikan kepada agan agan dimari, semoga informasi ini dapat menjadi refrensi agan yang ingin melakukan perjalanan ke gunung arjuno welirang Via Tretes. Mohon maaf kalo thread banyak typo atau ada salah kata, atau kurang dalam fotonya.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Shakehand2 emoticon-Cendol Gan

sampai ketemu di CATPER berikutnya.....emoticon-Hai
Diubah oleh romiir 24-03-2019 13:58
bonita71
tet762
shinichindo
shinichindo dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.8K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANC
icon
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.