Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc3ade12525c3226e0c975c/gagal-kerja-bareng-soe-hok-gie-prabowo-masuk-akabri
Pada pertengahan 1957 keluarga Sumitro Djojohadikusumo dan Dora Sigar tidak bisa berlama-lama lagi di Jakarta. Keluarga ini tak bisa tinggal lebih dari dua tahun. Mereka pernah di Singapura, Hongkong, Kuala Lumpur, Zurich, London, dan Bangkok. Sementara itu anak-anak mereka masih kecil. Bianti baru 8 tahun, Maryani masih 7 tahun, Prabowo masih 5 tahun, dan Hashim si bungsu masih 3 tahun. Bagi Sumi
Lapor Hansip
27-04-2019 08:18

Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri

Pada pertengahan 1957 keluarga Sumitro Djojohadikusumo dan Dora Sigar tidak bisa berlama-lama lagi di Jakarta. Keluarga ini tak bisa tinggal lebih dari dua tahun. Mereka pernah di Singapura, Hongkong, Kuala Lumpur, Zurich, London, dan Bangkok. Sementara itu anak-anak mereka masih kecil. Bianti baru 8 tahun, Maryani masih 7 tahun, Prabowo masih 5 tahun, dan Hashim si bungsu masih 3 tahun. Bagi Sumitro dan Dora, tinggal di luar negeri bukan hal asing. Keduanya bertemu di Belanda sebelum menikah dan berkeluarga. Anak-anak Sumitro dan Dora, seperti ditulis Hendra Esmara dan Heru Cahyono dalam biografi Sumitro, Jejak Perlawanan Begawan Pejuang (2000), tumbuh menjadi anak-anak yang tidak mudah menyerah. Sewaktu bersekolah di Kuala Lumpur, anak laki-laki bungsunya, Prabowo Subianto, pernah diolok-olok kawan-kawan sekolahnya dengan mencemooh Presiden Sukarno. Padahal Sukarno sendiri sedang jadi lawan politik Sumitro (hlm. 401). “Kenapa bawa kita ke negeri ini? Saya tahu Papi bersebrangan dengan Sukarno. Tapi, saya tidak tahan, semua meledek negara kita. Kalau sampai satu tahun lagi saya di sini, saya akan menjadi pro Sukarno,” ancam Prabowo pada ayahnya. 

Prabowo, catat biografi Sumitro itu, adalah anak Sumitro yang sejak dini mengikuti situasi politik. Selama di luar negeri, Sumitro terjun ke dunia bisnis permebelan dan real estate agar bisa mengganjal perut dan menyekolahkan anak-anaknya. Di usia 16, pada 1967, Prabowo lulus dari American School di London. “Karena ia terlalu rewel di kelasnya, maka ia dihukum dinaikkan kelasnya supaya menyadari bahwa ada orang lain yang juga lebih pintar,” aku Sumitro dalam biografinya (hlm. 413). Sumitro berusaha bijaksana dengan tidak membiarkan anak laki-lakinya itu kuliah di Universitas Colorado. Bagi Sumitro, secara psikologis tidak baik jika anaknya mulai kuliah terlalu belia. 

"Pemuda yang Kehilangan Horison Romantik" Kebetulan Presiden Indonesia waktu itu bukan lagi Sukarno. Dia sudah tumbang. Sementara Letnan Jenderal Soeharto baru menanjak. Sumitro pun membawa anak-anaknya pulang ke Indonesia sekitar Mei 1967. Era baru keluarga Sumitro-Dora dimulai lagi. Selama di Indonesia, Prabowo tak hanya pernah tinggal di rumah keluarga di Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya, tapi juga di Jakarta. Di ibu kota, Prabowo berkenalan dengan kolega bawah tanah ayahnya, Soe Hok Gie. Bukan cuma Gie, tapi juga dengan teman-teman Gie seperti Jopie Lasut. Prabowo sempat mengajak Gie untuk membentuk Pioneer Corps. Mereka berdua sering mengobrol hingga jam 12 malam. Soe Hok Gie agak kecewa dengan ide itu. “Saya mendapat kesan betapa tidak jelasnya konsepsi rencana ini,” tulis Soe Hok Gie dalam buku hariannya tanggal 22 Mei 1969—yang dibukukan dengan judul Catatan Seorang Demonstran (2011: 246). “Prabowo mau mengambil orang untuk pimpinan-pimpinan penting seperti ia mau membentuk organisasi papan catur.” Soe Hok Gie tahu Prabowo lama di luar negeri. Di negara yang di zaman kepresidenan Kennedy membentuk Peace Corps. Waktu bertemu Prabowo, Sumitro sudah jadi orang pemerintahan lagi, sebagai Menteri Negara Riset. Soe Hok Gie, seperti dicatat John Maxwell dalam Soe Hok Gie: Pergulatan Intelektual Muda Melawan Tirani (2001: 351), semula adalah pendukung Sumitro. Namun pada paruh kedua 1969, dia bersikap keras kepada Sumitro dan pada Juli 1969 tidak ikut lagi dalam Pioneer Corps yang dirintis Prabowo. “Bagi saya, Prabowo adalah seorang pemuda (atau kanak-kanak) yang kehilangan horison romantiknya,” tulis Gie pada 25 Mei 1969. “Ia cepat menangkap persoalan-persoalan dengan cerdas tapi naif. Mungkin kalau ia berdiam 2-3 tahun dan hidup dalam dunia yang nyata, ia akan berubah.” Gie kemudian mati muda di Gunung Semeru pada 1969. Berubah atau tidak, Prabowo tidak meneruskan Pioneer Corps. Bahkan tidak mau kuliah. 

Prabowo melanjutkan masa mudanya dengan masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri). Harapannya agar bisa jadi perwira. 

 Ingin Jadi Presiden sejak Muda 

Ketika pulang ke Indonesia pada 1967, Sumitro sempat mengobrol lama dengan Jenderal Sutopo Juwono Prodjohandoko, Kepala Badan Koordinasi Intelijen (Bakin). Tokoh lain yang menjemput Sumitro adalah Mayor Jenderal Ali Moertopo. “Pada kesempatan itu bahkan Sumitro sempat 'menyodorkan' anaknya, Prabowo, agar bisa masuk Akabri,” tulis Heru Cahyono dalam Pangkopkamtib Jenderal Soemitro dan Peristiwa 15 Januari 74 (1998: 24). Berkat Jenderal Sutopo, Prabowo masuk Akabri Magelang. Prabowo tampaknya lebih mengikuti jejak pamannya, yang mewarisi nama tengahnya, Subianto. Sang paman gugur dalam Peristiwa Lengkong bersama Mayor Daan Mogot pada 1946. Tak heran jika dalam kampanye pilpresnya pada 2019 nama Daan Mogot pernah disebutnya.

“Ambillah keputusanmu sendiri, dan terima apa pun konsekuensinya,” kata Sumitro sebagai ayah, seperti ditulis dalam biografinya (hlm. 414). 

Selain dengan ayahnya, Prabowo juga minta pendapat Adnan Buyung Nasution, seperti diceritakan pendiri LBH itu dalam Pergulatan Tanpa Henti - Volume 2 (2004: 370). Kala itu Prabowo berstatus sebagai mahasiswa Universitas Indonesia. Di mata Buyung, yang sering bertemu dan berdiskusi dengan Prabowo di Forum Diskusi yang biasa diselenggarakan di UI, Prabowo itu pintar dan cerdas. "Kenapa Wo? Apa alasanmu?" tanya Buyung. 

Jawaban Prabowo menyiratkan bahwa dia ingin menjadi presiden, meski tidak mengatakannya secara jelas. Kata Prabowo, "Kalau mau jadi presiden, mau jadi pemimpin negara ini, yang paling visible-kan dari tentara.” Maka masuklah Prabowo ke Akabri. 

Di Akabri, Prabowo yang bahasa Indonesianya masih kagok itu jadi bulan-bulanan seniornya. Tentu tidak semua senior jahat padanya. Setidaknya ada Kivlan Zen, yang pernah jadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), onderbouw Masyumi yang pernah dimusuhi pemerintahan Sukarno. Kivlan dan Prabowo cocok. Dari Kivlan, Prabowo bisa mendalami Islam juga. Dan akhirnya jadi kawan dalam karier. 

Dengan masuk Akabri, Prabowo kemudian jadi jenderal di tahun-tahun terakhir kepresidenan daripada Soeharto, yang merangkap mertuanya. Mencoba bikin organisasi perintis yang berisi anak muda terpelajar lalu masuk Akabri tampaknya adalah usaha Prabowo yang berhasrat ingin jadi bagian sejarah Indonesia. Setelah gagal dengan Pioneer Corps, masuk Akabri jadi solusi masa mudanya ketimbang kuliah dan jadi ahli seperti ayahnya.

Baca selengkapnya di Tirto.id dengan judul "Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri", https://tirto.id/gagal-kerja-bareng-soe-hok-gie-prabowo-masuk-akabri-dmVK

Follow kami di Instagram: tirtoid | Twitter: tirto.id

===

mari mengenal Capres Abadi Kesayangan kita,
ternyata dari muda udah ambisisus, pengen jadi Presiden, masuk Akabri pun karena menurut dia cara paling pas untuk jadi Presiden

hmmm....kata kunci buat umat islam itu, carilah pemimpin yg bukan karena ingin jadi pemimpin, tapi diminta jadi pemimpin..
0
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
20.5K Anggota • 637.5K Threads
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:22
Kalau kata kami, jadi pemimpin itu berarti menjadi pelayan bagi umatnya.

... well, Prabowo mungkin saja sih, tapi bakalan gampang dikadalin kroco2nya sendiri, jadi ane pun ragu.
profile-picture
abigiga2 memberi reputasi
1 0
1
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:24
Ambisi sejak muda...

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
twintower911 dan cipokan.yuk memberi reputasi
2 0
2
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:25
asli wowok pantesnya jd penyair, ato jd pawang binatang emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
twintower911 dan 37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:27
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
asli wowok pantesnya jd penyair, ato jd pawang binatang emoticon-Sundul Up


Skill : animal whisper
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
1 0
1
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:29
Quote:Original Posted By lupineprince
Kalau kata kami, jadi pemimpin itu berarti menjadi pelayan bagi umatnya.

... well, Prabowo mungkin saja sih, tapi bakalan gampang dikadalin kroco2nya sendiri, jadi ane pun ragu.


Emang wiwi gag gampang dikadalin..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:32
berarti bener ya memenya.

Pak Soeharto seumur hidup karirnya sebagai presiden, sedangkan Pak Prabowo berkarir seumur hidup berusaha menjadi presiden.
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:42
nafi dan hidup di dunia elit, itu penilaian Gie.


Jawaban dr tingkah polah Bowo belakangan ini
Diubah oleh kakidal27
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:47
pantes jago bahasa linggisemoticon-Matabelo ....dan bahasa hewanemoticon-Leh Uga
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
1 0
1
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:49
Quote:Original Posted By kakidal27
nafi dan hidup di dunia elit, itu penilaian Gie.


Jawaban dr tingkah polah Bowo belakangan ini


......Ia cepat menangkap persoalan-persoalan dengan cerdas tapi naif. Mungkin kalau ia berdiam 2-3 tahun dan hidup dalam dunia yang nyata, ia akan berubah.” Gie

Jawaban dari sujud sukurnya...... emoticon-Big Grin
profile-picture
kakidal27 memberi reputasi
1 0
1
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:52
kuingin jadi pleciden emoticon-Mewek
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 08:54
Orang pinter itu belajar dari kekalahan biar jadi lebih baik
Kalo wowok bikin program ga bisa lebih baik, yg ada pesimis terus
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 09:01
sempat kuliah di ui juga ternyata emoticon-Matabelo
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 09:14
Quote:Original Posted By tanah.liat
......Ia cepat menangkap persoalan-persoalan dengan cerdas tapi naif. Mungkin kalau ia berdiam 2-3 tahun dan hidup dalam dunia yang nyata, ia akan berubah.” Gie

Jawaban dari sujud sukurnya...... emoticon-Big Grin


Secara tidak langsung gie lagi nyindir prabowo yang punya impian atau angan-angan yang tidak masuk akal dan cenderung delusional tipe sangat idealis tapi tidak relistis sehingga cenderung menolak kenyataan yang terjadi...

Biasa sifat orang pintar yang punya imajinasi tinggi emoticon-Ngakak
Diubah oleh leenet
profile-picture
tanah.liat memberi reputasi
1 0
1
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 09:22
Quote:
 “Karena ia terlalu rewel di kelasnya, maka ia dihukum dinaikkan kelasnya supaya menyadari bahwa ada orang lain yang juga lebih pintar,” 



Pantas aja dia selalu merasa lebih hebat dari siapapun, lebih TNI dari TNI


emoticon-Ngakak
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 10:03
diminta jadi pemimpin ?? Ga bakal bisa klo dinegara pebganut demokrasi emoticon-Big Grin
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 10:43
Quote:Original Posted By leenet
Secara tidak langsung gie lagi nyindir prabowo yang punya impian atau angan-angan yang tidak masuk akal dan cenderung delusional tipe sangat idealis tapi tidak relistis sehingga cenderung menolak kenyataan yang terjadi...

Biasa sifat orang pintar yang punya imajinasi tinggi emoticon-Ngakak


Delusional... emoticon-Mewek
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 10:43
pak wo sebenarnya sangat layak jadi ri1 tapi kurang lihai dalam berstrategi makanya kalah 3x di pewayangan karakternya mirip baladewa/balaram tapi sayang berkoalisi sama sengkuni ya jadinya seperti duryudana
profile-picture
oberleutnant88 memberi reputasi
1 0
1
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 12:32
Quote:Original Posted By tanah.liat
......Ia cepat menangkap persoalan-persoalan dengan cerdas tapi naif. Mungkin kalau ia berdiam 2-3 tahun dan hidup dalam dunia yang nyata, ia akan berubah.” Gie

Jawaban dari sujud sukurnya...... emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By leenet
Secara tidak langsung gie lagi nyindir prabowo yang punya impian atau angan-angan yang tidak masuk akal dan cenderung delusional tipe sangat idealis tapi tidak relistis sehingga cenderung menolak kenyataan yang terjadi...

Biasa sifat orang pintar yang punya imajinasi tinggi emoticon-Ngakak


Ane sih nangkapnya yg di kamsud om Gie, Bowo ini kan hidup di lingkungan kasta tertinggi, tanpa pernah merasakan hidup layaknya masyarakat di jaman itu. Dunia nyata, dunia jalanan kaum kecil Bowo gak pernah tau

Kalo Halu, baru2 ini aja emoticon-Ngakak
0 0
0
Gagal Kerja Bareng Soe Hok Gie, Prabowo Masuk Akabri
27-04-2019 13:47
Sudahkan om Wowo mengikuti saran Gie merasakan dunia nyata 2-3 tahun saja, ataukah hidupnya terus menerus bergerak dari keadaan elit satu dengan lainnya positif presiden sebagai tujuan akhir?

Yang ada kesempatan cuma di jaman jadi tentara tapi sebelum menikah dengan Titiek mungkin ya... Tapi ane kurang ngerti gimana hidupnya selama itu.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia