• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Seni Instalasi Rumah 'Resleting' Ini Keren Banget Gan, Nyesel Nggak Lihat!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Seni Instalasi Rumah 'Resleting' Ini Keren Banget Gan, Nyesel Nggak Lihat!


[ HT# 482 ]

Seni instalasi yang baru saya temukan ini boleh di bilang langka bahkan mungkin baru pertamakali ada. Alex Chinneck seniman instalasi asal Inggris ini memiliki ide yang out of the box, bagaimana tidak hampir semua karyanya tidak jauh dari yang namanya resleting aka zipper menjadi sebuah maha karya baru yang keren!

Bagi kamu yang belum paham arti seni instalasi adalah seni yang memanfaatkan media lain dengan cara menyatukan, menggabungkan, membuat konstruksi dari gabungan benda-benda sekitar yang hasilnya memilki bentuk dan makna tertentu sesuai dengan tema yang diinginkan oleh senimannya.



Art Of Zipper!



Ya, tentu awalnya kita tak pernah membayangkan bagaimana jadinya jika sebuah rumah memiliki resleting seperti sebuah bangunan tua di kota Milan yang tiba-tiba 'terkuak' karena resletingnya turun. Ini bukanlah hasil editan tapi benar-benar sebuah maha karya orisinil dengan bantuan benda-benda yang di fikirkan oleh Alex Chinneck.



Di kesempatan sebuah acara Via Tortona, Milan, Alex Chinneck (lulusan Chelsea College of Art dan anggota Royal British Society of Sculptors) membuat sebuah instalasi dengan ukuran raksasa. Bangunan selebar tujuh belas meter tiba-tiba 'terkuak' bagian atasnya, bukan itu saja Alex Chinneck juga menciptakan seni ini di bagian dinding serta lantainya jadi terlihat lebih greget.







Dalam sebuah karya yang di sponsori oleh produk lokal, Alex Chinneck membuat seni instalasi bangunan tapi dalam bentuk tembakau, tentu saja dengan efek resleting terbuka sekaligus memberikan efek asap keluar dari tembakau tersebut jadi terlihat menarik dan mengundang minat pengunjung yang melintas.



Seni instalasi karya Alex Chinneck lain juga tidak kalah menarik, ada lantai yang tiba-tiba bisa dibuka dengan ukuran yang tentu saja kepala resleting yang besar itu menujukan bagian terdalam dengan pancaran cahaya yang memberikan nuansa baru.


Ada juga jendela bangunan yang terlihat unik dan tidak biasa.





Alex Chinneck seolah-olah ingin membuat dinding bangunan tersebut terbelah dua jika resleting terbuka penuh. Unik dan antimainstream


"Ketika cahaya masuk akan mengalir dan memenuhi sela-sela resleting, kemudian mengisi ruangan secara berurutan, ini nilai lebih dari seni instalasi zipper ini", kata Alex Chinneck.





Alex Chinneck juga pernah membuat seni instalasi ini pada sebuah gedung perkantoran yang kemudian dengan sengaja di hancurkan, efeknya sungguh realistis dan antimainstream. Resleting bekerja dengan sempurna meruntuhkan setiap sisi bangunan yang terlihat di Tortona, Milan musim panas tahun lalu.





Nah itulah beberapa seni instalasi karya Alex Chinneck, mungkin gan en sista bisa mendapat ide atau pengembangan dari ide ini jadi lebih menarik. Yuk deh mari kita berkarya lewat hal yang positif dan berbagi hal yang bermanfaat lain. Salam iskrim!


Bonus.

Salah satu karya antimainstream Alex Chinneck yang lain adalah tower listrik yang di didirikan secara terbalik dan mungkin berfungsi seperti biasanya. Gimana menurut gan en sista?












Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: alexchinneck | Sotoshop : iskrim 


Diubah oleh iskrim 26-04-2019 23:14
TerlahirJelek
korbanfirdosoil
junleon
junleon dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.