Female
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbf9142af7e9324c028f9dd/membiasakan-anak-baca-buku-sejak-kecil-mungkinkah
Bicara tentang membaca buku setiap orangnya pasti selalu beraneka ragam, mulai dari yang suka dengan membaca buku setiap harinya hingga ada juga mereka yang ogah atau malas untuk membaca buku dan lebih menyukai hal lain. Membaca buku tentu banyak sekali manfaatnya dan juga banyak pengetahuan yang di dapat, hanya saja tak semua orang suka dan senang dan membaca buku.
Lapor Hansip
24-04-2019 05:27

Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?

icon-verified-thread
Bicara tentang membaca buku setiap orangnya pasti selalu beraneka ragam, mulai dari yang suka dengan membaca buku setiap harinya hingga ada juga mereka yang ogah atau malas untuk membaca buku dan lebih menyukai hal lain. Membaca buku tentu banyak sekali manfaatnya dan juga banyak pengetahuan yang di dapat, hanya saja tak semua orang suka dan senang dan membaca buku. Tak jarang bagi sebagian orang baru membaca buku setelah ada sesuatu yang mendesak seperti ulangan dan lain sebagainya.
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?

Credit : s.republika.co.id

Membaca buku memang seringkali dipandang sesuatu yang menjenuhkan terlebih hanya tulisan semata tiada gambarnya. Bagi ane pribadi sebagai seseorang yang gemar membaca tentu membaca buku bisa menjadi aktivitas menarik di waktu senggang. Senang atau tidaknya membaca buku bagi setiap orang dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan dalam hidupnya. Jika sudah terbiasa membaca tentu hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan.

Lantas bisakah dipaksakan untuk suka dengan membaca? Jawabannya bisa iya dan juga tidak karena itu bergantung kepada tekad setiap orang. Lalu bagaimana dengan membiasakan anak suka membaca sejak kecil oleh orang tuanya? Tentunya hal ini merupakan sesuatu pendidikan anak yang menarik. Lalu mungkinkan mengajarkan anak untuk terbiasa membaca sejak kecil? Jawabannya tentu hal itu sangatlah mungkin untuk bisa diwujudkan, hal ini berdasarkan pengalaman ane pribadi saat kecil.

Salah satu cara agar anak terbiasa membaca buku adalah mendekatkan anak dengan buku bacaan, sikap anak yang ingin tahu banyak hal tentunya harus diiringi dengan bimbingan orang tuanya dan bisa mengarahkannya pada sesuatu yang baik termasuk membaca buku. Memang sikap anak seringkali bikin jengkel terutama saat ada buku tak jarang di sobek-sobek, namun setelahnya anak menjadi dekat dengan buku dan tak jarang saat buku baru langsung dibaca sampai habis dari awal sampai akhir. Tentunya orang tua memberi buku untuk dibaca anak harus sesuai dengan usianya, misalnya bagi anak yang beranjak dewasa tentunya diberi buku tentang pengetahuan seputar pelajaran sekolah.

Bagi orang tua yang ingin memberi hadiah tentu bagusnya beri hadiah buku kepada anak agar mereka terbiasa untuk membaca buku dan dekat dekat buku dalam hidupnya. Tak harus buku yang baru, buku yang bekas pun tak apa-apa selama itu masih layak untuk dibaca. Karena saat anak sudah suka membaca buku pun tak pernah komplain buku itu baru ataupun bekas karena bagi anak yang suka baca tentunya buku apapun bagus untuk dibaca.
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?

Credit : statik.tempo.co

Menumbuhkan sesuatu yang baik memang seharusnya ditumbuhkan semenjak anak-anak. Membiasakan anak untuk membaca buku memang gampang-gampang susah namun mungkin dilakukan, saat anak sudah biasa didekatkan dengan buku mereka biasanya akan terbiasa suka membaca buku dan sebagai orang tua baiknya memfasilitasi minat baca anak dengan memberikan buku-buku bacaan yang baik sesuai usianya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
kids--parenting
Kids & Parenting
713 Anggota • 4K Threads
Halaman 2 dari 7
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:10
iya seharsunya meski sulit harus tetep diusahakan soalnya terkhir baca Indonesia berada di nomor 60 dari 61 negara yang giat literasi emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:10
Memberi contoh dan memberikan buku2 yg menarik buat si kecil..
Adl suatu aktifitas yg menyenangkan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:11
Mungkin bisa dimulai dari buku yg menarik untuk anak-anak,seperti buku-buku bergambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:13
Quote:Original Posted By partonic
ane dulu dibiasakan membaca dari kecil hasilnya mata jadi silinder tinggi emoticon-Frown



Maaf gan,pas awal baca kalimatnya kirain bakal ngejawab hasil yang di inginkan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:14
lagi kecil juga ane suka buku gan.... buku gambar emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:17
Buku penting, tp ajarin sifat sosial lbih pnting biarkn mreka brgaul ke sesama tmn sebayanya, ortu skrg gk mw cape ngurus anak mlah dikasih hp, gk tau apa bhya mata n radiasi
emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:19
maybe
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:23
Gemar baca komik termasuk kah
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:29
emang sih gan masik mungkin, tapi yg ane takutin, semuanya jadi latah go digital sekarang, koran, digital, buku digital, lah kan kasian juga ya penerbit sekarang jadinya, meskipun masih ada sekelumit orang yang seneng baca buku, tapi tetep aja itu menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri.

ane sih berharap, tetep banyak buku yg bisa dibaca dan lebih hidup lagi perpustakaan2, dan toko2 buku di Indonesia. biar tingkat kemauan membaca orang Indonesia tinggi, jadi gak sukur njeplak kalo mau ngomong dan bertindak hehe
*termasuk ane komen ini sedikit asal njeplak gan, maapkanemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:33
sangat mungkin sekali, ane merasakan sendiri bagaimana rasanya dididik untuk suka baca buku
ane pun juga sangat berkeinginan buat ngelakuin hal tersebut ke anak ane nantinya karena dampaknya itu bagus banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:34
Jadi keinget, pengalaman saya waktu masih kecil awal tahun 2000.
kalo anak kecil jaman dulu normalnya baca majalah bobo atau majalah anak sejenisnya

sementara saya: baca yellow pages, ngapalin nomer telpon orang, liat-liat iklan emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:44
Sederhana sekali ternyata caranya : Dekatkan mereka dengan buku.. Keren. Ini lah yg harus kita lakukan sebagai orang tua; bukannya malah mendekatkan mereka dengan hape.

Tantangannya adalah, relakah kita berinvestasi membelikan buku untuk anak2 kita saat ini? Disaat mungkin kita merasa beli buku tidak terlalu perlu karena semua informasi bisa kita baca cukup dengan googling pakai hape...

Dan satu lagi, jika sang ortu tidak gemar baca, seberapa besarkah keinginannya pada anak agar gemar membaca? Jadi mari memulai dari diri sendiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:47

Dulu pas emak kecil, mama selalu kasih hadiah novel Lupus tiap emak dapet nilai 9. Mama hobi koleksi novel. Di rumah banyak banget buku. Dari kecil emak terbiasa baca. Ada manfaatnya kok untuk sekolah dan kuliah.
Jadi bikin ga males baca.
Pengenalan terhadap budaya membaca sejak dini jadi emak terapkan juga ke anak2 emak. Anak sulung emak mewarisi hobi membaca emak. Tiap hari, uang saku dia (masih SD) sisihkan. Emak ga nyuruh. Dia sendiri yang mau.
Dia suka baca buku cerita dongeng. Awal2 dia emak beliin beberapa buku cerita. Tapi kemudian ketika dia mulai jatuh cinta sama buku, dan minta dibeliin buku, emak suruh dia nabung sendiri buat beli buku yang pengen dia baca.

Alhamdulillah, ada beberapa pembelajaran dia disini.
Membaca, menabung, dan berusaha mandiri.

Sekarang, zaman gadget.
Emak tetep kontrol penggunaan smartphone mereka. Si megan juga sering emak donlot in ebook. Pas emak ngaskus juga dia suka nemenin. Ngeliat caranya nulis. Baca2 beberapa thread yang udah lolos sensor emak. Minta dibikinin akun kaskus segala. Tapi emak masih was was. Tiap dia buka kaskus emak liat dulu itu isi thread nya kek apa. Baru dia boleh baca.

Peran orang tua vital banget gaes.
Benteng pendidikan mental anak ada pada orang tua si anak.
Apalagi di tengah jaman serba-bebas kek gini.
Beda sama jaman emak dolo.

Maap, Gan Taf
Cerocosan emak kepanjangan.
Cuman berbagi trik aja.
emoticon-Leh Uga

Thread ente (sperti biasa) keyen abis.
Edukatif.
Cendol-rate sent!
emoticon-Jempol



Hokya hokya
Diubah oleh vestycide
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:47
mampir dulu di trit auto HT.
emoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:49
Quote:Original Posted By arieljalaludin
Jadi keinget, pengalaman saya waktu masih kecil awal tahun 2000.
kalo anak kecil jaman dulu normalnya baca majalah bobo atau majalah anak sejenisnya

sementara saya: baca yellow pages, ngapalin nomer telpon orang, liat-liat iklan emoticon-Wakaka


Paling juga ente baca ntu buat cari nama ortu temen ente.emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan partonic memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:50
Cara paling awal ya sering dongeng ke anak balita pakek buku dongeng yang sesuai sama umurnya.
Nanti lama-lama gedenya jadi suka buku.
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:50
Sangat mungkin, contoh di Jepang. Anak kecil sudah dididik membaca buku, walaupun buku yang dibacanya pun sebatas buku anime atau komik.

Hasilnya Jepang sekarang kaya apa2, berbanding terbalik dengan negara kita kan. Coba kalau agan datang ke Jepang sini, banyak orang bawa buku entah itu di kereta, dijalan, supermarket, ataupun dimana aja.

Atau kalau agan liat Doraemon, sebodoh-bodohnya, semalas-malasnya Nobita. Tetapi dikamar nya pasti banyak banget buku.

Jadi pepatah "buku adalah jendela dunia" itu benar. Dan dengan "bukulah" kita bisa menguasai dunia emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:50
Quote:Original Posted By arieljalaludin
Jadi keinget, pengalaman saya waktu masih kecil awal tahun 2000.
kalo anak kecil jaman dulu normalnya baca majalah bobo atau majalah anak sejenisnya

sementara saya: baca yellow pages, ngapalin nomer telpon orang, liat-liat iklan emoticon-Wakaka


Apakah ente termasuk yang suka nelponin nomer yang ada di koran pos kota ? emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:51
anak ane dibiasain baca artikel pelajaran dari umur kecil ko gan. skarang umurnya dah 8 tahun, setiap hari dia baca ebook di ipadnya. semangat dia. asalkan bentuk bacaannya itu elektronik, kalau dikasih buku "real buku" malah gapernah dibaca.
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
26-04-2019 13:55
wahhh keren ... anak suruh baca buku dongeng saat malam buat orang tua haaa.biar orang tua tidur duluan ...

minta ringkasan atau kesimpulan ceritanya besok kasih uang jajan lebih emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia