• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mau Instagram Kamu Menghasilkan Rupiah? Pelajari Dulu Tips & Tricknya

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Mau Instagram Kamu Menghasilkan Rupiah? Pelajari Dulu Tips & Tricknya


Haloo Gan Sist..
Pastinya sudah akrab abnget dong dengan sosial media, dan pastinya sehari-hari berinteraksi juga menggunakan sosial media, kan?
Nah, beberapa di antara sosial media yang ada, berikut ini adalah yang paling populer dan paling banyak di gunakan di Indonesia adalah sebagai berikut
1. Instagram
2. Facebook
3. Twitter
Yep, Instagram sudah menjadi sosial media di urutan pertama yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Instagram telah menjadi The Popular Social Networks Worldwide, loh. Jadi ngga hanya populer di Indonesia saja, tapi di dunia!

Instagram dianggap sebagai sosial media yang sangat penting dan “menjual”. Ngga hanya brand besar atau pedagang retail, para blogger pun ramai menggunakan Instagram untuk “menjual” produk mereka. Instagram juga dianggap efektif untuk mengukur tingkat popularitas sebuah produk atau seseorang.

Oleh karena itu Gan Sist, banyak brand yang kini lebih memilih untuk memasarkan produk mereka lewat Instagram. Kenapa harus via Instagram? Karena Instagram merupakan platform gratis yang dapat meningkatkan exposure sebuah brand, dan itu efektif.

Bayangkan nih Gan Sist, dalam sebulan kurang lebih ada 1 milyar pengguna aktif yang menggunakan Instagram. Nah kalau Gan Sist memiliki usaha yang ingin dipasarkan lewat Instagram atau Gan Sist seorang blogger yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung blog, Gan Sist harus bisa memanfaatkan audience atau pengguna aktif ini untuk mengunjungi postingan Gan Sist.

Caranya?
Yah, berinteraksi di stories, membaca artikel, mengarahkan pembaca ke blog dan bisa juga menarik brand untuk bekerja sama dengan Gan Sist.

Instagram juga sangat update dengan trend atau berita terkini. Hal ini didukung dengan kemudahan untuk mengakses Instagram dimana dan kapan saja, plus algoritma Instagram yang mampu mengakses hashtag atau tagar. Pengguna aktifnya, mampu mengakses Instagram lewat handphone, tab maupun PC.
Spoiler for Instagram:

Nah, Gan Sist ingin Instagramnya bekerja lebih efektif?
Atau punya engagement yang lebih baik dari sebelumnya?
Cuss ikutin tips dan trick berikut ini yaaa...

How To Grow Your Instagram?
Sebelum membahas lebih lanjut, how to grow your Instagram maknanya adalah bagaimana meningkatkan Instagram kita. Artinya ada perkembangan alias pertumbuhan di akun Instagram kita.

Ada beberapa definisi dari perkembangan atau pertumbuhan dalam Instagram, di antaranya adalah :
1. Jumlah followers meningkat
Point yang ini sih gampang banget untuk dicek yah. Semuanya bisa melihat jumlah followers, baik user, followers maupun pengunjung akun kita.

2. Engagement rate dan metrics lainnya meningkat
Nah kalau point yang ini hanya bisa di lihat apabila akun profile Gan Sist sudah dialihkan ke Business Profile. Kalau Gan Sist serius dalam berbisnis, sebaiknya alihkan akun Instagram gan Sist menjadi Business Profile. Di fitur Business Profile, Gan Sist bisa melihat fitur insight, yang bisa mengukur tingkat cakupan atau exposure postingan Gan Sist. Ada beberapa metrics penting yang bisa Gan Sist pelajari :

• Profile visits : artinya ada berapa akun yang mengunjungi akun Gan Sist dalam 7 hari terakhir.
• Reach : artinya seberapa banyak jumlah Instagram user yang melihat postingan Gan Sist.
• Impressions : artinya berapa kali postingan Gan Sist dilihat oleh user yang lain? Fyi, untuk satu user bisa melihat aku kita lebih dari satu kali, loh. Maka dari itu angka impressions biasanya lebih besar dari angka reach.
• Website clicks : artinya berapa user yang meng klik link yang ada di bio Gan Sist.
Spoiler for Instagram:

Lalu, bagaimana sih mengukur tingkat pertumbuhan akun Instagram kita?
Yah pastinya melalui tingkat engagement rate dari akun Instagram kita, Gan Sist.
Cara mudah menghitung engagement rate akun kita adalah sebagai berikut :
Engagement rate = (jumlah likes + jumlah comments)/ followers x 100%

Atau bisa juga masuk ke influencer marketing hub, nah di situ ada kalkulator yaang akan menghitung tingkat engagement akun kita secara real time.
Nah, untuk engagement rate, ternyata ada klasifikasinya loh, seperti ini :
    1%: low
    1%-3.5%: average
    3.5%-6%: high
    > 6%: really high

Nah, untuk influencer, engagement rate sangat penting loh. Karena akan berdampak ke ratecard dan juga ketertarikan brand terhadap kita. Alias, berapa Rupiah nilai postingan kita bisa terlihat di sini.

Fyi Gan Sist, semakin banyak followers dari sebuah akun, maka (biasanya) engagement ratenya juga akan semakin kecil. Jadi kalau akun Instagram Gan Sist punya followers sebanyak 10ribu lebih, biasanya engagement rate nya ada di 2-3.5%.

Oke, kembali ke How To Grow Yourr Instagram, berikut cara sederhana yang gampang banget untuk dilakukan :
1. Pelajari dan pahami dulu semua fitur dan metrics yang ada pada Instagram Business Profile
Pahami pengertian dari insight yang ada, coba catat angka dan buat grafiknya. Jadi trend yang ada dari akun kita bisa jelas terlihat. Apakah naik apakah turun?

2. Fokus pada niche
Niche artinya pengklasifikasian akun Instagram, kalau ane biasanya bilang genre. Jadi akun Gan Sist genre nya apa? Kuliner? Traveling? Lifestyle? Gadget? Beauty? Video?
Pastikan Gan Sist memiliki akun yang fokus berdasarkan jenis dan isi atau kotennya.
Kalau saran ane, sebaiknya sih satu akun fokus ke satu niche aja.
Lalu perbanyak interaksi dengan akun yang memiliki niche yang sama. Algoritma Instagram lebih menyukai user yang aktif.
Spoiler for Instagram @timlaman:

3. Interaksi aktif
Masih berhubungan dengan point ke dua. Algoritma Instagram suka dengan user yang aktif, jadi sering-seringlah berinteraksi dengan user lain. Misalnya balesin komen, berkunjung ke akun orang lain, atau mention aku lain, yang punya niche yang mirip dengan Gan Sist yah.

4. Hashtag
Penggunaan hashtag sesuai dengan niche ini juga efektif untuk meningkatkan engagement, loh. User lain akan dengan mudah menemukan postingan Gan Sist. Tapi ingat, gunakan hashtag dengan tepat, yaitu yang sesuai dengan niche serta postingan Gan Sist. Jangan gunkan hashtag terlalu banya, karena akan dianggap spam oleh Instagram.

5. Kenali audience
Penting nih untuk menentukan audience dengan (sekali lagi) melihat insight yang ada di Instagram Busines Profile, caranya :
• Demografis : cek audience Gan Sist, paling banyak laki-laki atau perempuan? Lalu, paling banyak di usia berapa?
• Geografis : audience Gan Sist paling banyak berdomisili di mana?
• Psikografis : preferensi audience Gan Sist ke mana? Misalnya lebih banyak yang suka postingan kuliner
• behavioristis : yaitu perilaku dari audience Gan Sist
Spoiler for insight instagram:

6. Branding
Branding disini maksudnya segala aktivitas yang bisa menguatkan dan menonjolkan diri kita. Agan Sista ingin dikenal sebagai apa? Apakah seorang fotografer? Traveler? Atau makeup artist?
Ini balik lagi ke niche. Jadi penentuan niche di awal akan memperkuat branding Agan Sista.

Nah, itu dia Gan Sist, beberapa cara yang bisa meningkatkan engagement dari akun Instagram Gan Sist. Yang terpenting, lakukan ke 6 cara tersebut dengan organik, alias benar-benar dilakukan sendiri. Sebaiknya hindari beli-beli followers fan likes yah.
Sekali lagi, algoritma Instagram lebih suka akun-akun yang benar-benar organik. Akan lebih baik followers tidak banyak tapi punya engagement yang tinggi dan berintegritas daripada followers banyak tapi palsu.

So, seberapa tinggi engagement rate Instagram Gan Sist?
Yuk share di sini, dan sekalian berbagi tips juga yahh..


rotten7070
anasabila
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
7.9K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.