Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
185
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbef86a68cc95044f47f3df/belajarlah-dari-krisis-venezuela
Belajar !! Satu kata ini sangat luas maksudnya dimana kita bisa mempelajari banyak hal dari yang negatif hingga positif. Nah saat ini maukah kita belajar pada Venezuela. Negara yang kaya dengan minyaknya serta pariwisata yang cantik namun kini masyarakatnya susah akibat inflasi yang tinggi hingga nilai uangnya tak bisa menjadi pegangan, masyarakat venezuela hidup dalam kekurangan pangan yang
Lapor Hansip
23-04-2019 18:35

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Belajar !! Satu kata ini sangat luas maksudnya dimana kita bisa mempelajari banyak hal dari yang negatif hingga positif. Nah saat ini maukah kita belajar pada Venezuela.

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Negara yang kaya dengan minyaknya serta pariwisata yang cantik namun kini masyarakatnya susah akibat inflasi yang tinggi hingga nilai uangnya tak bisa menjadi pegangan, masyarakat venezuela hidup dalam kekurangan pangan yang membuat negara ini pun diambang kebangkrutan. Krisis Venezuela harusnya membuka mata untuk pemimpin negeri ini, hampir mirip dengan tahun 98 dimana subsidi negara kepada masyarakat besar menjadi faktor utama krisis terjadi namun bedanya di tahun 98 krisis terjadi secara global.

Indonesia pernah merasakan mata uang yang melemah alias inflasi hingga 15 ribu 1 dollar Amerika, maka jangan heran para orang kaya buru-buru membeli dollar agar tak rugi aksi ini membuat rupiah semakin terpuruk di tambah lagi kekacauan disana-sini membuat pemerintah tidak stabil.

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Ada kalanya ketika kita belajar tentang krisis yang bisa terjadi kapan saja, kita melihat negara Venezuela negara yang dulunya begitu mewah kini terpuruk mata uang Bolivarpun tak ada artinya, bahkan masyarakat yang lapar pun mulai menjarah pertokoan keadaan Venezuela sangat tidak stabil. Orang kaya disana pun migrasi untuk mencari ketenangan ke negara lain maka yang tinggal hanya kaum susah yang mencari sesuap makan pun harus berusaha lebih keras.

Mengapa itu terjadi ? Semua karena Hugo Chavez yang terpilih 1999 dahulu mementingkan rakyatnya memanjakan dengan program sosial yaitu subsidi untuk mengentaskan kemiskinan. Pemerintah Venezuela saat itu lebih memilih China dan Rusia dibandingkan Amerika untuk pinjaman dana hingga millliaran dollar.

Pemerintah saat itu sangat bergantung pada sumber daya alam yaitu minyak, dan ini mirip dengan Indonesia yang menjauh dari Amerika dan mendekat kepada China dan Rusia hingga banyak berhutang, dan juga hanya mengandalkan sumber daya alam yang ada yaitu barang tambang, walau lebih bervariasi namun secara alur mirip dengan Venezuela.

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Kesalahan Venezuela semoga tidak diikuti oleh pemerintah disini dimana Venezuela dibawah Hugo Chavez memonopoli harga pasar, agar barang yang dijual lebih murah dan dapat di konsumsi semua masyarakat. Akhirnya banyak perusahaan tak sanggup untuk mencari untung dan gulung tikar, karena sistem ekonomi pasar yang bergerak akan menghidupkan roda perekonomian. Sedangkan disana para pengusaha tidak dapat keuntungan yang cukup, dana subsidi pun terus di berlakukan untuk masyarakatnya namun ini adalah bunuh diri perlahan dalam sebuah negara.

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Memang sebagai pemimpin Hugo Chavez di sebut pahlawan bagi orang miskin, bahkan hingga akhir hayatnya di 2013 masyarakat Venezuela pun berduka. Hingga akhirnya ia diganti oleh Nicolas Maduro namun di tahun 2016 harga minyak pun terjun bebas, ekonomi Venezuela yang sangat bergantung dengan minyak pun porak poranda.

Inflasi pun semakin tinggi, bahkan dana kas negara pun kosong ditambah kebijakan Maduro mengambil kebijakan yang salah dengan mencetak uang sebanyak banyaknya. Hasilnya harga barang melonjak tinggi, bayangkan satu cangkir kopi saja harganya 2 juta Bolivar setara dengan 240 ribu rupiah.

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Walau UMR dinaikkan menjadi 5 juta Bolivar pun tak sanggup membeli 3 cangkir kopi, sebuah kebijakan dari pemerintah yang salah membuat masyarakat menanggung hasilnya hingga kenaikkan harga pun mencapai 1000%.

Hal penting di Venezuela seperti rumah sakit, pendidikan, transportasi yang tak terurus efeknya warga yang kaya pun tak segan meninggalkan Venezuela. Maaf cinta tanah air itu hanya untuk rakyat miskin yang tak bisa kemana-kemana ketika negara sedang tertimpa musibah seperti krisis, perang, dan sebagainya.

Belajarlah Dari Krisis Venezuela

Pemerintah pun gagal ketika ingin berhutang kembali, Venezuela pun diambang bangkrut ditambah lagi sanksi dari Amerika menambah parah krisis di negara yang dulunya kaya ini.

Harga minyak yang mulai membaik pun tak bisa membuat bangkit negara ini dari keterpurukan, untuk itu kita belajar dari Venezuela agar tak salah dalam memilih jalan. Menjadi pemimpin negara itu bukan hanya perkara menang kalah, namun hajat hidup orang banyak harus adil kebijakan yang berat sebelah juga dirasa tidak adil. Ketika orang kaya lebih dihormati juga akan menimbulkan efek people power seperti revolusi Perancis. Begitu juga sebaliknya ketika orang miskin di subsidi pun sebenarnya bunuh diri untuk itu pemerintah harus mengambil kebijakan yang adil. Hukum yang adil, keamanan yang adil, semoga itu terjadi di negeri ini.

Pointnya yang dapat kita petik cinta tanah air hanya dimiliki oleh orang miskin yang tak bisa migrasi ke negara tetangga. Jadi berfikirlah bijak bila banyak kebutuhan orang kaya selalu saja di dahulukan dengan infrastruktur yang rasanya mubazir, terlebih lagi di berikan subsidi.

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-nyantai

c4punk@2019

Gambar google
referensi tulisan

GIF





Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
st.mekisucker dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 04:13
Asiapp presiden!!
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 04:27
Dalam hal ini merupakan krisis yang cukup heboh di atas permukaan bumi ini gan. Maka dari itu kita bisa belajar dari hal tersebut yakni untuk bisa mandiri dan tidak berutang ke negara lain, nanti bisa bangkrut.
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 04:41
rakyat sini udah kelamaan dimanja sama "subsidi"
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 05:02
akibat negara menganut sistem ekonomi 100%sosialis .harta negara langsung dinikmati subsidi ke rakyat.harta negara jatuh, rakyat dan pemerintah jadi sengsara.
beda sama negara Timur tengah sosialis dicampur kapitalis.hasil migas diinvestasikan ke seluruh dunia macam qatar punya indosat.bila minyak harga jatuh rakyatnya masih bisa menikmati subsidi pemerintah.
Diubah oleh cahmlg123456
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 06:10
1. bisa dijabarkan bentuk subsidinya apa saja? karena subsidi adalah surga bagi rakyat miskin termasuk di indonesia
2. bisa tolong diberi penjelasan mengenai bentuk kerjasama venezuela dengan cina dan rusia itu sperti apa dan kemudian tolong jelaskan seandainya venezuela kalo bekerja sama dengan amerika nantinya bakal seperti apa?
3. korelasi pembangunan di venezuela dengan pinjaman apakah sama? apakah pada saat itu venezuela tidak menerapkan pajak?
4. siapa yang diuntungkan dari krisis di venezuela ini?
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 06:15
Solusinya kembali ke emas dan perak sebagai alat tukar.. mau dinegara manapun harganya stabil nilainya tetap sama, kita selama ini dibodohi pakai uang kertas. Masa sama2 kertas harganya beda,... ini namanya ketidak adilan
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 06:49
Nah lo. Buat buruh yg suka demo naiki UMR, klo pengusahanya kabur! Lo ga punya kerja. Makanya jangan cuma mikirin duit sendiri. Bos lu juga lagi nyari duit.
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 06:53
Quote:Original Posted By c4punk1950...


1. Kalo ga salah hubungan Venezuela dengan AS memburuk... Kalo Indonesia saat ini masih condong main dua kaki, hanya militernya saja yg main di Rusia karena kena embargo jd masih cukup aman untuk main dua kaki... Dulu kita condong ke Amerika hsilnya kna embargo dari AS ya sempet ketar ketir juga. Jadi mending main dua kaki, tapi sekarang Indonesia saat ini agak condong ke Rusia dan China...agak membahayakan juga sebagai negara non blok.

2. Infrastruktur mubazir itu mksud saya mendirikan misal Bandara atau pelabuhan, LRT tapi sepiii...padahal dana yg di keluarkan biayanya tak sedikit. Coba di alihkan ke infrastruktur bangun jalan di daerah2 mungkin lebih berguna, jalan rusak di perbaiki. Bangun sekolah, rumah sakit di daerah tertinggal.

Lihat link contoh infrastruktur mubazir di bawah ini.

https://m.kumparan.com/ciremaitoday/...ga-1qvqFjTIo5P

https://makassar.antaranews.com/beri...ara-untia-sepi

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...n-pemda-sumsel

3. Subsidi itu mengeruk dana APBN yang harusnya bisa untuk hal yg lain jadi ketarik uangnya untuk subsidi, jadi harusnya sedikit demi sedikit subsidi harusnya di kurangi hingga 0% terutama untuk BBM, Bayar Jalan Tol, Tarif Transportasi Massal. Namun untuk Kesehatan, Pendidikan, dan Perumahan boleh di Subsidi hingga masyarakat sudah berada di atas garis kemiskinan.

Terima kasih juga gan...


Wah agan tau banyak ya emoticon-thumbsup
Memang jadi kepala negara itu sangat rumit,nah bukannya mau nyangkut2in ke politik nih,kalau paslon 02 yang gak mau impor2an gitu apa gak lebih bahaya
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 07:06
Kalo subsidi ga bakal bisa hilang biar gimanapun juga. Paling tinggal diatur besarannya berapa. Negara maju aja banyak subsidi kok. Cuma karena negara kita uangnya pas2-an, jadi kesannya menyedot. Kalo negara maju kan banyak cadangannya.

Ga cuma kita yang bisa bokek yak. emoticon-Big Grin
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 07:12
kesalahan venezuela

1. benar2 mengandalkan hasil minyak bumi sebagai pendapatan utama.
saat harga minyak turun , collaps dah.

2. memanjakan rakyat dgn subsidi yg berlebihan.


kalo negara kita apa juga begitu ?
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 07:22
Quote:Original Posted By cahmlg123456
akibat negara menganut sistem ekonomi 100%sosialis .harta negara langsung dinikmati subsidi ke rakyat.harta negara jatuh, rakyat dan pemerintah jadi sengsara.
beda sama negara Timur tengah sosialis dicampur kapitalis.hasil migas diinvestasikan ke seluruh dunia macam qatar punya indosat.bila minyak harga jatuh rakyatnya masih bisa menikmati subsidi pemerintah.


ini pendapat cerdas ini.

negara kita menganut azas ekonomi Pancasila.
secara teori , itu gabungan kapitalis-sosialis.
udah paling tepat itu.
kapitalis kudu digabung sosialis.
Diubah oleh BMAGLY
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 08:25
Venezuela yang sekarang keturunan ke 8 gan..kaya nya 7 turunan doang..btw ane pelaku usaha..yg ane rasain usaha sekarang lg rada lesu gan..daya beli masyarakat lagi turun.omset usaha lom stabil.smoga pemerintah buat kebijakan yg membuat dunia usaha jadi bergairah lagi..
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 08:38
Padahal Venezuela cewek cewek nya menang terus universe ya ,
Kalo buka di google map street, jalan jalan Venezuela nya enggak beda sama Indonesia di kota kecil. Cuma agak bersih . Tapi cat tembok buluk juga wkwk
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 08:57
Ada kah makna terselubung selain perekonomian yang
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 09:30
Quote:"Hal penting di Venezuela seperti rumah sakit, pendidikan, transportasi yang tak terurus efeknya warga yang kaya pun tak segan meninggalkan Venezuela. Maaf cinta tanah air itu hanya untuk rakyat miskin yang tak bisa kemana-kemana ketika negara sedang tertimpa musibah seperti krisis, perang, dan sebagainya. 

Harga minyak yang mulai membaik pun tak bisa membuat bangkit negara ini dari keterpurukan, untuk itu kita belajar dari Venezuela agar tak salah dalam memilih jalan. Menjadi pemimpin negara itu bukan hanya perkara menang kalah, namun hajat hidup orang banyak harus adil kebijakan yang berat sebelah juga dirasa tidak adil. Ketika orang kaya lebih dihormati juga akan menimbulkan efek people power seperti revolusi Perancis. Begitu juga sebaliknya ketika orang miskin di subsidi pun sebenarnya bunuh diri untuk itu pemerintah harus mengambil kebijakan yang adil. Hukum yang adil, keamanan yang adil, semoga itu terjadi di negeri ini. 

Pointnya yang dapat kita petik cinta tanah air hanya dimiliki oleh orang miskin yang tak bisa migrasi ke negara tetangga. Jadi berfikirlah bijak bila banyak kebutuhan orang kaya selalu saja di dahulukan dengan infrastruktur yang rasanya mubazir, terlebih lagi di berikan subsidi."


Sedikit saya mengutip tulisan TS. Penulis tidak memberikan solusi yang tegas dalam penyampaiannya, tapi hanya memberikan pendapat pribadi berupa opini sederhana... seharusnya bisa menggunakan pendekatan ekonomi makro dalam melihat kasus tersebut supaya menghasilkan cara-cara terbaik untuk memperbaikinya.

Tulisan yang dibuat juga kurang dijabarkan secara rinci terkait masalah beruntun dari kebijakan yang diambil oleh pemerintah Venezuela. Padahal masalah yang diderita oleh Venezuela cukup rumit.

Cobalah objektif ketika ingin mengkritik pemerintah. Gunakan pendekatan ilmiah bukan opini pribadi serta ambilah dari berbagai referensi yang aktual dan akurat. Sehingga tidak menciptakan penggiringan opini.

Kata kunci ts: people power, adil, ...adil, makmur(implisit), infrastruktur mubazir, elit-elit, antek asing.

Lu dah pada tau lah TS ini haluan mana...

Sorry boss gw netral, bukan kampret atau cebonk emoticon-Big Grin
profile-picture
dhickkrist memberi reputasi
1 0
1
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 09:31
1. Utang saat ini udah berada di track yg benar kok. Penjelasannya udah banyak dijelasin sm agan2. Penggunaannya juga cukup baik yaitu di infrastruktur dan pembangunan.

2. Masalah amrik atau cina-rusia, sebenarnya ga masalah mau ikut negara manapun, karna pada dasarnya indo adalah negara netral dan akan memilih kerjasama manapun selama menguntungkan negara sendiri (tentu aja udah dikalkulasi).

3. Subsidi ga bisa sepenuhnya dihapus 0%. Memang perlu dikurangi seminim mungkin tapi ga akan bisa sampai 0%. Penggunaan saat ini cukup baik walaupun ga bagus2 amat. Penghapusan subsidi bbm udah bagus karna emang ga tepat sasaran, bakar2 duit karna orang kaya juga bisa pake itu subsidi. Intinya subsidi harus tepat sasaran yaitu ke warga yg emang benar2 butuh. Udah itu aja.

4. Pembiayaan buat kebutuhan dasar (pendidikan, asuransi, bpjs, kesehatan, umkm) ini yg perlu disokong. Subsidi (yg merupakan pembiayaan langsung negara ke rakyat) seharusnya menyasar sektor ini dulu. Model bisnisnya misalnya bpjs belum berjalan dengan baik, perlu suntikan dulu dari pemerintah sampai bisa jalan sendiri baru bisa dikurangi sedikit demi sedikit subsidinya.

Intinya pemerintah sekarang sudah berada di jalur yg tepat. Banyak kekurangan sana-sini, tp bukan hal yg fatal. Dan kekurangan itu jg berusaha diminimalisir/diperbaiki, jd so far so good.
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 09:53
harus belajar y
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 10:18
Quote:Original Posted By ahmedfw
Wah agan tau banyak ya emoticon-thumbsup
Memang jadi kepala negara itu sangat rumit,nah bukannya mau nyangkut2in ke politik nih,kalau paslon 02 yang gak mau impor2an gitu apa gak lebih bahaya


Harus seimbang import di perlukan untuk kstabilan harga di negaranya, kalau demand banyak stok kurang kan bahaya juga....terlebih lagi sembako.
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 10:25
Quote:Original Posted By ryozak
Hahaha..ane sih udah paham alur tulisan om capung klo buat thread..dr tulisan om capung di thread ini..om capungnya juga maen dua kaki..emoticon-Leh Uga biar memancing hasrat diskusi para warga kaskus..emoticon-Jempol ...masih mending klo yg nongol disini yg pengen diskusi..lah klo yg nongol para nasbung dan cebong hancurlah thread ini..emoticon-Hammer2

Btw ane mau tambahin aja om dr jawaban 3 point di atas..

1. Ane g salahin pendapat om capung..dan memang ada benarnya..ane cuma nambahin..selama pinjaman yg dilakukan sebuah negara itu diarahkan utk sifatnya produktif dan melihat komposisi kemampuan negara (biasanya merujuk ke pdb/gnp/gdp) maka sah2 saja negara berutang..utk kasus indonesia..ane melihat pemerintahan yg sekarang sdh semakin baik dr sebelumnya..rujukan ane ke gdp indonesia yg semakin meningkat dari tahun ke tahun..pengelolaan utang juga semakin baik..(jgn lihat nominal tp hitung dgn selisih hutang sebelumnya) dan utang negara klo sebenarnya mau di analisa komposisinya itu lbh besar dlm btk SUN di bandingkan pinjaman luar negeri..intinya utang jgn dibuat utk hal2 konsumtif lah..orang saja klo ngutang di bank trus dipakai konsumtif bakalan kolaps dan berujung di penjara..

2. Ane sepakat juga ama om capung..pembangunan infrastruktur harus lbh merata...dan modal balik dari pemabngunan infrastruktur bagi suatu daerah paling cepat bs dirasakan 10 tahun setelah pembangunan..modal baliknya + keuntungannya yah pertumbuhan ekonomi suatu daerah..

3. Ane sepakat 100%..subsidi hampir mirip2 dengan penggunaan utang..jgn memberikan subsidi utk hal2 yg berisifat umum dan memicu sifat konsumtif masyarakat (contoh; mampu beli mobil g mampu beli bensin non subsidi)emoticon-Leh Uga...tp subsidi lebih diperuntukkan utk pelayanan dasar dan itu wajib..krn apsbila pelayanan dasar kepada masyarakat baik..imbasnya IPM juga akan meningkat efek ekonominya modal manusia berkontribusi besar trhdp pembangunan ekonomi di indonesia..


Ketahuan juga deh emoticon-Big Grin saya sepakat dengan opini sampean... emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By leenet
Sedikit saya mengutip tulisan TS. Penulis tidak memberikan solusi yang tegas dalam penyampaiannya, tapi hanya memberikan pendapat pribadi berupa opini sederhana... seharusnya bisa menggunakan pendekatan ekonomi makro dalam melihat kasus tersebut supaya menghasilkan cara-cara terbaik untuk memperbaikinya.

Tulisan yang dibuat juga kurang dijabarkan secara rinci terkait masalah beruntun dari kebijakan yang diambil oleh pemerintah Venezuela. Padahal masalah yang diderita oleh Venezuela cukup rumit.

Cobalah objektif ketika ingin mengkritik pemerintah. Gunakan pendekatan ilmiah bukan opini pribadi serta ambilah dari berbagai referensi yang aktual dan akurat. Sehingga tidak menciptakan penggiringan opini.

Kata kunci ts: people power, adil, ...adil, makmur(implisit), infrastruktur mubazir, elit-elit, antek asing.

Lu dah pada tau lah TS ini haluan mana...

Sorry boss gw netral, bukan kampret atau cebonk emoticon-Big Grin


Betul karena thread ini hanya gambaran sekilas yg aslinya krisis disana memang cukup rumit.

Tak selamanya pemerintah itu salah, santai saja TS kanan kiri oke, tapi memang infrastruktur mubazir itu ada bukan khayalan. Netral ga netral bukan urusan saya juga sebenarnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Belajarlah Dari Krisis Venezuela
26-04-2019 10:28
Quote:Original Posted By iblis...
ya bunuh diri kalo kita merapat ke amerika.
oalah punk punk. jaman harto kok mau diulang lagi. udh bs swasembada trus tergiur utang. penduduk meledak, utang meledak, masyarakat konsumtif. backup jual freeport, ya abis.

mau di ulang?emoticon-Ngakak


:hehehe emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Venezuela... Gudangnya Miss Universe...
emoticon-Matabelo


Wahhh tau aja yg cantik2 kak Al...
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia