• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!


[ HT# 481 ]

Umat muslim tanpa terasa sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini tentu umat muslim berlomba-lomba melakukan semua ibadah wajib dan sunnah terutama ibadah shalat dan puasa. Bicara shalat biasanya tak lepas dari yang namanya sajadah, adalah alas karpet kecil sebagai perlengkapan shalat yang mudah di bawa kemanapun.

Berbicara sajadah baru-baru ini diketahui ada sajadah yang bisa menunjukkan arah kiblat. Ya, meski sebenarnya ini bukanlah temuan yang pertamakali karena sebelumnya sudah ada sajadah dengan berbagai model tertanam kompas yang sebetulnya benda yang terpisah dari sajadah itu sendiri.





Adalah EL Sajjadah, nama sajadah ini. 'EL' adalah singkatan dari 'Electro Luminescent' dan 'Sajjadah' berarti 'Sajadah'. Lalu apa sih perbedaan dan kelebihan sajadah ini?



Sebelum lebih jauh menjelaskan saya ingin mengingatkan kembali betapa pentingnya arah qiblat bagi umat muslim ketika ingin melakukan shalatnya. Qiblat adalah tempat dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia mengarahkan dirinya ketika shalat pada satu titik yang letaknya berada pada Ka'bah yang terletak di tanah suci Makkah, Arab Saudi. Shalat mengarah ke Qiblat menjadi salah satu syarat sahnya shalat bagi umat muslim.



Nah titik itulah yang di sebut dengan nama Qiblat, dan terpenting untuk di ingat adalah bahwa Qiblat atau Ka'bah itu sendiri bukanlah obyek atau benda yang di sembah, tapi sebagai tanda atau bukti kerukunan seluruh umat muslim di seluruh dunia yang terpusat pada satu tujuan dalam shalat, hanya kepada Allah SWT sang Khaliq, Tuhannya ummat Muslim. Skip.



EL Sajjadahyang diproduksi Soner Ozenc bukan sekedar alas karpet shalat tapi ditingkatkan dengan teknologi terkini. EL Sajjadah alas karpet yang bisa menyala ketika posisinya diarahkan ke arah Qiblat dengan benar. Meski terdapat beberapa led namun EL Sajjadah merupakan lembaran yang tetap tipis, fleksibel dan gan en sista bisa menggulungnya seperti biasanya. Karena memancarkan cahaya dari led maka EL Sajjadah juga membutuhkan sumber daya yang tentu saja baterainya bisa di isi ulang.

EL Sajjadah juga menjadi satu karya seni yang unik yang apabila sedang tidak di gunakan bisa menjadi hiasan dinding ketika di gantung dalam ruangan yang cukup gelap. EL Sajjadah telah dipamerkan di Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Austria, Turki, Kuwait, Jepang dan Korea Selatan. Juga telah disimpan prototipenya di museum MoMA, New York.



Kalau bicara disain pola EL Sajjadah ini menceritakan tentang kisah kehidupan. Menurut perancang disainnya terdapat garis membentuk ular yang mewakili Neraka yang mengelilingi Surga terlihat dari bentangan garis persegi panjang setiap sisi sajadah ini. Kemudian ada pola Masjid terletak di jantung Surga. Terlihat pola Mihrab atau bisa juga di artikan sebagai Cahaya Tuhan (Allah SWT) berupa pola garis lengkung yang biasa kita lihat di setiap langit-langit Masjid.

Terlihat pula pola tangan dan kaki di sebelah kanan dan kiri, fungsinya untuk meletakkan tangan dan kaki pada tempatnya. Sedang disain Masjid diambil dari bentuk Masjid Sultan Ahmed, adalah Masjid yang sangat bersejarah dan termegah di Istambul, Turki.



 Meski begitu produk EL Sajjadah ini masih terus di perbaiki agar semakin sempurna, dan sudah banyak mendapat pujian dan dukungan positif dari: The New York Times, The Huffington Post, The Wall Street Journal, I.D., Engadget, Gizmoo, Core77, T3, Independent, C|Net, dan Art Review:.






Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: sonerozenc | Sotoshop : iskrim 


Diubah oleh iskrim 26-04-2019 23:14
penyukabiru
7kryptonite
pamanguru
pamanguru dan 6 lainnya memberi reputasi
7
8.6K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.