Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
250
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbebcedaf7e9325f86459c2/aneka-hewan-yang-menjadi-incaran--anak-anak-zaman-dulu
Beberapa Buah Jadul yang Akan Membawa Kalian Bernostalgia ke Masa Kecil Masa kecil merupakan kenangan yang sulit terlupakan. Masa di mana kita bisa bermain bersama teman-teman, masa di mana pikiran kita terbebas dari segala kepelikan hidup, dan masa di mana kita bisa mengekspresikan diri tanpa peduli penilaian orang lain.
Lapor Hansip
23-04-2019 14:21

Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Baca juga : Beberapa Buah Jadul yang Akan Membawa Kalian Bernostalgia ke Masa Kecil

Masa kecil merupakan kenangan yang sulit terlupakan. Masa di mana kita bisa bermain bersama teman-teman, masa di mana pikiran kita terbebas dari segala kepelikan hidup, dan masa di mana kita bisa mengekspresikan diri tanpa peduli penilaian orang lain.

Quote:
Masa kanak-kanak dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Tentu saja, apa yang dialami anak-anak pada tahun sembilan puluhan akan berbeda dengan apa yang dialami mereka yang lahir di era sekarang.


Nah, Gansis, kali ini ane kembali mengajak kalian bernostalgia, mengenang masa kecil saat kalian bermain bersama teman. Barangkali akan menambah wawasan baru pada anak-anak sekarang. Seperti apa sih keseruannya. Yuk disimak!

Biasanya nih, anak kecil pada zaman dulu paling suka bermain dengan beberapa hewan kecil yang mereka temukan di sekitar rumah mereka, GanSis. Pada awalnya mereka sengaja mencari beberapa jenis hewan ini kemudian dipelihara atau sekedar digunakan bermain sementara, bahkan terkadang sampai hewannya mati. Yah, mau bagaimana lagi. Namanya juga anak-anak.

Di bawah ini ane rangkum beberapa hewan kecil yang menjadi teman bermain sewaktu kecil dulu. Cekidot! ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

1. Jangkrik

Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Kalian para agan di sini pasti pernah memelihara jangkrik saat masih anak-anak. Hayo, ngaku! Biasanya anak-anak mencari hewan ini di sawah, dan mereka cuma mengincar jangkrik berjenis kelamin jantan. Alasannya adalah karena yang jantan berbunyi lebih nyaring dari yang betina. Walaupun sampai sekarang ane masih juga bertanya-tanya bagaimana mereka bisa mengenali mana yang jantan dan mana yang betina.

Anak-anak zaman dulu biasanya akan mengumpulkan beberapa jangkrik, kemudian menyuruh ayah mereka untuk membuatkan sangkarnya. Hahah, nggak bisa bikin sendiri. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Jangkrik biasa diberi makan daun-daunan seperti kangkung dan krokot.



2. Undur-Undur

Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Di sekitar halaman yang bertanah gembur atau berpasir biasanya muncul lubang-lubang kecil bergerombol. Yup, itu adalah rumah undur-undur, GanSis. Anak-anak biasanya suka mencari hewan kecil tersebut dengan cara memancingnya memakai tangkai putik bunga atau bulu ayam. Proses pencarian undur-undur inilah yang bikin seru. Siapa yang menemukan lebih banyak, dia lah yang akan menang.

Oh, iya, sekedar informasi. Jika ingin menemukan undur-undur yang besar, mereka akan mencari lubang yang besar pula. Karena lubang yang kecil biasanya penghuninya pun kecil. Hehe



3. Capung

Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Kalian pernah nggak main capung sewaktu kecil dulu? Menangkap hewan yang berekor lancip ini seru loh, GanSis. Biasanya anak-anak menggunakan getah nangka yang menempel pada sebuah kayu atau tongkat kemudian menancapkannya di tempat di mana capung berkeliaran. Begitu si capung hinggap, melekatlah dia di sana. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†



4. Ikan Kecil

Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Anak-anak yang mancing di sungai biasanya membawa pulang ikan perolehannya kemudian menyiapkan akuarium sederhana yang terbuat dari ember plastik atau toples bekas. Mereka akan memeliharanya sampai si ikan mati atau dicuri kucing tetangga. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Sampai sekarang, anak-anak masih suka memelihara ikan. Hanya saja, mereka tidak mendapatkannya dari memancing, tapi membeli di pasar. Ikannya pun bukan ikan sungai, melainkan ikan hias yang beraneka warna.

emoticon-Toastemoticon-Jempol emoticon-Toast emoticon-Jempol


Sebenarnya, masih banyak beragam hewan yang menemani kita bermain di masa kecil, hanya saja, thread ini sudah kepanjangan dan ane takut kalian jadi mabuk setelah membacanya. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Jika ingin menambahkan, silakan di kolom komentar.

Okelah, GanSis, cukup sekian nostalgia kali ini. Kapan-kapan ane sambung lagi. Semoga terhibur dan jangan lupa kirimkan cendol dan komennya, yah. Selamat siang menjelang sore.


Ilustrasi : pixabay
Diubah oleh YenieSue0101
profile-picture
profile-picture
profile-picture
camen_rider dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 19:51
keong laut coi
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 19:51
Cari cewek kaga ada ni gan?? emoticon-Big Grin
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 19:54
wah kalo waktu kecil ane dulu,
selain jangkrik, ikan kecil (gapi, sepat, julung-julung), capung, undur-undur,
jg ane paling suka nangkep belalang & burung (gereja, puyuh, blekok).
tuh belalang ampe skrg ane inget abis pulang sekolah lgsg ke kebon nyariin belalang..
ampe dapet yg segede-gede gaban.
pernah rekor ane nemuin belalang ijo, yg lebarnya segede 2 jari tangan (telunjuk & tengah disatukan) org dewasa lho gan. ampe dibilang belalang siluman kali tuh ama temen2 ane.
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 19:54
klomang sama tokek juga gan
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 19:55
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Tonggeret gan.
Ane dkk dulu cukup rajin nyarinya tapi gak nemu-nemu wkwk
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:00
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Ini juga, karena ada nilai ekonomisya dulu kala makanya jadi hewan buruan favorit. Pada saat itu per ekornya Rp 50. Gak banyak sih dapetnya palingan 3 ekor per harinya dan gak tiap hari nyari karena cukup gesit juga ini hewan. Cuman dapet uang hasil jerih payah "ngebolang" ke sawah-kebon rasanya seneng
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:10
kalo "ikan cere" apakabar emoticon-Wakaka
saringan masuk got
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:20
Gw berburu jangkrik malem malem di KUBURAN.
Cuma berbekal lampu senter.
Sial juga ni jangkrik, sukanya ngumpet di retakan tanah sekitar nisan.

Kalo dipikir-pikir, gila juga.
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:22
Quote:Original Posted By antost โ–บ
kunang2

Iye, kunang2nya kelupaan, gan

Quote:Original Posted By strongs โ–บ
iya gan, rumahnya hilang akibat manusia yg tidak manusiawi emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

Hmm, ente manusia juga kan

Quote:Original Posted By ajahhawari โ–บ
tonggeret yg kalo musim panas pas siang siang suka bunyi "Ngiiiing ngiiiing" gitu gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Salam Kenal

Belum pernah ketemu binatang ini ane gan

Quote:Original Posted By finalvent โ–บ
keong laut coi

Bisa juga gan. Tapi rumah ane jauh dari laut, jadi gak pernah berburu keong laut, gan

Quote:Original Posted By rizkisurya.87 โ–บ
Cari cewek kaga ada ni gan?? emoticon-Big Grin

Anak kecil jaman dulu belum kenal cewek gan

Quote:Original Posted By uki49 โ–บ
wah kalo waktu kecil ane dulu,
selain jangkrik, ikan kecil (gapi, sepat, julung-julung), capung, undur-undur,
jg ane paling suka nangkep belalang & burung (gereja, puyuh, blekok).
tuh belalang ampe skrg ane inget abis pulang sekolah lgsg ke kebon nyariin belalang..
ampe dapet yg segede-gede gaban.
pernah rekor ane nemuin belalang ijo, yg lebarnya segede 2 jari tangan (telunjuk & tengah disatukan) org dewasa lho gan. ampe dibilang belalang siluman kali tuh ama temen2 ane.

Wuih, ada juga ya belalang gede gitu.

Siluman belalang emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By manusia.coklat โ–บ
klomang sama tokek juga gan

Tokek takut ane gan, serem.

Quote:Original Posted By anaktarsius โ–บ
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Tonggeret gan.
Ane dkk dulu cukup rajin nyarinya tapi gak nemu-nemu wkwk

Belum pernah nemu hewan ini ane, gan

Quote:Original Posted By grimm890 โ–บ
Bener gan..biasa sering tuh pas sd pada jualan si abang abangnya emoticon-Ngakak

Abang2nya? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By anaktarsius โ–บ
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu


Ini juga, karena ada nilai ekonomisya dulu kala makanya jadi hewan buruan favorit. Pada saat itu per ekornya Rp 50. Gak banyak sih dapetnya palingan 3 ekor per harinya dan gak tiap hari nyari karena cukup gesit juga ini hewan. Cuman dapet uang hasil jerih payah "ngebolang" ke sawah-kebon rasanya seneng

Busyet, dijual? Emang ada yg beli gan? Buat apaan?

Quote:Original Posted By JepZ โ–บ
kalo "ikan cere" apakabar emoticon-Wakaka
saringan masuk got


Ikan cere? Belum pernah denger ane gan
profile-picture
finalvent memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:24
Quote:Original Posted By junaedi1982new โ–บ
Gw berburu jangkrik malem malem di KUBURAN.
Cuma berbekal lampu senter.
Sial juga ni jangkrik, sukanya ngumpet di retakan tanah sekitar nisan.

Kalo dipikir-pikir, gila juga.


Buahahaha, bisa2 gak nemu jangkrik tapi nemu mbak kunti emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:29
Quote:Original Posted By YenieSue0101 โ–บ
Buahahaha, bisa2 gak nemu jangkrik tapi nemu mbak kunti emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Gak ada takut takut nya.

Lha wong yang nyari jangkrik di kuburan itu banyak banget.
Apalagi kalo lagi terang bulan, itu kuburan udah kayak taman bermain.

Kalo di kebon, jangkrik nya kecil kecil.

Sementara kalo di sawah cuma bisa kalo abis masa panen.
Kalo belum panen, sawah nya tergenang air jadi gak ada jangkrik nya.
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:31
Quote:Original Posted By junaedi1982new โ–บ
Gak ada takut takut nya.

Lha wong yang nyari jangkrik di kuburan itu banyak banget.
Apalagi kalo lagi terang bulan, itu kuburan udah kayak taman bermain.

Kalo di kebon, jangkrik nya kecil kecil.

Sementara kalo di sawah cuma bisa kalo abis masa panen.
Kalo belum panen, sawah nya tergenang air jadi gak ada jangkrik nya.


Wuih, hapal banget ya. Pasti pas kecil dulu doyan kelayapan di mana2 ya ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:34
tonggeret gw kira sejenis cical, tau"nya serangga ya.
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:36
ane dulu suka ambilin ikan kecil di got... terus sama ane dipencet perutnya ...keluar telur nya dari pantat nya dan ikan nya pun tewas saya puas...

ya tuhan ampuni dosaku emoticon-Mewek
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:36
ane senengnya nagkepin kupu-kupu pas masih bocah emoticon-Ngakak
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:40
pernah cari semua ane emoticon-Ngakak
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 20:47
Quote:Original Posted By gunggs โ–บ
tonggeret gw kira sejenis cical, tau"nya serangga ya.

Ane malah gak tau tonggeret itu apa

Quote:Original Posted By pisa.purp โ–บ
ane dulu suka ambilin ikan kecil di got... terus sama ane dipencet perutnya ...keluar telur nya dari pantat nya dan ikan nya pun tewas saya puas...

ya tuhan ampuni dosaku emoticon-Mewek

Buahahaha, jahat nih nyiksa binatang

Quote:Original Posted By servesiwi โ–บ
ane senengnya nagkepin kupu-kupu pas masih bocah emoticon-Ngakak

Iya, seru tuh gan. Tp kadang suka nemu kupu2 yg bikin gatel, yg kecil warna putih itu.

Quote:Original Posted By eni050885 โ–บ
pernah cari semua ane emoticon-Ngakak

Wuih, seru dong masa kecil ente
0 0
0
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 21:06
Daku paling suka keong"an ama udur"
1 0
1
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 21:16
Quote:Original Posted By handle23 โ–บ
Daku paling suka keong"an ama udur"


Keong susah nyarinya gan. Kalo undur2 sih banyak
0 0
0
Aneka Hewan yang Menjadi Incaran Anak-Anak Zaman Dulu
24-04-2019 21:17
Quote:Original Posted By YenieSue0101 โ–บ
Ane malah gak tau tonggeret itu apa


Buahahaha, jahat nih nyiksa binatang


Iya, seru tuh gan. Tp kadang suka nemu kupu2 yg bikin gatel, yg kecil warna putih itu.


Wuih, seru dong masa kecil ente


Paling suka mancing ikan d'sungai emoticon-Ngakak
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia