andretarinaAvatar border
TS
andretarina
Pembunuh kecil di dunia binatang : Parasit pengendali otak


Quote:

Quote:




Spoiler for Serem gan jangan di buka:



uda dibilang jangan di buka, bandel sih emoticon-Hammer (S)

Heyo balik lagi sama ane, gimana kabar agan/aganwati sekalian sehat kah? semoga selalu sehat. emoticon-Kiss (S)
Hari ini we kembali sedikit mengulas tentang dunia binatang. Dan mari hari ini kita sedikit berkunjung ke bagian "Parasit". Hayo siapa yang dulu pernah jadi "parasit" ke mantan nya emoticon-Ngakak (S)

wkwkwkwkw canda gan, langsung aja yak emoticon-Ngakak (S)


Spoiler for Parasyte sih tapi bukan ini:



Bagi kita yang manusia nih ya, menonton film-film dengan tema zombie uda cukup membuat jantung berdebar hebat, mitamit kan ya jika hal-hal seperti zombie menjadi benar-benar ada di kehidupan nyata, mending minggat ke Timbuktu. Nah disini we bakal menceritakan sedikit daripada Parasit di dunia binatang yang membuat kasus seperti zombie tadi menjadi kenyataan. Have a good read emoticon-Jempol


1. Cacing Gordian



Disebut juga sebagai Horsehair worm. Merupakan sejenis cacing aneh yang menyukai habitat basah yang berair. Biasanya menginfeksi kelompok serangga seperti Belalang, Jangkrik, Kumbang, Kecoak, hingga hewan Crustacea – yang termasuk hewan beruas-ruas – diantaranya yaitu beragam jenis udang hingga kepiting. Saat telah menginfeksi korbannya entah bagaimana parasit satu ini memperngaruhi otak korbannya – mengendalikan – untuk mencari air atau daerah yang berair cukup untuk menenggelamkan diri mereka sendiri sehingga cacing tadi dapat kembali ke habitat aslinya dan kemudian meneruskan kembali siklusnya. emoticon-Nohope


2. Taxoplasma Gondii



Merupakan sejenis Protozoa yang sangat mematikan, yang biasanya di temukan didalam kucing. Dan terkadang menginfeksi mamalia kecil seperti tikus. Pada saat mengifeksi korbannya, parasit ini mempengaruhi tikus dengan perilaku yang aneh dan mengherankan. Entah bagaimana parasit ini “mematikan” rasa takut tikus terhadap kucing, sehingga alih-alih melarikan diri dan menghindari kontak dengan kucing, tikus yang terinfeksi justru akan tertarik untuk mendekati kucing hingga mengajak untuk melakukan baku hantam. 
Hal ini dirasa sangat menakjubkan dan spesifik, karena parasit tadi tidak mematikan rasa takut tikus terhadap hal umum seperti ruang terbuka, air, atau makanan. Mengapa hal ini terjadi? Karena jika tikus yang terinfeksi tadi berhasil dimangsa oleh kucing yang kurang beruntung, maka parasit tadi mampu untuk berkembang biak di tubuh kucing, yang tidak bisa dilakukannya di tubuh tikus.

3. Lancet Liver Fluke



Merupakan musuh besar bagi semut, dan memberikan kematian yang sangat tidak menyenangkan. Walaupun begitu, parasit satu ini tidak serta merta langsung menginfeksi semut. Memerlukan perjalanan panjang baginya untuk sampai ke tahap tersebut. 



Siklus Hidup nya


Parasit ini biasanya hidup dan bereproduksi didalam tubuh hewan ternak dan jenis mamalia besar. Telurnya di keluarkan bersamaan dengan kotoran hewan tersebut. Lalu siput tanah akan memakan kotoran tersebut dan menelan sebagian telur-telur tadi. Selanjutnya telur tersebut menetas menjadi larva parasit dan kemudian menggali dinding usus siput dan masuk kedalam organ pencernaannya. Beruntung bagi siput dapat mempertahankan dirinya dengan membentuk kista di sekitar larva dan kemudian mengeluarkannya. Dari sinilah semut-semut yang kurang beruntung menemukan takdir yang tidak menyenangkan. Tahap selanjutnya dari perjalanan parasit tadi adalah ketika semut menemukan jejak cairan siput dan memakan kista tadi sehingga terinfeksi. Begitu berada didalam tubuh semut, parasit mulai mempengaruhi tingkah polah semut yang kurang beruntung tadi. Setiap malam semut yang terinfeksi akan memisahkan diri dari koloninya, memanjat ujung helai daun rumput, dan berdiam hingga fajar. 



Pagi berikutnya jika semut tadi berhasil melewati malam dengan selamat maka dia akan kembali bergabung dengan semut lainnya sebagai semut yang normal. Tetapi pada malam harinya mereka akan kembali melakukan hal yang sama hingga akhirnya semut ini dimakan oleh mamalia besar, bisa burung, atau hewan ternak, dan siklus parasit tadi dapat di ulang kembali. emoticon-norose

Nah sekilo penjelasan ane tentang parasit emoticon-Takut (S) 

stay safe ya agan dan aganwati. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan kalian. Perhatikan tingkat kebersihan disekitar kalian, mulai dari makanan, air, hingga tempat tinggal. Kehidupan yang bersih itu mempengaruhi kesehatan loh. emoticon-Malu (S)


Dan terimakasih buat agan yang udah mau mampir dan membaca thread ane. Jika agan-agan berkenan. ane sangat mengharapkan koment dan rate dari agan dan aganwati sekalian emoticon-Malu (S)
semoga apa yang ane share sama2 menjadi pengetahuan baru bagi kita semua emoticon-Kiss (S) 

akhir kata, terimaksih. dan salam kaskus buat semuanya emoticon-Betty (S)

Sumur : Why Dogs eat Poop and other useless or gross information about The Animal Kingdom by Francesca Gould and David Havinland

nowbitool
Kiriya
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
9.1K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.