blues...Avatar border
TS
blues...
Kenapa Begal Tetap Ada Meski Sering Dihakimi Warga ?



Berita tentang kasus pembegalan di daerah Pasar Minggu membuat saya kaget. Perasaan baru seminggu yang lalu kawan seprofesinya di Tangerang harus menjadi steak medium well done karena dijadikan bahan eksperimen resep “Begal Bakar Tangerang” oleh warga yang menangkapnya.

Pertanyaan begonya: apakah mereka tidak takut mengalami nasib yang sama? Apakah tidak ada “begal warning” dari APEM - PANAS (Asosiasi Pembegal - Penadah Nasional) bagi para anggotanya? Apakah tidak ada efek jera bagi calon pembegal di seluruh dunia?

Kasus begal dijadikan menu “begal guling” oleh warga sudah terjadi sejak lama. Tapi toh, beberapa bulan kedepan, saya yakin kasus pembegalan masih akan terjadi.
Secara ekonomi, setidaknya ada dua faktor yang menyebabkan pembegal akan terus berkeliaran di muka bumi. Dua faktor sederhana:


1. Low barrier to entry – modal enteng
2. High ROI (return on investment) – hasil mentereng

Begal: Profesi yang Menjanjikan

Secara ekonomis matematis, menjadi seorang begal adalah profesi yang menguntungkan.


Jika Anda ingin jadi seorang politisi koruptor, maka modal yang Anda butuhkan tidak sedikit: pendidikan tinggi, serangan fajar dan modal sosial kepada calon partai pengusung Anda. Total bisa ratusan juta dan milyaran.

Bandingkan modal sebagai seorang begal. Cukup modal nekat, tampang sangar, fisik yang prima buat berantem, motor kenceng buat kabur, dan senjata tajam seadanya.



Dan seandainya berhasil, berapa yang mereka dapatkan? Menurut berita di Media Indonesia, motor hasil begalan bisa dijual di kisaran 3 juta untuk bebek, dan 5 jutaan untuk motor ber-cc besar. Nah anggap saja dia sukses membegal motor matic dan dijual 3 juta, maka ROI-nya adalah 1775%!

Karena motif begal adalah motif ekonomi, yang bisa lakukan adalah mempersempit supply. Dengan terus berdoa dan berhati-hati, menghindari tempat sepi, belajar bela diri, dan membeli asuransi. Seperti kata bang napi di acara tipi masa lalu: Waspadalah! Waspadalah!.

sumber

Diubah oleh blues... 23-04-2019 04:11
0
559
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.